Inilah 7 Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik Kambuh

Ada beberapa cara untuk melakukan pertolongan pertama saat asam lambung naik kambuh dan bisa dilakukan di rumah saja, salah satunya dengan cara minum air putih hangat. Beberapa cara lain juga perlu dipertimbangkan meredakan asam lambung naik dan mencegahnya untuk tidak kambuh lagi.

pertolongan pertama saat asam lambung naik kambuh salah satunya dengan menegakan badan.

Dari sekian banyak cara sebagai bentuk pertolongan pertama saat asam lambung naik, kami mencoba merangkumnya menjadi 7 cara. Selain menegakan badan, tentunya juga dengan mengkonsumsi obat asam lambung yang tepat. Bagi Anda seorang perokok juga sebaiknya segera menghentikan kebiasaan merokok Anda karena bisa memicu asam lambung Anda kambuh.

Tanpa harus langsung pergi ke dokter, berikut beberapa cara melakukan pertolongan pertama saat asam lambung naik kambuh yang perlu Anda catat dan praktekan di rumah.

Apa Saja Langkah-langkah Yang Harus Dilakukan Saat Asam Lambung Naik?

Asam lambung naik merupakan suatu kondisi dimana asam lambung yang berada di perut kembali naik ke kerongkongan dan menimbulkan beberapa gejala seperti sensasi panas di dada, rasa asam di mulut, sulit menelan, sakit tenggorokan, sesaka nafas, batuk kering, serta mual bahkan muntah. Tentunya akan sangat mengganggu ketika asam lambung naik kambuh dan bisa mengganggu aktifitas Anda.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara untuk melakukan pertolongan pertama pada saat asam lambung naik yang mudah seperti berikut ini.

1. Berusaha Tetap Tenang

Hal yang wajar ketika seseorang tiba-tiba panik karena mengalami asam lambung naik yang tentunya membuat tidak nyaman di tenggorokan dan perut. Namun, bagaimanapun kita harus berusaha rileks ketika asam lambung kambuh karena stres bisa menyebabkan peningkatan produksi sekresi lambung dan bisa memperburuk keadaan.

Carilah tempat yang nyaman seperti sofa ataupun tempat tidur dan lakukan relaksasi agar otot-otot tidak tegang. Menurut Kazdin, A.E. (1994). Seorang Metodologi, desain, dan evaluasi dalam penelitian psikoterapi menyebutkan bahwa relaksasi dilakukan untuk mengembangkan perasaan rileks bagi penderita GERD / asam lambung naik. Setelah melakukan latihan relaksasi, diharapkan penderita dapat lebih rileks dan mempercepat penyembuhan tanpa seorang terapis sekalipun.

2. Minum Air Hangat

Minum air hangat diyakini dapat meringankan gejala asam lambung naik. Lakukanlah dengan perlahan seteguk demi seteguk dengan mengatur nafas. Hal ini juga sudah saya coba sendiri dan hasilnya memang cepat meringankan gejala asam lambung.

3. Posisi Tubuh Tetap Tegak

Tidak hanya sedang beraktifitas, terkadang asam lambung naik juga kambuh saat kita dalam posisi berbaring atau sedang rebahan. Cobalah untuk merubah posisi Anda dengan posisi duduk, hal ini dapat mengurangi tekanan pada otot kerongkongan bagian bawah Anda dan dapat meringankan gejalas asam lmbung naik yang sedang kambuh. Namun jika tidak memungkinkan, Anda cukup meninggikan bantal Anda sehingga posisi kepala dan pinggang berada lebih tinggi.

4. Melonggarkan Pakaian

Ketika asam lambung kambung, cobalah untuk melonggarkan pakaian seperti ikat pinggang, baju yang ketat atau apapun yang bisa membuat Anda sesak atau menekan lambung. Hal ini cukup penting saat Anda melakukan pertolongan pertama saat asam lambung naik kambuh karena beberapa kasus pakaian yang ketat ternyata bisa memicu tekanan pada lambung dan menyebabkan penyakit asam lambung Anda kambuh.

5. Mengunyah Permen Karet

Hal ini memang bisa dikatakan cukup unik bagi beberapa orang, namun faktanya penelitian pada 2014 membuktikan bahwa mengunyah permen karet dapat merangsang produksi air liur dan memperbaiki kondisi asam lambung naik. Produksi air liur yang banyak dapat mengencerkan dan membersihkan asam lambung dari kerongkongan.

6. Mengkonsumsi Minuman Herbal

Mengkonsumsi minuman seperti teh jahe, madu hangat dan sari cuka apel dipercaya mampu meringankan gejala asam lambung naik. Dan ini bisa menjadi opsi yang cukup baik juga bagi Anda yang ingin melakukan pertolongan pertama saat asam lambung naik kambuh. Karena minuman-minuman herbal ini sudah digunakan sejak zaman dahulu sebagai pengobatan tradisional turun temurun.

7. Mengkonsumsi Obat Asam Lambung Yang Tepat

Pertolongan pertama saat asam lambung naik kambuh selanjutnya yaitu mengkonsumsi obat asam lambung yang tepat. Saat ini banyak sekali obat asam lambung yang dijual dipasaran, namun Anda harus pandai untuk memilih karena selain kesehatan Anda lebih penting, Anda juga harus mengetahui bahwa setiap obat yang dijual mempunyai kandungan dan kualitas yang berbeda-beda.

Untuk mendapatkan produk yang tepat tentunya kita harus memahami beberapa poin seperti komposisi, legalitas, efek samping dan proses produksinya. Dan kami merkomendasikan produk Madu Herbal Lambung Sehat sebagai pilihan yang tepat. Mengapa harus produk ini? Mari kita simak alasannya.

Produk madu herbal lambung sehat sebagai pertolongan pertama saat asam lambung naik kambuh.

Alasan Mengapa Harus Memilih Madu Herbal Lambung Sehat

  • Madu Herbal Lambung Sehat mempunyai komposisi herbal berkhasiat yang lengkap antara lain Madu Murni, Sari Kurma, Ekstrak Gandum, Ekstrak Propolis, Minyak Habbatussauda, Ekstrak Kunyit, Ekstrak Temulawak, dan Ekstrak Kayu Manis yang mempunyai manfaat luar biasa untuk kesehatan lambung.
  • Madu Herbal Lambung Sehat sudah terdaftar di BPOM dengan nomor registrasi POM TR 213611811 sebagai produk legal dan tentunya halal.
  • Madu Herbal Lambung Sehat diformulasikan oleh Pakar Herbal yang berpengalaman lebih dari 20 tahun di bidang herbal.
  • Madu Herbal Lambung Sehat terbuat dari 100% herbal tanpa mengunakan kandungan bahan pengawet ataupun bahan tambahan kimia lainnya sehingga aman untuk dikonsumsi serta tidak ada efek sampingnya bagi tubuh walaupun dikonsumsi jangka panjang.
  • Madu Herbal Lambung Sehat tidak hanya berfungsi sebagai pertolongan pertama pada saat asam lambung naik kambuh saja, tapi juga memperbaiki kondisi lambung dan pencernaan yang bermasalah dalam jangka panjang sehingga tidak kambuh di kemudian hari.
  • Tingkat kecocokannya tinggi. Dalam 1 bulan pertama saja, RIBUAN konsumen sudah merasakan khasiat dari Madu Herbal Lambung Sehat dan RATUSAN diantaranya memberikan kesaksian positif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.