Yuk Kenali 11 Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Kunyit merupakan rempah asli Indonesia berwarna orange yang mengadung zat kurkuminyang biasanya dibuat jamu. Masyarakat Indonesia memanfaatkan tanaman ini untuk menjaga kesehatan mereka. Selain dijadikan jamu kunyit juga dapat dijadikan bumbu masakan dan pewarna alami makanan. Yang tidak kalah pentingnya ternyata khasiat kunyit bagi kesehatan telah diakui banyak negara lain. Yuk kita simak manfaat kunyit di bawah ini.

11 Macam Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan

Khasiat kunyit bagi kesehatan kini telah diakui secara internasional. Beberapa penelitiandi luarnegeri membuktikan bahwa kurkumin yang terdapat pada kunyit mampu dijadikan pengobatan maupun pencegahan pada penyakit. Berikut ulasannya.

1. Sebagai Anti Oksidan

Khasiat kunyit bagi kesehatan yaitu kurkumin yang terkandung pada kunyit diklaim sebagai anti oksidan dan penangkal radikal bebas. Sehingga sangat bags untuk menambah sistem kekebalan tubuh. Selain itu kunyit dengan kandungan kurkuminnya dapat mencegah kanker kulit, kanker prostat dan kanker usus.

2. Obat Sakit Perut Dan Gangguan Pencernaan

Kunyit dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi sakit perut seperti mulas dan gangguan pencernaan sperti diare dan perut kembung. Karena kurkumin dalam kunyit berkolaborasi dengan empedu, menjadikan empedu mampu bekerja secara optimal.

Manfaat lainnya yaitu kunyit dapat membantu mengurangi risiko terjadinya IBS yaitu sidrom iritasi usus besar. Kunyit juga dapat mengurangi gejala maag, karena kurkumin dapat mengontrol produksi dari asam lambung yang berlebihan.

3. Meredakan Nyeri Osteoatretis

Osteoatretis dapat mengakibatkan sendi menjadi nyeri. Hal ini menyebabkan inflamasi ringan akibat gesekan-gesekan tulang yang menyusun sendi. Ternyata khasiat kunyit bagi kesehatan mirip dengan cara kerja iboprofen. Yang bekerja sangat baik untuk mengurangi rasa nyeri akibat ostoeatretis.

4. Menurunkan Risiko Terjadinya Alzheimer

Kunyit merupakan rempah dengan kandungan kurkumin ini dapat dijadikan alternatif pada kasus amnesia ringan. Hasilnya dapat meningkatkan memory otak sebanyak dua puluh persen. Sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit alzheimer.

Kurkumin juga dapat merangsang pertumbuhan hormon pada otak untuk mengubah suasana hati menjadi lebih baik. Khasiat kunyit bagi kesehatan, dengan kandungan kurkuminnya mampu mengurangi peradangan pada otak maupun depresi berat.

5. Sebagai Obat Anti Radang Atau Anti Inflamasi

Khasiat kunyit bagi kesehatan merupakan obat alami anti inflamasi atau anti peradangan. Pada khasus rheumatoid arthritis kunyit dapat mengurangi gejala yang diakibatkan seperti nyeri sendi, kaku dan pembengkakan pada sendi.

Selain itu kurkumin pada kunyit juga dapat digunakan untuk mengurangi gejala peradangan di lapisan tengah mata atau uveitis. Bagi pasien penderita radang ginjal. Minum kunyit setiap bulan mampu meningkatkan fungsi ginjal menjadi lebih baik.

6. Mencegah Terjadinya Sakit Kanker

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di Maryland, ternyata kurkumin yang terdapat pada kunyit dapat memblokir enzim yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker di leher dan kepala. Dengan mengonsumsi kurkumin sebanyak seribu miligram. Selain itu dapat mencegah penyebaran sel kanker ke organ tubuh lainnya.

7. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Dengan mengkonsumsi kunyit secara rutin mampu mengurangi terjadinya plak yang menumpuk. Seperti yang sudah diketahui bahwa penumpukan plak dapat berakibat menyumbat pembuluh arteri. Hal tersebut dapat memicu terjadinya serangan jantungan maupun stroke. Kunyit juga dapat membantu mengotrol kadar gula dalam darah. Sehingga membantu mengurangi risiko diabetes type dua.

8. Kunyit Dapat Membantu Mengurangi Dismenore

Dismenore ialah kram pada perut yang merupakan efek dari datang bulan atau haid atau menstruasi. Hal ini dikarenakan kurkumin pada kunyit membantu melemaskan kontraksi pada rahim yang membuat perut menjadi kram.

Kunyit juga menghambat produksi hormon prostaglandin yang menimbulkan rasa sakit. Cara kerja dari kurkumin adalah dengan menghambat ion kalsium yang masuk ke sel epitel rahim.

Biasanya dengan menjadikan rempah ini minuman atau jamu. Caranya dengan direbus dan diminum airnya untuk diambil sarinya.

9. Kunyit Dapat Dijadikan Sebagai Obat Alergi

Kurkumin ternyata mempunyai senyawa bidesmetoksikurkumin yang berfungsi untuk mengurangi alergi. Dua senyawa itu mampu mengurangi aktivitas protein yang berlebih dan dapat mencegah terlepasnya zat histamin. Zat tersebut dapat menimbulkan reaksi alergi seperti gatal dan merah pada kulit.

10. Kunyit Dapat Dijadikan Sebagai Penawar Racun

Racun yang dimaksud disini adalah bisa ular. Jadi kunyit bisa dijadikan pertolongan pertama pada orang yang tergigit ular. Kunyit mampu mengurangi terjadinya pembengkakan dan menyebarnya racun bisa ular dalam dalam darah ke seluruh tubuh.

11. Kunyit Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Kunyit juga dapat dijadikan sebagai menu diet untuk mengecilkan perut. Sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Agar Anda dapat mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya mengkombinasikan air sari kunyit dengan air asam jawa.

Demikian tadi adalah beberapa khasiat kunyit bagi kesehatan. Banyak sekali ya, seiring berkembangnya teknologi, ekstrak kunyit kini bisa di dapat dengan serbuk atau kapsul. Namun Anda juga bisa mengolahnya sendiri. Dengan merebusnya atau menjemurnya terlebih dahulu sebelum diseduh dengan air panas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *