Pasti Ampuh! Ini 9 Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan

Salah satu organ penting dalam tubuh adalah sistem pencernaan. Inilah mengapa sangat penting bagi Anda untuk selalu menerapkan cara menjaga kesehatan pencernaan yang akan dibahas dalam artikel ini. Diantara organ-organ pencernaan yaitu mulut, faring, esophagus, lambung, usus halus, dan usus besar. Gaya hidup modern dan pilihan asupan makanan sehari-hari dapat mempengaruhi organ-organ ini.

Sistem pencernaan yang sehat dapat mengoptimalkan fungsi daya tahan tubuh dan alergi dengan baik. Selain itu, otak juga akan meningkatkan suasana hati dan metabolisme tubuh. Selain itu pencernaan yang buruk juga dapat mengundang berbagai masalah kesehatan yang serius. Oleh karena itu simak cara menjaga kesehatan pencernaan berikut ini.

9 Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan Yang Ampuh

Apakah Anda pernah mengalami gangguan pencernaan seperti sakit perut, diare, mulas, sembelit dan mual? Sesekali mungkin masih dalam tahap wajar karena pola makan yang salah. Namun tentunya Anda harus mulai memperhatikan kesehatan pencernaan Anda jika hal tersebut sering kali terjadi. Sebaiknya Anda mulai menerapkan 9 cara menjaga kesehatan pencernaan di bawah ini.

1. Mengonsumsi Makanan Tinggi Serat

Sejak lama, makanan yang tinggi serat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian terkenal ampuh untuk meningkatkan kesehatan pencernaan Anda. Selai itu makanan tingi serat juga dapat membantu mencegah dan mengobati berbagai gangguan pencernaan. Misalnya seperti sindrom iritasi usus besar, diverticulosis, wasir, hingga membantu mempertahankan berat badan yang ideal.

2. Mengonsumsi Prebiotik Dan Probiotik

Prebiotik merupakan sumber makanan bagi pertumbuhan mikroorganisme baik dalam sistem pencernaan. Prebiotik juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan berpotensi meningkatkan penyerapan kalsium. Sementara probiotik adalah mikroorganisme yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh mengurangi reaksi alergi, menghambat penyerapan dan lemak jahat.

Baca Juga : 10 Penyebab Penyakit Stroke Dan Cara Mencegahnya

Adapun makanan yang mengandung prebiotik yang tinggi di antaranya adalah oats, pisang, asparagus, buah berry, bawang merah dan bawang putih. Sedangkan makanan sumber probiotik  seperti produk fermentasi susu atau produk dairy seperti yogurt, coklat dan sereal. Selain itu Anda juga dapat mengonsumsi kefir, kimchi, sauerkraut, dan sayur yang diasamkan lainnya.

3. Membatasi Makanan Yang Berlemak

Cara menjaga kesehatan pencernaan selanjutnya adalah dengan membatasi asupan makanan yang mengandung tinggi lemak. Misalnya seperti kentang goreng, ayam goreng cepat saji, daging sapi berlemak, gorengan, makanan olahan, dan lain sebagainya. Hal ini karena makanan berlemak dapat menyebabkan konstipasi atau sembelit yang tentunya akan mengganggu kesehatan pencernaan Anda.

4. Mengubah Gaya Hidup Yang Tidak sehat

Seperti yang disebutkan sebelumnya, gaya hidup modern saat ini cenderung tidak sehat dan dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan. Selain itu, kebiasaan merokok, juga mengonsumsi minuman beralkohol juga tentunya dapat meningkatkan resiko berbagai penyakit serius. Karenanya salah satu cara untuk menjaga kesehatan pencernaan yaitu dengan mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat.

5. Jangan Melewatkan Sarapan Dan Hindari Makan Saat Tengah Malam

Sarapan memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Seperti memberikan energi untuk menjalani aktivitas di pagi hari, dan dapat membuat Anda mencegah perilaku makan yang tak terkontrol. Selain itu sebaiknya Anda juga menghindari makan saat tengah malam. Hal ini dikarenakan saat malam hari tubuh akan lambat untuk memroses makanan, sehingga akan menimbulkan asam lambung yang berlebihan.

6. Olahraga Yang Teratur

Penerapan pola hidup sehat harus selalu diimbangi dengan olahraga yang teratur. Rajin berolahraga akan menjadi aktivitas yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk kesehatan pencernaan. Karena berolahraga secara teratur dan konsisten, dapat membantu proses pencernaan menjadi lebih lancar juga mencegah sembelit. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti jogging, bersepeda atau berjalan santai.

7. Istirahat Yang Cukup

Cara menjaga kesehatan pencernaan selanjutnya adalah dengan istirahat yang cukup dan mengubah kebiasaan begadang. Hal ini karena kebiasaan begadang dapat menganggu sistem metabolisme dan imun tubuh. Selain itu kebiasaan ini juga dapat meningkatkan resiko penyakit tukak pencernaan yang diakibatkan luka terbuka pada dinding lambung atau usus dua belas jari.

8. Menjaga Kebersihan

Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan baik itu makanan yang Anda konsumsi, peralatan makan yang Anda gunakan, hingga kebersihan diri sendiri. Pastikan juga tangan Anda selalu bersih saat hendak makan. Karenanya pastikan Anda selalu mencuci tangan secara teratur.

9. Menghindari Perasaan Cemas Dan Stress Yang Berlebihan

Perasaan cemas dan stress yang berlebihan akan berakibat buruk pada organ pencernaan. Hal ini karena perasaan cemas dan stress dapat memicu produksi asam lambung yang berlebihan. Maka dari itu sangat penting bagi Anda untuk mengelola rasa stress yang muncul dengan benar. Jaga diri, agar tidak terlalu terbebani banyak pikiran yang memberatkan dan menganggu kesehatan Anda.

Lakukan 9 cara menjaga kesehatan pencernaan di atas agar organ pencernaan Anda dapat selalu bekerja dalam kondisi yang prima. Jangan sampai Anda terserang berbagai penyakit yang menganggu pencernaan karena tidak pernah memperhatikannya. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *