7 Ragam Obat Asam Urat Alami Di Sekitar Kita

obat alami asam urat
08/01/2021 0 Comments

Semakin bertambahnya usia, semakin banyak pula keluhan yang dialami seseorang. Mulai dari penyakit yang ringan hingga keluhan yang memberatkan, salah satunya penyakit asam urat. Penyakit asam urat ini sekarang tidak hanya menyerang orang tua namun juga mulai menyerang kalangan muda. Memang untuk mengurangi keluhan tersebut bisa diatasi dengan meminum obat dari dokter. Namun ternyata ada obat asam urat alami yang terdapat disekitar kita.

Obat Asam Urat Alami Yang Ada Di Sekeliling Kita

Sudah diketahui bahwa dampak jangka panjang dari konsumsi obat yaitu memperberat kinerja ginjal. Oleh karenanya sebaiknya mengurangi obat kimia jika memang tidak dalam keadaan yang mendesak. Keluhan yang dikarenakan asam urat memang sangat mengganggu, sehingga membuat orang tak tahan jika tidak minum obat. Namun ternyata banyak alternatif obat asam urat alami yang berada di sekitar kita dan mudah untuk di dapatkan.

1. Minum Air Putih

Cara yang paling gampang dan mudah didapat untuk mengatasi asam urat yaitu dengan minum air putih yang banyak. Kita ketahui bahwa air putih ini banyak manfaatnya bagi kesehatan. Salah satu manfaatnya yaitu dapat membantu pembuangan asam urat dalam tubuh melalui urine. Semakin banyak minum air putih, maka akan sering pula buang air kecil. Diharapkan kelebihan asam urat di dalam tubuh juga akan larut bersama urine yang semakin banyak dikeluarkan.

2. Obat Asam Urat Alami Dari Rempah Jahe

Rempah jahe ternyata bisa dijadikan sebagai obat asam urat alami. Memang sudah bukan rahasia lagi, bahwa rempah yang satu ini merupakan rempah denga sejuta khasiat. Salah satu manfaat mengkonsumsi jahe yaitu dapat meredakan gejala asam urat. Anda dapat mendapatkan khasiat jahe ini dengan cara meminum ramuan jahe.

Caranya adalah masak jahe sebesar ruas kelingking orang dewasa. Bisa juga menggunakan jahe bubuk sebanyak dua sendok teh. Kemudian masak jahe kurang lebih sepuluh menit, minum secara teratur ramuan tersebut sebanyak tiga gelas setiap hari.

Baca Juga : Yuk Cari Tahu 9 Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan

Ramuan ini juga bisa ditempelkan pada bagian tubuh yang terasa sakit. Caranya yaitu dengan rendam waslap dengan rebusan air jahe, kemudia tunggu hingga dingin. Jika sudah dingin tempelkan waslap tersebut pada bagian yang sakit. Lakukan treatment tersebut sehari sekali selama lima belas hingga ti ga puluh menit saja.

3. Tanaman Seledri

Obat asam urat alami lainnya bisa denga menggunakan seledri, baik daun maupun bijinya. Cara memanfaatkannya yaitu dengan membuat seledri menjadi jus dan kemudian diminum. Untuk konsumsi rutin daun seledri juga bisa dimasukkan ke dalam masakan, selain menambah cita rasa, juga bisa sebagai upaya pencegahan.

4. Lemon Juice Dengan Campuran Cuka Apel Dan Kunyit

Cara membuat obat asam urat alami juga bisa dengan mengguanakan jus lemon dan campuran cuka apel dan kunyit. Cukup tambahkan cuka apel  1 sendok teh dan kunyit 2 sendok teh. Minum ramuan jus tersebut sebanyak dua atau tiga kali sehari. Ramuan tersebut bisa diganti dengan minum air hangat yang dicampur dengan perasan air lemon, cuka apel dan kunyit.

5. Ramuan Jelatang

Jelatang merupakan tumbuhan yang terdapat di Bengkulu Selatan. Tanaman jelatang bisa diolah menjadi obat asam urat alami. Untuk memanfaatkan jelatang sebagai obat, maka harus mengolahnya menjad teh terlebih dahulu. Caranya yaitu jelatang ini dikeringkan terlebih dahulu seperti mengeringkan daun teh.

Anda bisa rebus daun jelatang kering sejumlah dua sendok teh bersama satu cangkir air sampai mendidih. Minum ramuan ini satu cangkir tiga kali sehari, dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan yang dikaenakan kelebihan asam urat.

6. Berendam Dengan Garam Epsom

Berendam dengan garam epsom juga bisa dijadikan sebagai pereda sakit yang diakibatkan karena asam urat. Anda bisa campurkan dua cangkir garam epson pada air mandi, kemudian gunakan untuk berendam. Jika tidak mempunyai bak mandi, Anda bisa merendam bagian tubuh yang terasa sakit saja. Lakukan dengan rutin sebagai upaya pencegahan terhadap timbulnya asam urat.

7. Buah Kersen

Semua pasti sudah tahu buah kersen, ada beberapa tempat yang menyebutnya buah talok, ada juga yang menyebutnya buah ceri. Buah kersen juga dapat dijadikan sebagai obat untuk meredakan keluhan akibat asam urat. Anda bisa mengkonsumsi buah kersen ini secara rutin agar asam urat bisa kembali normal. Tapi ternyata bukan hanya buahnya saja loh, daun dari tanaman ini juga bisa dimanfaatkan.

Cara mengolah daun kersen tersebut yaitu dengan merebusnya sampai mendidih. setelah itu, dinginkan aii rebusa itu. Tunggu hingga dingin baru minum perlahan. Untuk mendapatkan khasiatnya Anda harus meminumnya secara rutin.

Ternyatabanyak obat asam urat alami yang terdapat di sekeliling kita ya. Bagi Anda yang memiliki asam urat, Anda bisa mencoba salah satu resep di atas di rumah. Jangan lupa juga untuk banyak mengkonsumsi buah-buahan dan juga vitamin C ya. Karena vitamin C juga bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.