6 Jenis Olahraga Simpel untuk Anda yang Super Sibuk

olahraga simpel
16/01/2021 0 Comments

Olahraga adalah aktivitas yang tidak boleh dilewatkan apabila menginginkan tubuh yang bugar. Para peneliti menganjurkan untuk melakukan kegiatan olahraga setidaknya tiga kali dalam seminggu. Namun anjuran ini tentu sulit bagi Anda yang super sibuk karena kurangnya waktu. Jangan kuatir, berikut akan dibahas olahraga simpel yang bisa Anda lakukan di mana saja, bahkan saat sedang berada di kantor.

Lakukan Olahraga Simpel Berikut untuk Anda yang Sibuk

Olahraga sangat penting untuk kesehatan, oleh karenanya harus dilakukan secara rutin, Sibuk bekerja sehingga tidak punya waktu bukan alasan untuk tidak berolahraga. Berikut adalah jenis olahraga simpel yang bisa dilakukan di sela-sela kesibukan Anda.

1. Stretching di Atas Tempat Tidur

Stretching (peregangan) sangat tepat dilakukan saat baru bangun tidur. Rentangkan lengan kiri sambil menekuk kaki kiri ke arah kanan, lakukan sebanyak delapan hitungan. Selanjutnya lakukan hal yang sama pada lengan dan kaki Anda yang lain. Lakukan bergantian secara terus menerus selama dua menit.

Usai stretching, Anda bisa melanjutkan dengan sit-up sebanyak 10 kali. Anda bisa melebihkan hitungannya jika masih sanggup. jenis olahraga simpel ini memberi manfaat bagi fleksibilitas dan gerak sendi. Anda juga dapat melakukannya saat sedang bekerja di kantor, tentu dengan gerakan yang sudah dimodifikasi. Stretching dapat memberi efek relaksasi dan meredakan ketegangan akibat bekerja seharian.

2. Jalan kaki

Sempatkanlah untuk melakukan jalan kaki di pagi hari. Olahraga ini bisa Anda lakukan sebelum bersiap-siap melaksanakan aktifitas pagi. Jalan kaki selama 30 menit setiap hari dapat membantu melancarkan peredaran darah, menjaga fungsi jantung, dan meningkatkan mood. Lakukan bersama orang tersayang dan Anda akan merasakan semangat untuk beraktifitas sepanjang hari.

3. Naik Turun Tangga

Bagi Anda yang bekerja di kantor, adalah sebuah keuntungan apabila kantor Anda berada di lantai atas. Ucapkan selamat tinggal kepada lift dan jadikan kegiatan naik turun tangga saat menuju dan meninggalkan kantor sebagai kegiatan olahraga simpel.

Naik turun tangga secara cepat dapat meningkatkan kemampuan jantung dan kekuatan paru-paru untuk beraktivitas dalam waktu lama. Olahraga ini juga efektif untuk melatih kekuatan kaki. Meski sangat simpel, naik turun tangga dapat meningkatkan kinerja otak. Lakukan minimal sehari sekali dengan gerakan cepat selama minimal 10-15 menit untuk mendapatkan manfaat olahraga ini.

4. Body Weight Exercise

Body weight exercise adalah olahraga simpel yang tidak membutuhkan alat untuk melakukannya. Latihan ini hanya menggunakan beban tubuh Anda. Bagi Anda yang super sibuk, melakukan olahraga ini adalah alternatif yang tepat karena dapat dilakukan dengan singkat dan tidak membutuhkan ruang yang luas.

Olahraga yang termasuk body weight exercise adalah push-up, plank, dan squat. Lakukan olahraga ini secara berurutan masing-masing 20 kali dan beri jeda 5 menit sebelum berpindah gerakan. Ulangi 3-4 kali. Rutin melakukan latihan ini dapat memperkuat kerja jantung dan membakar lemak dengan cepat.

Baca Juga : Ragam Manfaat Sambiloto Untuk Pengobatan TBC

Body weight exercise adalah olahraga simpel yang menguatkan otot perut, memperbaiki postur tubuh, merilekskan otot punggung, dan meningkatkan performa tubuh secara umum. Melakukan gerakan plank akan menguatkan otot sekitar lengan dan kaki. Anda juga dapat melatih keseimbangan dengan melakukan berbagai variasi gerakan, misalnya squat dengan satu kaki.

Olahraga ini juga tidak akan membosankan. Hal ini disebabkan karena Anda dapat melakukan variasi dan kombinasi dengan gerakan yang lain yang tak terhitung jumlahnya. Paling penting adalah, Body weight exercise merupakan cara gratis untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang prima meski Anda sedang sibuk.

5. Angkat Beban

Anda dapat menggunakan dumbell untuk berolahraga secara perlahan dan santai di rumah. Lakukan gerakan angkat beban sebelum mandi, sebelum sarapan, atau saat menonton televisi. Anda juga bisa melakukan olahraga ini di kantor. Bila tidak tersedia dumbbell, gunakan botol berisi air mineral sebagai gantinya.

6. Melakukan Senam di Tempat

Anda dapat mengusulkan kepada pimpinan untuk meluangkan waktu 10 menit setiap hari bagi seluruh karyawan kantor untuk melakukan senam bersama. Usulkan untuk melakukan di sela-sela jam rawan ngantuk sambil berdiri di tempat masing-masing. Lakukan stretching dan lari di tempat untuk menghilangkan kantuk dan memulihkan semangat mereka.

Meski hal ini kelihatan mudah, namun latihan dengan teratur dapat menjaga kesehatan tubuh Anda. Peredaran darah menjadi lancar dan fungsi organ tubuh akan berjalan dengan optimal. Sembari melakukan olahraga, Anda juga harus mengonsumsi makanan yang bergizi untuk menambah asupan nutrisi pada tubuh.

Mengonsumsi makanan yang penuh gizi dapat menjaga kekuatan tubuh. Saat melakukan olahraga simpel, jangan lupa untuk minum air putih minimal dua liter sehari agar badan tidak mengalami dehidrasi. Tambahkan ukurannya bila Anda mengeluarkan banyak keringat akibat melakukan gerakan yang cukup banyak atau cuaca sedang panas. Selamat berolahraga!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.