5 Manfaat Jamur Untuk Kesehatan Beserta Bahayanya

Jamur merupakan jenis makanan yang tergolong pada sayur-sayuran. Meskipun sebenarnya jamur bukanlah sebuah tumbuhan. Namun faktanya jamur mempunyai berbagai nutrisi. Manfaat jamur untuk kesehatan selain untuk memberikan nutrisi juga kaya akan serat dan rendah kalori.

Manfaat Jamur Untuk Kesehatan

Mengkonsumsi jamur dapat mengurangi risiko obesitas, diabetes dan jamur juga baik untuk kesehatan kulit loh. Karena jamur merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan antioksidan. Berikut adalah manfaat jamur untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Kesehatan

Seperti disebutkan diatas bahwa jamur kaya akan antioksidan. Dimana fungsi antioksidan sendiri adalah untuk menangkal radikal bebas yang akan menyebabkan penuaan dini. Antioksidan pun berfungsi sebagai penangkal berbagai jenis penyakit seperti Alzheimer dan penyakit jantung.

Manfaat jamur untuk kesehatan selain kaya akan antioksidan, jamur pun merupakan sumber salenium. Salenium berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi. Juga berfungsi untuk men jaga kesehatan produksi DNA dan fungsi kelenjar tiroid.

2. Kaya Akan Vitamin B

Tubuh membutuhkan asupan vitamin B yang tak terhitung jumlahnya. Vitamin B banyak sekali jenisnya, mulai dari riboflavin, niasin dan asam folat. Semua itu sangat dibutuhkan untuk kelangsungan proses tubuh.

Baca Juga : Wajib Tahu! 5 Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Tubuh

Faktanya, beberapa jenis jamur mempunyai kandungan vitamin B lebih banyak dibanding dengan jenis yang lainnya. Seperti asam folat lebih banyak terdapat dalam jamur Portobello daripada jamur Italia. Dan Jamur shitake mempunyai kandungan vitamin B lebih banyak dari jenis jamur lainnya.

3. Penyedap Rasa Alami

Umami merupakan sebutan orang barat kepada rasa yang dihasilkan oleh jamur. Rasa umami merupakan rasa gurih. Oleh karena itu jamur kerap dijadikan sebagai penambah nafsu makan karena rasanya yang gurih.

Jamur sering kali dimasak sebagai sayur sebagai pendamping nasi. Bahkan ada yang mencampurkan jamur pada kudapan salad. Bagi sebagian vegetarian manfaat jamur untuk kesehatan kerap dijadikan sebagai pengganti daging.

4. Manfaat Jamur Untuk Kesahatan Sebagai Vitamin D

Jamur merupakan salah satu sumber nabati penghasil vitamin D. Vitamin D merupakan vitamin yang sangat penting untuk kesehatan tulang, fungsi saraf dan otot. Vitamin D juga berfungsi untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Meski kebutuhan harian vitamin D tak dapat tercukupi hanya dengan mengkonsumsi jamur. Namun cara terbaik untuk meningkatkan asupan vitamin D adalah dengan memgkonsumsi jamur.

5. Bahaya Mengonsumsi Jamur

Meskipun banyak manfaat jamur untuk kesehatan, Anda juga harus mengetahui bahaya yang mungkin disebabkan oleh jamur. Karena tidak semua jemis jamur aman untuk dikonsumsi. Apabila jamur tersebut dikonsumsi tak hanya kesehatan yang akan terganggu melainkan bisa saja mengancam nyawa.

Bahaya Mengonsumsi Jamur Sembarangan

Jenis jamur yang sedang populer saat ini seperti magic mushroom atau jamur kotoran sapi, jamur amanita, dan jamur deadly dapperling sebaiknya dihindari. Jika tidak ingin terjadi hal yang tidak diinginkan. Dan berikut adalah bahaya mengonsumsi jamur:

1. Menyebabkan Halusinasi

Halusinasi atau psikosis adalah bahaya yang akan ditimbulkan setelah Anda mengonsumsi jenis jamur beracun seperti “magic mushroom”. Karena jamur jenis ini sangat efektif untuk menciptakan efek psikosis.

Apabila Anda mengonsumsi jamur bersamaan dengan telur, teh atau makanan lain yang mengandung psilocybin akan langsung masuk dengan cepat ke dalam otak. Dan akan menyebabkan penghambatan aliran oksigen pada otak.

Efek yang ditimbulkan oleh jenis jamur ini biasanya akan terasa 20menit setelah mengonsumsinya. Bukannya mendapatkan manfaat jamur untuk kesehatan, melainkan membahayakan kesehatan.

2. Keracunan

Risiko lain dari mengonsumsi jamur adalah keracunan. Biasanya jamur yang mengandung racun amatoksin inilah yang akan menyebabkan keracunan. Sebab racun ini akan mengakibatkan komplikasi organ hati atau liver yang sangat parah. Jenis jamur yang mengandung racun adalah jamur cokelat, lepiota brunneoincarnata, jamur amatis dan jamur yang terinfeksi bakteri camplylobacter jejuni.

3. Alergi

Pada sebagian orang jamur dapat menimbulkan alergi. Karena jamur mengandung spora. Alergi yang ditimbulkan adalah gangguan organ paru-paru seperti asma. Pastikan jamur yang akan dikonsumsi telah bersih dan higienis serta dimasak hingga benar kematangannya. Agar spora yang terkandung dalam jamur tidak menyebabkan alergi pada Anda.

4. Reumatik

Beta-glukan selain memberikan manfaat jamur untuk kesehatan, juga dapat berbahaya bagi tubuh. Hal ini terjadi apabila jamur dikonsumsi secara berlebihan. Yang akan menyebabkan asupan beta-glukan pada tubuh pun akan berlebihan. Dan reumatik merupakan salah satu penyakit yang ditimbulkan akibat berlebihnya asupan beta-glukan.

5. Kanker

Beberapa zat yang terkandung dalam jamur seperti agaretin dapat menyebabkan tumor yang berkembang menjadi kanker. Hal ini terjadi apabila Anda tidak memasak jamur dengan benar. Meski fakta bahaya ini masih dalam tahap penelitian, baiknya Anda tetap memasak jamur dengan benar agar manfaat jamur untuk kesehatan masih dapat dirasakan.

Itulah beberapa manfaat jamur untuk kesehatan dan bahaya yang dapat ditimbulkan setelah mengonsumsi jamur. Pilihlah jamir yang tepat untuk dikonsumsi dan tetap dalam frekuensi yang wajar ketika mengonsumsinya. Agar tubuh tetap sehat. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *