Inilah! 7 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

Tahukah Anda? Ternyata buah sirsat menyimpan beragam khasiat yang sangat baik untuk tubuh. Anda dapat memperoleh manfaat buah sirsak ini berkat segudang nutrisi yang dikandungnya. Di antanya adalah vitamin C, B1, B2, B6, fruktosa, serat, lemak, protein dan kalori. Bukan hanya itu, buah dengan nama latin Annona Muricata L ini juga kaya akan kandugan senyawa dan mineral.

Seperti thiamin, folat, niasin, asam pantotenat, riboflavin dan lain sebagainya. Sirsat memiliki daging buah berwarna putih dengan rasa manis yang segar dan sedikit asam. Anda dapat mengolah buah yang banyak ditemukan di daerah tropis ini menjadi campuran es buah, jus, atau dijadikan puding. Mau tahu info selengkapya?

Wajib Tahu! Ini Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Buah yang memiliki kulit berwarna hijau dengan duri runcing kecil ini banyak ditemukan di Indonesia. Kabarnya buah sirsat dapat menyembuhkan kanker hingga menjaga sistem kekebalan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat buah sirsak yang sangat wajib untuk diketahui:.

1. Menyembuhkan Dan Mencegah Kanker

Menurut penelitian, buah sirsat mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.  Bahkan sirsat juga disebut-sebut memiliki bahan aktif yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan kemoterapi. Daun sirsat juga diketahui dapat manfaatkan sebagai agen antikanker.  Anda dapat merebus 10 lembar daun sirsat bersama segelas air, setelah itu minum ramuan ini setiap pagi selama 3-4 minggu.

2. Membersihkan Saluran Pencernaan

Anda dapat menggunakan daun dan buah sirsat untuk membersihkan saluran pencernaan, karena sirsat dapat menstimulasi hormon diuretik. Selain itu, sirsat juga mengandung alkaloid dan kuinolon juga dapat berfungsi sebagai antiinflamasi yang bermanfaat untuk mengurangi parasit di usus serta mengurangi rasa nyeri dan sakit perut.

3. Untuk Mengatasi Hipertensi

Sejak lama buah sirsat dipercaya mampu mengatasi penyakit hipertensi. Menurut penelitian, kandungan nutrisi buah sirsak mampu menurunkan tekanan darah. Caranya cukup mudah, Anda dapat memetik 10 lembar daun sirsat, dan merebusnya dengan 3 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 1 gelas saja. Minum ramuan saat sudah terasa hangat kuku. Lakukan dengan rutin sampai tekanan darah normal kembali.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah sirsak selanjutnya adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini berkat kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah sirsat. Kedua nutrisi ini mampu menangkal paparan radikal bebas. Selain itu, kandungan vitamin B1 dan B2 di dalamnya juga dapat membantu untuk menjaga sistem imunitas tubuh sehingga Anda pun tidak akan mudah jatuh sakit bila rutin mengonsumsi buah yang satu ini.

Baca Juga : Begini! Cara Awet Muda Alami Tanpa SkinCare Terbukti

5. Memiliki Efek Menenangkan Untuk Mengatasi Stress

Seperti yang diketahui bersama stress akan membuat tubuh rentan terkena penyakit yang mengganggu tubuh. Namun, tahukah Anda? Sirsat dapat Anda jadikan teh yang memiliki efek memnenangkan yang mampu mengatasi stress dan menghilangkan rasa penat yang Anda rasakan. Teh daun sirsat juga sangat baik dikonsumsi bagi orang yang memiliki kecemasan berlebihan.

6. Mencegah Peradangan

Manfaat buah sirsak berikutnya adalah mampu mencegah peradangan. Radang merupakan sebuah penyakit yang memiliki gejala sepertiĀ  iritasi, infeksi, memar, nyeri atau bahkan lebam. Kandungan antiinflamasi dalam buah ini dipercaya mampu meringankan gangguan kesehatan akibat peradangan seperti arthritis, hipertensi serta asam urat.

7. Meredakan Sesak Napas

sirsat memiliki efek sifat espektoran. Selain itu, sirsat juga mengandung asam askrobat yang mampu mencegah tubuh dari infeksi dan paparan radikal bebas. Dengan berkurangnya infeksi dan virus maka flu dan batuk pun dapat segera disembuhkan. Tidak hanya itu,  hanya itu, sirsat juga mampu menghilangkan lendir dan dahak yang merupakan tempat virus atau patogen dapat hidup.

8. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sirsat memiliki kandungan mineral, kalsium dan fosfor yang terkenal mampu mempertahankan kekuatan tulang. Sehingga Anda pun dapat mencegah tulang keropos dan osteoporosis dengan rutin mengonsumsi buah yang satu ini. Bagi wanita yang mengalami menopause, buah ini juga dianjurkan untuk dikonsumsi dengan rutin.

9. Mengatasi Rambut Rontok Dan Berketombe

Manfaat buah sirsat selanjunya yaitu mampu mengatasi rambut rontok dan berketombe. Daun sirsat memiliki kandungan bahan yang bersifat anti-parasit. Anda dapat mengoleskan daun sirsat ke kulit kepala untuk membantu melawan ketombe beserta gejala yang ditimbulkan, termasuk kulit kepala gatal dan kering.

Selain itu, tingginya kandungan vitamin C di dalamnya dapat membantu mencegah dan mengatasi rambut rontok. Jika Anda rajin mengonsumsi buah sirsat ini maka niscaya akan membntu menjadikan rambut Anda lebih sehat dan kuat. Bukan hanya itu, buah sirsat juga dapat mengatasi berbagai masalah kulit lainnya loh.

Nah, demikian tadi ulaan lengkap mengenai manfaat buah sirsak yang sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Setelah mengetahui beragam manfaat buah yang bentuknya menyerupai jantung ini, sebaiknya Anda pun mulai mengonsumsinya secara rutin untuk menjaga daya tahan tubuh Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *