7 Ragam Manfaat Kacang Almond Efektif Untuk Diet

Siapa yang tak suka kacang almond. Rasanya yang enak sangat memanjakan lidah dengan ciri khas nya. Siapa yang sangka, selain rasanya yang enak, manfaat kacang almond sangat efektif untuk Anda yang sedang berniat melakukan diet loh.

Kacang almond sangat terkenal sekali di wilayah Amerika Serikat. Karena manfaat kacang almond yang bersifat sangat serba guna bagi kesehatan sel tubuh manusia.

Pohon almond hadir di California sekitar pertengahan 1700-an yang dibawa oleh Franciscan Padres. Dan California merupakan penghasil almond terbanyak hingga 83% dari negara penghasil almond diseluruh dunia. Hingga saat ini sudah ada 90 negara yang mengimpor almond California.

Cara penyimpanan kacang almond tidak bisa sembarangan. Karena kacang almond sangat peka terhadap bau makanan lain yang lebih menyengat. Penyimpanan kacang almond harus dalam keadaan dingin dan kering, serta jauh dari paparan langsung sinar matahari .

Ini Dia Beberapa Manfaat Kacang Almond Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Selain dari manfaatnya yang mengandung gizi yang kaya akan lemak sehat, antioksidan,  vitamin dan mineral. Kacang almond juga mempunyai beberapa manfaat kacang almond untuk kesehatan dan kecantikan, diantaranya sebagai berikut:

1. Mengandung Banyak Nutrisi

Kacang almond tersedia diberbagai pasar, baik itu baik itu pasar tradisional maupun modern. Kacang almond dijual dalam keadaan mentah ataupun matang. Tak hanya itu, kini tersedia juga dalam bentuk bahan makanan lain seperti susu almond, tepung almond, minyak dan mentega almond hingga pasta almond.

Nutrisi yang terkandung dalam 1 ons kacang almond sangat mengagumkan. Diantaranya mengandung serat 3,5gr, protein 6gr, 14gr lemak didalamnya menandung 9 jenis lemak tidak jenuh, vitamin E 37% dari RDI, Mangan 32% dari RDI, dan Magnesium 20% dari RDI. Kacang almond juga mengandung tembaga, vitamin B2 atau riboflavin dan fosfor.

2. Kacang Almond Penghasil Antioksidan Tinggi

Antioksidan yang terkandung dalam kacang almond terletak dilapisan kulit coklatnya. Sebagai sumber antioksidan yang penting. Jika Anda mengkonsumsi rutin kacang almond 2,5gr per hari, maka kadar stres oksidatif Anda akan menurun 27% dalam satu bulan.

Stres oksidatif merupakan salahsatu hal yang menyebabkan ketidakseimbangan Antara produksi radikal bebas. Ketidakseimbangan antara radikal bebas ini dapat merusak sel dan kemampuan tubuh dalam melawan hal berbahaya.

Manfaat kacang almond yang mengandung antioksidan tinggi ini adalah sebagai perlindungan untuk sel tubuh dalam menghadapi radikal bebas. Sehingga tubuh akan tetap terjaga kesehatannya.

3. Sebagai Pengontrol Gula Darah

Kacang almond yang rendah akan karbohidrat, cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Meskipun mengandung karbohidrat yang rendah, kacang almond kaya akan serat, lemak, protein dan juga magnesium.

Baca Juga : Wajib Tahu! Ini 8 Manfaat Jahe Merah Yang Jarang Diketahui

Magnesium merupakan mineral yang membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Kandungan magnesium yang terkadung dalam kacang almond dapat mencukupi setengah dari anjuran konsumsi harian untuk tubuh.

Jadi, manfaat kacang almond untuk penderita diabetes adalah memperbaiki kekurangan magnesium secara signifikan. Selain untuk mengurangi kadar gula darah, kacang almond pun berfungsi untuk meningkatkan insulin pada tubuh.

4. Penurun Tekanan Darah, Kolesterol Dan Jantung

Manfaat kacang almond sebagai penurun tekanan darah adalah dari kandungan magnesiumnya. Magnesium dipercaya mampu menurunkan tingkat tekanan darah. Dengan mengkonsumsi kacang almond secara rutin berati Anda telah memperbaiki kekurangan magnesium dalam tubuh.

Kadar kolesterol jahat atau lipoprotein LDL yang tinggi dapat memicu penyakit jantung. Diet yang tidak benar akan memengaruhi kadar LDL. Namun, dengan mengkonsumsi almond secara rutin dan benar akan membantu menurunkan kadar LDL secara efektif. Jadi manfaat kacang almond juga mampu menurunkan kolesterol jahat.

Manfaat kacang almond untuk kesehatan jantung sangat terbukti. Apabila tekanan darah Anda stabil, maka kinerja pembuluh darah semakin baik dan membuat pembuluh arteri Menjadi rileks. Maka dengan keadaan seperti itu, sudah dapat diartikan bahwa kinerja jantung Anda akan semakin baik dan sehat.

5. Membantu Menyehatkan Sistem Pencernaan

Almond merupakan prebiotik yang berfungsi sebagai makanan untuk bakteri yang baik dalam usus. Bakteri ini memberikan fungsi sebagai anti-peradangan, dan juga kekebalan dan kekuatan usus.

Jika Anda rutin mengkonsumsi kacangalmond dalam 8 minggu, maka susunan mikrobioma dalam usus Anda akan jauh lenih baik dan sehat. Hal ini mampu menurunkan bakteri patogen dan meningkatkan keanekaragaman bakteri baik. Bakteri baik ini berfungsi sebagai insulin, anti implamasi, regulasi kolesterol dan juga dalam hal pengelolaan berat badan.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat kacang almond salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan. Dengan mengkonsumsi kacang almond dapat mengurangi nafsu makan. Kandungan lemak sehat,  protein nabati dan kandungan serat pada kacang almond mampu mampu meningkatkan rasa kenyang.

7. Menjaga Kulit Tetap Sehat

Manfaat kacang almond untuk kecantikan adalah menjaga kesehatan kulit. Lemak baik yang terkandung dalam kacang almond mampu mengencangkan kulit. Jika Anda mengkonsumsi kacang almond secara rutin dan teratur sesuai takaran yang dibutuhkan tubuh, mampu mengurangi kerutan.

Pada dasarnya untuk tetap sehat dan cantik cukup lakukan pola hidup sehat saja. Salah satunya dengan mengkonsumsi kacang almond. Manfaat kacang almond untuk kesehatan sangat banyak sekali seperti yang telah disebutkan diatas. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memahami manfaat kacang almond untuk tubuh yaa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *