11 Makanan Untuk Meningkatkan Daya Ingat Otak

11 Makanan Untuk Meningkatkan Daya Ingat Otak

11 Makanan Untuk Meningkatkan Daya Ingat OtakNutrisi memainkan peran penting dalam fungsi otak dan tetap tajam memasuki tahun keemasan. Anda tidak perlu menjadi mahasiswa kedokteran untuk meningkatkan kecemerlangan otak yang lebih baik. Jika Anda menggabungkan makanan tertentu dengan hidrasi yang baik, tidur yang tepat, dan olahraga, Anda bisa meningkatkan kecerdasan dan daya ingat dengan singkat. Berikut 11 Makanan Untuk Meningkatkan Daya Ingat Otak Anda.

1) Kacang

American Journal of Epidemiology menerbitkan sebuah studi yang menghubungkan asupan vitamin E yang lebih tinggi dengan pencegahan penurunan kognitif. Kacang-kacangan seperti kacang almond (bersama dengan makanan hebat lainnya seperti alpukat) adalah sumber vitamin E. Kacang mete dan biji bunga matahari juga mengandung asam amino yang dapat mengurangi stres dengan meningkatkan kadar serotonin. Kacang kenari bahkan menyerupai otak dan merupakan sumber asam lemak omega 3 yang hebat, yang juga meningkatkan kekuatan mental Anda.

2) Asam Lemak Esensial

Otak Anda adalah organ paling gemuk (tidak termasuk kulit) di tubuh manusia, dan terdiri dari 60% lemak. Itu berarti otak Anda membutuhkan asam lemak esensial seperti DHA dan EPA untuk memperbaiki dan membangun sinapsis yang berhubungan dengan memori. Tubuh tidak secara alami menghasilkan asam lemak esensial, jadi kita harus mendapatkannya dalam makanan kita. Telur, rami, dan ikan berminyak seperti salmon, sarden, dan mackerel adalah sumber alami asam lemak yang hebat. Telur juga mengandung kolin yang merupakan asupan penting untuk neurotransmitter acetylcholine, untuk membantu Anda mengingat informasi dan berkonsentrasi.

3) Blueberry

Hadir dalam studi di Tuffs University untuk mendapatkan keuntungan dari memori jangka pendek dan koordinasi, blueberry terbukti memiliki manfaat yang luar biasa terhadap kesehatan otak. Bila dibandingkan dengan buah dan sayuran lainnya, blueberry ternyata memiliki jumlah antioksidan tertinggi (terutama flavonoid), namun stroberi, raspberry, dan blackberry juga memiliki manfaat yang sama besar terhadap kesehatan otak.

4) Tomat

Tomat dikemas penuh dengan antioksidan bernama lycopene yang telah terbukti membantu melindungi dari kerusakan radikal bebas yang terutama terlihat pada pasien demensia. Untuk itu ada baiknya jika Anda memasukan buah tomat kedalam daftar belanja harian Anda. Selain harganya yang ekonomis dan mudah dicari, buah ini juga mempunyai manfaat yang dahsyat terhadap kesehatan otak maupun kesehatan secara menyeluruh.

5) Vitamin: B vitamin / Asam Folat / Zat Besi

Beberapa makanan hebat untuk mendapatkan vitamin B, vitamin asam folat, dan zat besi adalah kangkung, chard, bayam, dan sayuran berdaun gelap lainnya. B6, B12, dan asam folat dapat menurunkan kadar homocysteine ​​dalam darah. Peningkatan homosistein ditemukan pada pasien dengan gangguan kognitif, seperti Alzheimer, dan risiko stroke yang tinggi. Studi menunjukkan ketika sekelompok pasien lansia dengan gangguan kognitif ringan diberi dosis tinggi B6, B12, dan asam folat, terjadi penurunan penyusutan otak yang signifikan dibandingkan kelompok plasebo yang serupa. Sumber vitamin B lainnya adalah hati, telur, kedelai, kacang lentil, dan kacang hijau. Zat besi juga membantu mempercepat fungsi otak dengan membawa oksigen. Jika otak Anda tidak mendapatkan cukup oksigen, itu bisa melambat dan orang bisa mengalami kesulitan berkonsentrasi, berkurang intelek, dan rentang perhatian yang lebih pendek. Untuk mendapatkan lebih banyak zat besi dalam makanan Anda, makanlah daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan sereal yang diperkaya zat besi. Vitamin C membantu penyerapan zat besi, jadi jangan lupa untuk dibarengi dengan buah buahan yang tinggi vitamin c!

6) Seng

Seng telah terus menunjukkan pentingnya sebagai nutrisi yang kuat dalam membangun memori dan berpikir. Mineral ini mengatur komunikasi antara neuron dan hippocampus. Seng diendapkan dalam sel saraf, dengan konsentrasi tertinggi ditemukan di hippocampus, bagian otak yang bertanggung jawab untuk fungsi belajar dan memori yang lebih tinggi. Beberapa sumber seng yang bagus adalah biji labu, hati, kacang-kacangan, dan kacang polong.

7) Brokoli

Sementara semua sayuran hijau penting dan kaya akan antioksidan dan vitamin C, brokoli adalah makanan super bahkan di antara pilihan sehat ini. Karena otak Anda menggunakan begitu banyak bahan bakar (hanya 3% dari berat tubuh Anda tapi menggunakan hingga 17% energi Anda), ini lebih rentan terhadap kerusakan radikal bebas dan antioksidan membantu menghilangkan ancaman ini. Brokoli dikemas penuh dengan antioksidan, dikenal sebagai pejuang kanker yang hebat, dan juga penuh dengan vitamin K, yang dikenal dapat meningkatkan fungsi kognitif.

8) Kedelai

Kedelai, bersama dengan banyak makanan utuh lainnya yang disebutkan di sini, penuh dengan protein yang memicu neurotransmitter yang terkait dengan ingatan. Isolat protein kedelai adalah bentuk konsentrat protein yang dapat ditemukan dalam bentuk bubuk, cairan, atau suplemen. Kedelai bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan fleksibilitas mental, jadi tuangkan susu kedelai ke sereal Anda dan nikmati manfaatnya.

9) Cokelat Hitam

Ketika sampai pada cokelat, semakin gelap semakin baik. Cobalah untuk mencari kakao paling sedikit 70%. Makanan yang lezat ini kaya akan flavanol antioksidan yang meningkatkan aliran darah ke otak dan melindungi sel otak dari penuaan.

10) Gingko biloba

Ramuan ini telah digunakan selama berabad-abad di budaya timur, dan paling terkenal karena ingatannya meningkatkan pengotor. Hal ini dapat meningkatkan aliran darah di otak dengan melebarkan pembuluh darah, meningkatkan suplai oksigen, dan mengeluarkan radikal bebas. Namun, jangan mengharapkan hasil dalam semalam: mungkin diperlukan waktu beberapa minggu untuk membangun sistem Anda sebelum Anda melihat perbaikan.

11) Teh hijau dan teh hitam

Studi telah menunjukkan bahwa teh hijau dan hitam mencegah kerusakan asetilkolin – bahan kimia utama yang terlibat dalam memori dan membantu penyembuhan pada pasien Alzheimer. Kedua teh tersebut tampaknya memiliki pengaruh yang sama terhadap penyakit Alzheimer karena banyak obat yang digunakan untuk melawan penyakit ini, namun teh hijau lebih diunggulkan karena mempengaruhi 1 minggu kedepan dibandingkan dengan teh hitam yang hanya bertahan dalam sehari.

11 komponen diatas telah terbukti meningkatkan daya ingat dan kejernihan mental dan mengurangi kelelahan mental dalam berbagai penelitian. Cobalah memasukan beberapa makanan diatas dan memasukannya kedalam daftar belanja bulanan Anda. Makan cerdas benar-benar bisa membuat Anda lebih pintar. Cobalah untuk menerapkan lebih banyak nutrisi yang tersedia ini dan lihat seberapa pintar Anda!

11 Makanan Untuk Meningkatkan Daya Ingat Otak

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.