7 Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Manfaat vitamin C untuk kesehatan
29/12/2020 0 Comments

Tubuh manusia membutuhkan asupan vitamin yang cukup agar tetap terjaga kesehatannya. Ada banyak jenis vitamin yang memiliki manfaat bagi tubuh, salah satunya vitamin C. Ada banyak manfaat vitamin C untuk kesehatan tubuh dan kulit yang mungkin belum Anda sadari.

Vitamin C memang sangat penting bagi tubuh, namun sayangnya tubuh manusia tidak bisa memprodukai vitamin C sendiri. Kandungan vitamin C bisa ditemukan pada sumbernya, seperti di dalam berbagai jenis sayuran, buah dan suplemen vitamin C. Apa saja sih manfaat vitamin C? Berikut tujuh manfaat vitamin C untuk kesehatan tubuh dan kulit.

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat vitamin C untuk kesehatan yang pertama, yaitu meningkatkan imunitas tubuh. Mengonsumsi vitamin C secara cukup, dapat membantu mengatasi kondisi tubuh yang melemah, seperti batuk, pilek dan rasa lelah. Hal tersebut karena vitamin C memiliki fungsi sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga tubuh terlindungi dari bahaya radikal bebas.

Vitamin C juga memproduksi interferon, yaitu protein yang berfungsi untuk melindungi sel dari serangan virus yang masuk ke dalam tubuh manusia. Selain itu, vitamin C berperan dalam penyerapa zat besi pada makanan. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh akan bekerja dengan baik untuk melindungi tubuh dari penyakit dan membantu proses penyembuhan luka.

2. Sebagai Antioksidan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa vitamin C berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan berperan sangat penting bagi tubuh manusia. Dalam beraktifitas, tubuh kita terkadang menghadapi berbagai bahaya radikal bebas, bahan kimia beracun serta polutan seperti asap rokok. Menumpuknya radikal bebas dalam tubuh, dapat mengakibatkan risiko penyakit jantung, kanker serta penuaan dini.

3. Memproduksi Kolagen

Manfaat vitamin C untuk kesehatan selanjutnya, yaitu memproduksi kolagen pada tubuh. Kolagen berfungsi membantu proses penyembuhan luka, mencegah keriput, memperlambat proses penuaan, mencerahkan kulit dan menjaga keremajaan kulit. Maka, penuhi asupan vitamin C setiap hari untuk mendapatkan tubuh serta kulit yang sehat.

4. Mengendalikan Tekanan Darah

Bedasarkan penelitian, vitamin C berfungsi mengendalikan tekanan darah pada tubuh. Tekanan darah tinggi bisa mengakibatkan risiko terkena penyakit jantung. Vitamin C juga bisa mencegah perubahan sel-sel yang melapisi pembuluh darah. Hal tersebut mencegah terjadinya serangan jantung.

5. Mencegah Kanker

Manfaat vitamin C untuk kesehatan berikutnya, yaitu mencegah kanker. Vitamin C mampu bekerja mengurangi kerusakan sel DNA yang merupakan langkah awal invasi sel kanker pada tubuh manusia. Selain itu, vitamin C juga bisa mengatasi perubahan inflamasi yang menyebabkan berkembangnya sel-sel ganas menjadi tumor yang berbahaya.

6. Mencegah Risiko Demensia

Manfaat vitamin C untuk kesehatan lainnya adalah mencegah risiko demensia dan mencegah fungsi otak. Demensia merupakan gejala kesulitan berpikir dan mengingat. Beberapa studi mengungkapkan bahwa penderita demensia mempunyai level vitamin C pada darah yang lebih rendah. Tingginya asupan vitamin C di dalam tubuh bisa melindungi kemampuan berpikir dan mengingat seiring dengan pertambahan usia.

7. Mengatasi Peradangan Kulit

Manfaat vitamin C, selain untuk kesehatan tubuh juga untuk kulit. Bukan hanya mengatasi penuaan dini, vitamin C juga berfungsi untuk mengatasi peradangan kulit. Peradangan kulit didasari beberapa kondisi, seperti psoriasis dan jerawat, dermatitis atopik, kekeringan dan gatal.

Baca Juga : 12 Jenis dan Khasiat Madu Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Nutrisi pada vitamin C memainkan peran penting bagi kesehatan kulit. Vitamin C biasanya digunakan untuk formulasi anti-inflamasi. Bahkan, khasiat vitamin C ini dapat melampaui kapasitasnya sebagai antioksidan inflamasi di dalam lingkungan patologis.

Kesimpulan

Nah, itulah tujuh manfaat vitamin C untuk kesehatan tubuh dan kulit. Anda bisa mendapatkan sumber vitamin C alami dari buah-buaban, seperti jeruk, kiwi, pepaya, nanas, mangga. Sumber vitamin C dari sayuran, seperti tomat, brokoli, cabai merah dan paprika. Sebagai pelengkap, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin C berupa tablet kunyah, pil, permen, tablet yang dilarutkan dalam air, maupun suntikan. Mengonsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen tersebut harus sesuai saran dari dokter.

Dosis suplemen vitamin C, dianjurkan yaitu 75 – 90 mg. Mengonsumsi dengan dosis 500 mg per hari dinilai aman. Namun, perlu Anda ketahui, kebutuhan vitamin C akan meningkat jika mengalami infeksi atau pasca pembedahan. Hal demikian karena tubuh sedang dalam proses penyembuhan.

Meskipun tubuh dalam kondisi sehat, Anda tetap dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin C setiap hari. Tubuh yang sehat tidak membutuhkan asupan vitamin C yang banyak. Maka, Anda harus mengonsumsi secukupnya saja untuk menjaga kesehatan tubuh. Tubuh yang terpenuhi asupan vitaminnya tidak akan mudah terserang virus dan penyakit.

Demikianlah pemaparan singkat mengenai manfaat vitamin C untuk kesehatan tubuh dan kulit. Jaga selalu kesehatan tubuh dan kulit dengan rutin mengonsumsi vitamin C. Konsumsi vitamin sesuai kebutuhan, karena mengonsumsi secara berlebihan akan membuat vitamin C yang berlebih dalam tubuh terbuang melalui air seni. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.