7 Ragam Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh, Bukan Mata Aja Loh

Wortel sebagai salah satu sayuran yang mengandung vitamin A dan diyakini dapat menjadi nutrisi mata. Ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mata saja. Beberapa manfaat wortel untuk kesehatan, tak lepas dari kandungan vitamin dan nutrisi lainnya yang sangat dibutuhkan tubuh.

Kandungan dan Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B, B6, K, kalium, karbohidrat, serat dan senyawa lainnya seperti karotenoid, likopen, lutein, likopen, anthocyanin beta karoten dan alpa karoten. Cara mengonsumsi wortel dapat dilakukan dengan cara memakannya secara langsung, merebus atau mengukusnya, atau bisa juga dijadikan jus. Adapun manfaat wortel untuk kesehatan adalah sebagai berikut.

1. Menjaga Kesehatan Jantung dan Menurunkan Kolesterol

Manfaat wortel untuk kesehatan yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan vitamin A, kalsium, beta karoten, fosfor dan hidra arang adalah kandungan zat yang mampu memberi perlindungan bagi kesehatan jantung. Tak hanya itu, kandungan tersebut mampu menurunkan tekanan darah dan menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Dalam hal menurunkan kolesterol, sebuah penelitian di Harvard University menjelaskan bahwa apabila seseorang mengonsumsi wortel sebanyak 6 buah selama 1 minggu berturut-turut, hal itu ternyata sudah cukup untuk membuat kadar kolesterol jahat dalam tubuhnya menurun.

2. Mengurangi Risiko Kanker Payudara dan Menangkal Radikal Bebas

Sebuah penelitian di Harvard University menyatakan bahwa jika sesseorang mengonsumsi makanan dengan kandungan beta karoten yang tinggi, maka orang tersebut akan memiliki peluang sebanyak 17% untuk menurunkan risiko terkena knker payudara. Dan beta karoten dengan kandungan yang cukup  tinggi hanya ada pada wortel.

Selain itu, kandungan antioksidan yang cukup tinggi, membuat wortel mampu menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit kanker atau penyakit berbahaya lainnya.

3. Sebagai Penyembuh Luka dan Masalah Kulit Lainnya

Vitamin A juga tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan mata, tetapi juga dapat menyembuhkan luka. Vitamin A juga dapat mengurangi peradangan pada kulit.   Dengan beragam kandungan vitamin dan mineralnya, ekstrak wortel juga memiliki efek yang setara dengan obat-obatan, seperti ibuprofen, naproxn, aspirin dan celecoxib.

Baca Juga : Yuk, Cari Tahu Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan

Jika Anda punya masalah kulit yang berminyak dan berjerawat, wortel dapat menjadi solusinya. Manfaat wortel untuk kesehatan kulit memang tak diragukan lagi, dengan melakukan perawatan rutin menggunakan masker wortel, kesehatan kulit wajah akan selalu terjaga, bersih bersinar dan kadar minyak pada kulit pun dapat terkontrol dengan baik.

Beberapa resep untuk menjaga kesehatan kulit wajah Anda dengan menggunakan wortel akan dibahas berikut ini.

  • Menyamarkan flek hitam : campurkan jus wortel dengan olive oil dan madu, oles merata ke seluruh wajah, diamkan selama 20 menit lalu bilas.
  • Relaksasi kulit : blender wortel hingga berbentuk pasta, tambahkan dengan air mawar, lalu masukkan ke botol semprot.
  • Regenerasi sel kulit mati : haluskan wortel, bisa dengan diparut atau dibuat pasta kemudian oleskan ke seluruh bagian wajah, lakukan 2 kali dalam seminggu.
  • Atasi kulit kering : campurkan pasta wortel dengan mentimun, lalu tambahkan sour cream, aduk hingga rata, oleskan ke seluruh bagian wajah. Diamkan lima belas menit, lalu bilas dengan air hangat.

4. Menjaga Kesehatan Otak dan Mulut

Manfaat wortel untuk kesehatan lainnya adalah dapat menjaga kesehatan otak. Karena semua sayuran dari jenis umbi akar, termasuk wortel dapat secara otomatis meningkatkan kemampuan berpikir seseorang dan memperbaiki daya ingatnya.

Sedangkan cara terbaik untuk mencegah gigi berlubang adalah dengan mengonsumsi wortel setelah makan. Karena wortel dipercaya mampu membersihkan gigi dan meningkatkan produksi air liur.

5. Meningkatkan Daya Tahan dan Metabolisme Tubuh

Manfaat wortel untuk kesehatan selanjutnya adalah meningkatkan daya tahan dan metabolisme tubuh. Sejumlah peneliti mengakui bahwa mengonsumsi sup wortel dengan dicampur bubuk ketumbar dapat membuat pertahanan tubuh terhadap virus menjadi lebih kuat.

Sedangkan untuk meningkatkan metabolisme tubuh seseorang harus rajin mengonsumsi jus wortel karena jus wortel mampu meningkatkan energi dalam tubuh sehingga metabolisme tubuh pun menjadi semakin meningkat. Secara teori vitamin B pada wortel dapat memecah glukosa, protein dan lemak. Vitamin B juga memastikan energi yang keluar dapat digunakan secara efesien oleh tubuh.

6. Mengurangi Risiko Penyakit Leukimia

Manfaat wortel untuk kesehatan yang keenam adalah adalah mengurangi risiko penyakit leukemia. Berdasarkan sebuah studi konsumsi jus wortel setiap hari dapat menghambat perkembangan dari produksi sel darah putih abnormal yang menjadi penyebab dari penyakit leukimia.

7. Mencegah Konstipasi

Apa itu konstipasi? Konstipasi adalah kondisi di mana seseorang mengalami masalah buang air besar yang tidak lancar, atau hanya terjadi kurang dari 3 kali dalam seminggu.Dengan mengonsumsi wortel yang mengandung serat larut dan serat tak larut, seperti lignin, selulosa dan hemiselulosa. Hal itu akan menurunkan risiko konstipasi, sehingga buang air besar kembali lancar.

Demikian 7 manfaat wortel untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga dapat menjadi bahan referensi dan tambahan pengetahuan. Jangan malas mengonsumsi wortel ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *