5 Ragam Manfaat Kayu Secang Untuk Kesehatan Tubuh

Dilihat sekilas mirip dengan kayu manis tapi  ini bukan. Pasti untuk  kayu manis sudah familiar dan populer sebab sering digunakan untuk bahan masakan maupun minuman. Nah, sudah tahukah tentang kayu secang? Apa manfaat kayu secang untuk kesehatan? Jangan-jangan masih asing dengan kayu secang. Yuk, baca artikel ini.

Kayu secang atau nama latin Biancaea sappan termasuk komoditi rempah-rempah. Tanaman perdu golongansuku polong-polongan Fabaceae. Kayu dan kulit kayu secang dapat dimanfaatkan. Perkiraan berasal dari India Tengah ke timur sampai China Selatan, serta ke selatan hingga ke Semenanjung Malaka.

Kayu secang telah dimanfaatkan atau dipergunakan oleh masyarakat di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Sudah banyak yang membudidayakan bahkan sampai meliar di alam. Tumbuhan kayu secang di Afrika dapat ditemukan di Nigeria, Kongo, Tanzania, Uganda, Reunion, Mauritius, serata Afrika Selatan.

Mengenal Lebih Dekat Tanaman Kayu Secang

Dikenal sebagai tanaman herbal, secang banyak tumbuh secara alami pada lahan-lahan berlereng karena tidak tahan dengan lahan genangan. Tanaman ini tumbuh subuh pada tanah atau lahan berbatu kapur atau berliat. Tapi, kadang terlihat di tanah berpasir dekat sungai. Bentuk pohon berduri kecil dengan tinggi 6-9 meter. Bantang kayu secang sekitar 15-25 cm yang memiliki beberapa cabang berduri.

Kayu secang bisa dijumpai dalam bentuk kupas, bubuk, serut, ataupun gelondongan. Jika, ingin membeli kayu secang sudah mudah sebab banyak e-commerce yang menjual. Manfaat kayu secang untuk kesehatan, sekarang ini sudah mulai dikenal dan dijadikan minuman hangat yang baik untuk tubuh.

Seduhan dari kayu secang berwarna merah dan bahan baku yang dipergunakan, yaitu serutan kayunya. Jadi, sebelum dibuat minuman, batang tua dipotong 10 cm, diambil kulitnya kemudian dicuci dan dijemur. Kayu yang sudah kering hasil dijemur dibelah dan diserut. Bentuk serutan yang tipis dan kecil dijemur kembali hingga kering, lalu disimpan atau langsung digunakan.

Sejarah Minuman dari Kayu Secang (Wedang Kayu Secang)

Raja-raja di Keraton Yogyakarta dan Majapahit sudah menjadikan kayu secang untuk dibuat wedang atau minuman. Jadikan, Wedang kayu secang sebagai minuman favorit. Ternyata dari dulu manfaat kayu secang untuk kesehatan sudah dirasakan dan digunakan. Oleh karena itu, saat ini kayu secang kembali menjadi minuman favorit bagi masyarakat.

Kayu secang bisa dimanfaatkan untuk zat pewarna alami dan obat tradisional. Dikenal sebagai tanaman herbal yang berguna untuk kesehatan serta menambah imunitas serta daya tahan tubuh. Seperti, untuk menjaga stamina, menghangatkan badan, mencegah masuk angin, atasi nyeri sendi, dan lainnya.  Kayu secang mengandung antibakteri, antimikroba, antiinflamasi, dan antioksidan.

Baca Juga : 7 Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Air rebusan kayu secang mempunyai sifat antimikroba. Kandungan metanol pada kayu secang dapat menghambat bakteri Staphylococcus aureus penyebab infeksi kulit, keracunan makanan, serta infeksi pada sendi. Untuk itu, mengonsumsi minuman yang terbuat dari kayu secang dapat menjaga kesehatan. Berikut manfaat kayu secang untuk kesehatan.

Manfaat Kayu Secang Untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengobati Diare

Kayu secang dimanfaatkan secara tradional untuk mengobati diare. Diare diakibatkan infeksi bakteri Eschericia Coli atau E.Coli dapat diobati dengan kayu secang. Biasanya orang yang terkena diare disebabkab mengonsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi bakteri itu. Bakteri E.Coli dapat mencemari bayam, mentimun, keju, daging sapi, serta produk berbahan susu.

2. Obati Radang Tenggorokan

Ekstrak serutan kayu secang untuk atasi radang tenggorokan sebab memiliki sifat antibakteri. Manfaat kayu secang untuk kesehatan bisa mengobati radang ternggorokan karena mampu menghambat bakteri  Stepcococcus alpha. Banteri ini dapat hidup di tenggorokan manusia serta kulit. Penularan bakteri ini bisa melalui kontak langsung dengan kulit, lendir, dan luka.

3. Sehatkan Organ Hati

Organ hati yang sehat dan berfungsi dengan baik pada tubuh tentu sangat penting dan pasti diinginkan. Organ hati supaya sehat pasti harus dijaga dengan baik. salah satu cara untuk menjaga organ hati dengan ekstrak kayu secang. Dapat menyehatkan hati karena kandungan kayu secang mampu menghambat keracunan karbon tetraklorida atau CCI4.

4. Antiinflamasi Untuk Atasi Jerawat

Wajah berjerawat tentu akan mengurangi rasa percaya diri. Manfaat kayu secang untuk kesehatan dapat mengatasi jerawat. Mengobati jerawat secara efektif dengan cara membasuh muka dengan air rendaman kayu secang. Pigmen merah, Brazilin yang dterdapat pada ekstak kayu secang terbukti mampu melawan Propionibacterium acne sebagai penyebab jerawat dan peradangan di kelopak mata.

Bukan hanya itu saja, Kulit kusam pada wajah juga dapat dikurangi oleh kayu secang, sehingga wajah menjadi terlihat cerah kemudian, untuk mengurangi gejala alergi yang diderita dapat meminum seduhan kayu secang secara rutin sebab ada kandungan senyawa chalcone.

5. Atasi Penyakit Diabetes

Kadar gula darah pada penderita diabetes akan turun dengan mengonsumsi kayu secang. Kandungan senyawa Brazilin, kaesalpin P, sappankalko, dan protosappanin A pada kayu secang menghambat enzim aldosa reduktase penyebab komplikasi penyakit diabetes. Kayu secang dengan kandungan utama Brazilin dapat menunjukkan sifat hipoglikemik dan tingkatkan metabolisme glukosa.

Kayu secang yang tumbuh di Indonesia sudah dipergunakan sehak zaman dulu. Manfaat kayu secang untuk kesehatan dengan dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal. Selain itu, kayu secang bisa untuk pewarna alami yang aman digunakan. Kandungan senyawa antibakteri maupun antimikroba mampu menghambat bakteri. Jadi, konsumsi kayu secang itu baik dan aman. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *