6 Manfaat Pare untuk Kesehatan Tubuh, Jangan Terlewat

Manfaat Pare untuk Kesehatan Tubuh
02/12/2020 0 Comments

Siapa sangka kalau pare yang terkenal dengan rasanya yang pahit ini, memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan manusia. Tidak hanya manfaat tetapi kandungan gizi yang terdapat pada pare juga cukup lengkap. Itulah sebabnya mengapa manfaat pare untuk kesehatan juga sangat banyak.

Kandungan Tanaman Pare

Tanaman paria atau pare yang memiliki nama latin Momordica Charantina L. adalah jenis tanaman tropis dan subtropis dari famili cucubitaceae. Dalam bahasa Inggris paria disebut juga bitter melon. Tergolong tanaman semak semusim, bentuk buah paria adalah bulat panjang dengan kulit yang berbintil-bintil

Buah pare terkenal dengan rasanya yang pahit. Karena di dalam pare terdapat zat quinine yang menyebabkan rasa pahit. Zat quinine adalah sejenis alkaloid yang bermanfaat sebagai anti peretik atau penurun panas tubuh. Selain sebagai pereda panas, zat quinine juga bisa sebagai analgesik atau pereda sakit alami dan antimalaria.

Kandungan lain yang ada dalam buah paria adalah serat, vitamin A, vitamin B6, kalsium, kalium, magnesium dan fosfor yang berguna untuk tubuh. Dari sisi nutrisi, paria juga kaya akan gizi, setidaknya ada sekitar 34 kkal energi, 1.1 gram protein, 0,3 gram lemak, 6,8 gram karbohidrat, 1,4 gram besi, 54 mcg retinol, o,08 miligram thiamine dan 52 miligram asam karbonat dalam setiap 100 g paria

6 Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut manfaat pare untuk kesehatan yang tidak hanya dapat mengembalikan fungsi organ tubuh, tetapi juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Menjaga Saluran Pencernaan

Salah satu manfaat pare untuk kesehatan  adalah menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat.  Rasa pahit pada paria mampu menstimulus sekresi lendir yang akhirnya dapat menyeimbangkan asam lambung dalam tubuh. Selain itu, kandungan seratnya yang cukup tinggi dapat memperlancar buang air besar dan mencegah datangnya sembelit.

2. Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi dalam pare, tentu dapat menimbulkan rasa kenyang yang cukup lama. Dengan mengonsumsi paria secara rutin, bisa dipastikan nafsu makan Anda akan berkurang. Dengan begitu, tubuh akan sedikit mengonsumsi makanan hingga pada akhirnya berat badan Anda pun akan turun. Itulah salah satu manfaat paria untuk kesehatan.

3. Atasi Penyakit Diabetes, Jantung dan Mata

Manfaat pare bagi kesehatan lainnya adalah mengatasi penyakit diabetes. Dengan mengonsumsi paria, tubuh akan terjaga keseimbangan kadar gula darahnya. Paria juga mengandung beta karoten dan vitamin A yang dapat menyehatkan mata.

Selain itu, vitamin C yang terkandung dalam paria juga mampu mencegah sakit mata akibat proses oksidasi. Tak hanya bisa atasi penyakit diabetes dan mata, paria juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah yang menjadi penyebab serangan jantung.

4. Membantu Obati Penyakit Berbahaya Seperti AIDS dan Kanker

Berdasarkan tes laboratorium yang diterbitkan Journal of Naturopathic Medicine, bahwa komposisi fitokimia dalam paria ternyata dapat menghambat aktivitas human immunodeficiency virus (HIV).

Pada sebuah studi juga menunjukkan bahwa pare juga memiliki sifat antivirus yang dapat mengobati pasien dengan herpes simpleks virus-1 (HSV-1), dan mencegah penyebaran plak herpetik kepada orang lain.

Baca Juga : 8 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui

Tak hanya itu, dalam sebuah penelitian juga mengungkapkan ekstrak pare dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan senyawa utama yang ditemukan dalam paria (triterpenoid tipe cucrbinate) punya antivitas antikanker.

5. Mengatasi Segala Masalah Kulit

Manfaat pare untuk kesehatan juga dapat menghilangkan jerawat, noda hitam bekas jerawat, luka pada kulit dan infeksi kulit lainnya. Selain itu, segala penyakit akibat kelainan darah, seperti bisul, gatal, psoriasis, kudis, kurap dan penyakit jamur lainnya dapat diobati dengan paria.

Caranya dengan mengonsumsi secara rutin jus buah paria yang telah dicampur dengan air lemon. Jus ini harus dikonsumsi saat perut masih kosong. Lakukan selama 6 bulan berturut-turut.

Pare juga dapat menjadi anti aging. Hal ini karena kandungan vitamin C dalam paria dapat memperlambat proses penuaan, melawan radikal bebas  dan melindungi kerusakan kulit karena sinar ultraviolet matahari.

6. Atasi Masalah pada Rambut

Segala masalah rambut Anda seperti ketombe, rambut rontok, berminyak, rambut kasar dan kusut, kulit kepala yang kering dan gatal, hingga rambut bercabang, beruban dan lain-lain dapat diatasi dengan membuat ramuan pare. Seperti berikut ini.

  • Kulit kepala berketombe : jus pare yang telah dicampur dengan jinten hitam, dibalur ke kulit kepala setiap hari selama 1 bulan
  • Kulit kepala kering : jus pare yang telah dicampur alpukat atau pisang, dibalur ke kulit kepala, lakukan 1 kali dalam seminggu.
  • Rambut rontok : jus pare dicampur dengan gula hingga menjadi pasta, balur ke rambut, hingga tidak rontok lagi.
  • Rambut berminyak : jus pare dicampur dengan cuka apel, balur ke rambut, tunggu beberapa menit lalu bilas.
  • Rambur kasar, kusut dan tidak berkilau : cukup balur jus paria ke rambut biarkan 10 sampai 15 menit, lalu bilas.

Demikian manfaat pare untuk kesehatan. Jangan ragu untuk mencobanya konsumsi rutin buah pare ya. Sekalipun rasanya pahit, namun rasa pahit itu bisa hilang jika Anda merebusnya dengan garam. Selamat mencoba.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.