12 Jenis dan Khasiat Madu Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Madu adalah salah satu makanan yang diperoleh dari lebah dan berbagai jenis tanaman yang pastinya memiliki manfaat yang cukup banyak. Salah satunya adalah khasiat madu bagi kesehatan tubuh. Mengenai hal ini mungkin banyak yang masih kebingungan terhadap khasiat madu yang sebenanya. Untuk itu, terlebih dahulu kita mengetahui jenis dan ragam madu.

Di Indonesia Banyak Terdapat Berbagai Jenis Madu Bagi Kesehatan

Konon, jenis madu sangat banyak. Hampir 300 jenis madu yang tersebar di dunia yang tersebar di lokasi dan sumber bunga yang berbeda. Madu juga ternyata temasuk ke dalam makanan tertua. Bukan hanya itu, madu memang terkenal dengan jenis makanan yang kaya manfaat. Apalagi jika madu itu berasal dari lebah. Berikut ini jenis khasiat madu bagi kesehatan.

https://www.rismanherbal.com/product/kurmaqu-sari-kurma-dan-madu-asli-original/
KurmaQU Sari Kurma dan Madu

Jenis Madu dan Khasiatnya Masing-Masing

 1. Madu Kaliandra

Seperti namanya, madu ini berasal dari nektar bunga kaliandra. Di Indonesia sendiri madu ini termasuk ke dalam madu yang cukup popular untuk dikonsumsi yang memiliki manfaat untuk memperlancarkan saluran pencernaan seperti susah buang air besar, dan juga manfaat lainnya.

 2. Madu Kopi

Asingkah dengan madu jenis ini?. Madu yang bersumber dari lebah yang sengaja diternak di perkebunan kopi dan memiliki rasa terenak dari jenis madu lainnya. Madu ini memiliki kandungan vitamin yang cukup banyak seperti vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, vitamin K, vitamin E, vitamin A dan juga kaya akan zat hidrat arang.

 3. Madu Pahit Bangka

Diurutan nomer 3 ada Madu pahit bangka atau madu pelawan ini berasal dari lebah liar yang menghisap sari bunga pohon pelawan. Nama lebah liar ini adalah Apis Dorsata. Madu ini juga termasuk madu yang unik, karena pohon pelawan hanya terdapat di daerah Sumatera tepatnya di Pulau Bangka.  

 4. Madu Tawon Gung

Jenis Madu yang satu ini termasuk jenis madu yang mahal karena jarang dan sulit ditemukan. Inilah yang menyebabkan madu ini mahal. Madu ini sangat berkhasiat untuk tubuh karena prosesnya alami yang berasal dari multi nektar dan tanpa bahan pengawet.

 5. Madu Randu

Selanjutnya ada madu randu, madu ini memiliki warna coklat yang cukup terang dan tentunya berasal lebah penghisap bunga randu. Rasa dari madu ini manis sedikit asam yang membuat segar mulut ketika mengkonsumsinya. Madu ini cocok bagi Anda yang tidak terlalu suka rasa madu yang manis.

 6. Madu Hutan Sumatera

Dilihar dipasaran memang Madu jenis ini pun termasuk madu yang cukup popular di Indonesia, madu Sumatera mudah dijumpai dan banyak dijulan dipasaran. Biasanya masyarakat mengkonsumsinya untuk menjaga stamina dan menjaga daya tahan tubuh, serta membantu mengoptimalkan proses pemulihan dari penyakit.

 7. Madu Hutan Timor

Untuk khasiat dari madu jenis ini tidak perlu diragukan lagi karena disebut sebagai madu dengan kualits terbaik ke-3 setelah Yunani dan Australia. Madu yang memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan kulit perempuan dan menjaga vitalitas tubuh. Seperti namanya, madu ini berasal dari provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

 8. Madu Hutan Sumbawa

Selanjutnya ada Madu dengan khas tekstur yang pekat menjadi ciri khas dari madu ini. Madu Hutan Sumbawa ini dihasilkan dari nektar pohon bidara (zizhipus mauritiana) rasa dari madu ini juga cenderung manis dan enak konsumsi secara langsung. Madu jenis ini memiliki kadar air yang cukup rendah karena hutan Sumbawa yang cukup panas dan kering.

 9. Madu Kelengkeng

Jenis madu ini memiliki khas rasa manis yang berebeda dari jenis madu lainnya berasal dari lebah yang berada di kawasan perkebunan kelengkeng. Madu ini memiliki khasiat bagi kesehatan karena mengandung zinc, asam amino, kalium, zat besi juga banyak mengandung vitamin seperti vitamin B1, B2, B3 dan B6.

 10. Madu Klanceng

Selanjutnya ada Madu klanceng yang juga termasuk ke dalam madu yang memiliki harga yang mahal yang disebabkan karena belum banyaknya pembudidayaan madu jenis ini. Padahal manfaat madu bagi kesehatan untuk jenis ini cukup banyak seperti menjaga stamina dan meredakan beberapa penyaki seperti diabetes.

11. Madu Hutan Jambi

jenis madu ini sangat berguna sebagai sumber energi karena memilki kandungan gula yang mudah dicerna oleh sistem pencernaan tubuh. Madu ini tentu saja berasal dari Jambi dan juga banyak ditemukan dipasaran sehingga harganya relatif terjangkau.

12. Madu Bunga Karet

Jenis madu ini memiliki manfaat bagi kesehatan seperti meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan alergi, mengatasi gatal pada kulit, serta menyembuhkan luka bakar memiliki aroma yang khas dan berwarna kuning kecoklatan. Rasanya pun manis dan tidak kecut. Madu ini dihasilkan dari nektar pohon karet yang dihisap lebah.

Baca Juga : 5 Manfaat Jamur Untuk Kesehatan Beserta Bahayanya

Bagaimana, sudahkah memilih akan mengkonsumsi madu yang mana diantara jenis madu yang tersebut di atas. Karena jumlahnya yang sangat banyak, Anda juga dapat mencari informasi tentang jenis madu lainnya. karena khasiat madu bagi kesehatan cukup banyak. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *