5 Manfaat Utama Wortel Bagi Kesehatan

RismanHerbal.com – Benarkan bahwa wortel benar-benar membantu meningkatkan penglihatan dalam kegelapan? Dan manfaat apa lagi yang bisa kita dapatkan dari sayuran serbaguna ini? Seorang Ahli gizi Kerry Torrens mengeksplorasi 5 Manfaat Utama Wortel Bagi Kesehatan yang wajib kita ketahui dengan cara membaca hingga akhir artikel ini.

Apa itu Wortel?

Wortel merupakan sayuran akar yang populer dari keluarga Apiaceae. Sayuran yang sangat terkenal akan manfaatnya terhadap organ mata ini mempunyai nama latin Daucus Carota. Wortel sangat serbaguna dan bisa dinikmati dalam keadaan mentah maupun dihidangkan sebagai camilan atau salad, dimasak untuk sup dan dibuat minuman jus.

Meskipun kebanyakan dari kita mengasosiasikan wortel dengan warna oranye terang, wortel aslinya berwarna kuning dan ungu. Bagian tanaman yang paling sering dimakan adalah akarnya, meskipun batang dan daunnya juga dapat dimakan dan digunakan di beberapa bagian dunia sebagai ramuan atau daun salad.

Seperti yang kita ketahui, wortel merupakan makanan yang menjadi sumber penting karoten dan memberikan kontribusi yang berharga terhadap kebutuhan vitamin A harian kita.

Manfaat nutrisi Pada Wortel

Porsi 80g wortel (mentah) menyediakan:

  • 27kkal/117KJ
  • 0.4g protein
  • 0.3g lemak
  • 6.2g karbohidrat
  • 3.1g serat
  • 142 mg potasium
  • 2mg vitamin C

5 Manfaat Utama Wortel Bagi Kesehatan

5 manfaat utama wortel bagi kesehatan

Menurut ahli gizi Kerry Torrens pada artikelnya yang dirilis November 2021 di situs bbcgoodfood.com terdapat 5 manfaat utama wortel bagi kesehatan yang penting untuk kita ketahui bersama.

Kerry Torrens adalah ahli gizi Terdaftar (MBANT) dengan diploma pasca sarjana di Personalized Nutrition & Nutritional Therapy. Dia adalah anggota dari British Association for Nutrition and Lifestyle Medicine (BANT) dan anggota dari Guild of Food Writers. Selama 15 tahun terakhir dia telah menjadi penulis yang berkontribusi pada sejumlah publikasi nutrisi dan masakan termasuk BBC Good Food.

  1. Makanan Yang Kaya Akan Sumber karotenoid

Wortel kaya akan senyawa tanaman yang disebut karotenoid – senyawa ini terakumulasi di akar, bagian yang paling kita sukai untuk dimakan. Sekitar 80% karoten dalam wortel adalah jenis yang disebut beta-karoten, dan sering disebut sebagai pro-vitamin A karena tubuh kita mengubahnya menjadi vitamin A di usus kita. Sebagian besar karotenoid ini berada di daging atau bagian luar akar, bukan inti.

Karotenoid memainkan peran penting dalam penglihatan dan rutin mengkonsumsi wortel untuk membantu penglihatan dalam keadaan gelap bisa menjadi salah satu cara mudah untuk mendapatkannya.

Baca Juga : Inilah 5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Dengan Baik

Karotenoid juga membantu menjaga sistem kekebalan yang berfungsi dengan baik, penting untuk kesehatan kulit, mencegah penuaan dan mendukung membran mukosa kita di area penting seperti sistem pernapasan.

Menariknya, ketika kita memasak wortel dengan cara dipanggang, digoreng, atau memanaskan dengan microwave, kita dapat meningkatkan, atau setidaknya mempertahankan kandungan karotenoid didalamnya. Dihaluskan dan dinikmati dengan sedikit minyak, bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penyerapan kandungan pro-vitamin A lebih banyak lagi.

  1. Dapat Mendukung Kestabilan Kolesterol dan Kesehatan Jantung

Wortel adalah sumber serat serta senyawa tanaman pelindung, termasuk karotenoid serta vitamin C yang semuanya berkontribusi pada sifat pelindung organ jantung. Dari catatan khusus, wortel muncul untuk membantu memodifikasi penyerapan kolesterol dan sebagai hasilnya dapat meningkatkan keseimbangan kolesterol.

Namun, banyak dari bukti ini berasal dari penelitian pada hewan dan lebih banyak percobaan pada manusia diperlukan sebelum manfaat perlindungan jantung dapat dikonfirmasi.

  1. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Dari sekian banyak manfaat wortel bagi kesehatan, menurunkan berat badan mungkin menjadi manfaat yang jarang diketahui. Wortel dilengkapi dengan sumber serat yang baik dan rendah kalori. Penelitian menunjukkan bahwa memasukkan sayuran seperti wortel ke dalam menu makanan Anda dapat membantu meningkatkan rasa kenyang lebih lama. Namun demikian, beberapa rencana penurunan berat badandengan cara diet rendah karbohidrat, menyarankan untuk menghindari wortel karena wortel mempunyai kandungan cukup tinggi karbohidrat.

Pendekatan ini mengabaikan manfaat kesehatan lainnya dari wortel dan fakta bahwa ketika dimakan dalam bentuk utuh, struktur, serat dan kandungan air yang tinggi dari wortel membantu mengekang nafsu makan, sementara rasa manis alaminya dapat membantu mengurangi penggunaan gula lain dalam makanan.

  1. Dapat Mengurangi Risiko Kanker

Wortel kaya akan senyawa tanaman pelindung termasuk Karotenoid, Asam Klorogenat dan Falcarinol. Sayuran yang juga disukai oleh binatang kelinci ini telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker, namun bukti yang mendukung hal ini tidak meyakinkan.

Hal ini mungkin disebabkan karena faktanya bahwa wortel banyak dinikmati oleh orang-orang yang lebih cenderung makan makanan yang sehat, kaya akan berbagai macam sayuran yang memang minim resiko terkena kanker.

  1. Mendukung Kesehatan Usus

Ya, dari 5 manfaat utama wortel bagi kesehatan, 1 diantaranya mendukung kesehatan usus. Sebuah penelitian pada wanita muda yang makan wortel yang cukup untuk mengkonsumsi 15g serat per hari selama periode tiga minggu melaporkan bahwa serat pada wortel sangat mudah difermentasi. Lebih lanjut, penelitian mengkonfirmasi bahwa sayuran memiliki peran prebiotik, yang berarti serat merupakan sumber bahan bakar yang baik untuk bakteri menguntungkan yang berada di usus. Banyak dari bakteri usus ini menghasilkan asam lemak rantai pendek yang memiliki manfaat tidak hanya untuk usus tetapi juga untuk kesehatan kita yang lebih luas.

Apakah Wortel Aman Dikonsumsi Untuk Semua Orang?

Bagi sebagian besar orang, dan sebagai bagian dari diet seimbang dan sehat, wortel umumnya diakui aman kecuali Anda memiliki alergi terhadapnya. Alergi terhadap wortel tampaknya lebih mungkin terjadi di beberapa bagian Eropa daripada di tempat lain di dunia dan mungkin terkait dengan reaktivitas silang serbuk sari-makanan.

Makan wortel secara berlebihan dapat menyebabkan kondisi yang disebut karotenemia, di mana kulit tampak kekuningan. Asupan sekitar 1 kg per hari dalam bentuk jus atau wortel mentah juga telah dikaitkan dalam kasus yang jarang terjadi seperti neutropenia (penurunan tingkat sel darah putih), dan amenore (penghentian menstruasi). Untuk itu sebaiknya wortel dikonsumsi dengan porsi wajar agar kita bisa mendapatkan manfaatnya tanpa mengkhawatirkan efek sampingnya.

Itulah penjelasan 5 Manfaat utama wortel bagi kesehatan yang perlu kita fahami dan bisa menjadi referensi untuk menambahkan sayuran luar biasa ini ke menu belanja bulanan kita. Semoga kita selalu diberikan kesehatan melalui perantara makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Dan bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat wortel untuk mata dengan mudah dan praktis, kini Anda bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi Limatta Sehat Mata. Produk kesehatan mata inovasi terbaru yang menggunakan ekstrak wortel sebagai salah satu komposisinya. Dengan komposisinya yang lebih lengkap, lebih banyak pula manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.