Beginilah 6 Cara Menjaga Kesehatan Telinga Yang Benar

Sebagian besar orang tidak mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan telinga dengan baik dan benar. Bahkan, banyak yang sering mengabaikannya. Padahal, kebersihan dan kesehatan telinga yang tidak dijaga dengan baik, akan menyebabkan terjadinya gangguan keseimbangan dan pendengaran.

Telinga merupakan salah satu organ penting bagi manusia. Dengan telinga kita bisa belajar sesuatu dan mendengar. Jika kita tidak bisa menjaga organ pendengaran ini dengan baik maka akan menyebabkan dampak negatif. Kemampuan pendengaran bisa menurun, bahkan bisa terjadi kehilangan pendengaran yang mengakibatkan terganggunya aktivitas sehari-hari.

Agar masalah-masalah yang bisa megakibatkan kerusakan organ telinga bisa dicegah, kita harus menjaga kesehatan telinga dengan baik dan benar. Cara menjaga kesehatan telinga bisa dimulai dari aktivitas kita sehari-hari. Kita simak yuk ulasan lengkapnya.

Cara Menjaga Kesehatan Telinga Dengan Benar

Telinga merupakan salah satu panca indera yang kita miliki. Sama halnya dengan mata, telinga akan mengalami penurunan kemampuan pendengaran seriring dengan bertambahnya usia kita. Untuk itu, kita dianjurkan untuk menjaga kesehatan telinga sedini mungkin, dimulai dari sekarang. Untuk menjaga kesehatan telinga kita bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Bersihkan Telinga Dengan Cara Yang Benar

Kita sering merasa membersihkan telinga menggunakan cotton bud secara rutin merupakan salah satu cara menjaga kesehatan telinga yang benar. Namun, justru kita tidak dianjurkan memasukkan suatu benda ke dalam telinga termasuk cotton bud untuk membersihkannya. Menggunakan cotton bud justru beresiko mendorong kotoran masuk ke dalam telinga.

Selain itu, organ sensitif di dalam telinga, seperti gendang telinga beresiko rusak saat kita memasukkan sesuatu ke dalam rongga telinga. Lalu, seperti apa cara membersihkan telinga yang benar? Ternyata, telinga adalah organ yang mampu membersihkan dirinya sendiri.

Di dalam telinga terdapat cairan seperti lilin yang berfungsi untuk mencegah masuknya debu dan partikel berbahaya lain ke dalamnya. Jika kita mempunyai kelebihan cairan ini dan kotoran telinga terlihat di rongga telinga, bisa kita bersihkan menggunakan handuk yang lembut. Atau, kita bisa membersihkan telinga menggunakan alat khusus dengan bantuan dokter.

2. Lindungi Telinga Dari Suara Keras

Telinga yang berfungsi untuk mengengar, memiliki kapasitas kemampuan untuk mendengarkan suara. Tidak semua suara aman untuk didengar oleh telinga. Terlalu sering mendengarkan suara keras dapat membuat kemampuan organ pendengaran kita menurun. Oleh karena itu, melindungi telinga termasuk cara menjaga kesehatan telinga yang benar.

Suara keras bisa bersumber dari berbagai hal, seperti suara musik yang kita dengarkan atau dari lingkungan kerja kita dan lain sebagainya. Jika sumber suara keras berasal dari lingkungan kerja kita seperti suara mesin pemotong atau alat-alat lain sebaiknya gunakan pelindung telinga.

Jangan mendengarkan dua suara keras dalam waktu yang bersamaan, karena bisa merusak pendengaran kita. Misalnya, kita membesarkan volume televisi saat ada orang yang membersihkan rumah menggunakan vacuum cleaner yang menimbulkan suara keras. Saat mendatangi tempat yang memutar musik dengan suara keras atau menonton konser, sebaiknya gunakan penyumbat telinga.

3. Berikan Waktu Istirahat Bagi Telinga

Memberikan waktu istirahat bagi telinga juga termasuk salah satu cara penting untuk menjaga kesehatan. Saat berada di tempat yang ingar-bingar oleh kerasnya suara musik, sesekali kita harus keluar ruangan selama 5 menit untuk mengistirahatkan telinga. Para ahli menyatakan bahwa untuk memulihkan telinga kita yang semalaman terpapar suara musik yang keras dibutuhkan waktu sekitar 16 jam.

4. Minum Obat Sesuai Petunjuk

Obat-obatan tertentu apabila dikonsumsi secara belebihan terkadang menyebabkan gangguan pendengaran. Obat antiinflamasi non-steroid (NSAID) seperti naproxen, ibuprofen dan aspirin, merupakan beberapa contoh obat yang dapat menimbulkan gangguan organ pendengaran. Sebelum mengonsumsi obat-obat tersebut, diskusikan dengan dokter dan meminumnya hanya sesuai petunjuk saja.

5. Jaga Agar Telinga Agar Tetap Kering

Menjaga telinga kita untuk tetap kering sangat bagus untuk kesehatan telinga. Sebab telinga yang basah dengan kelembaban yang berlebihan memungkinkan bakteri masuk ke rongga telinga dan bisa menyebabkan infeksi. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga telinga agar tetap kering.

Baca Juga : 9 Cara Diet Tanpa Olahraga Yang Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan

Jika memiliki hobi berenang, sebaiknya gunakan penyumbat telinga saat berenang. Alat ini dapat mencegah air masuk ke dalam rongga telinga dan baik digunakan untuk anak-anak maupun orang dewasa. Jangan lupa, untuk mengeringkan telinga setiap kali habis mandi dan berenang menggunakan handuk kering dan lembut.

6. Lakukan Pemeriksaan Telinga Secara Rutin Ke Dokter

Cara menjaga kesehatan telinga yang paling utama adalah dengan melakukan pemeriksaan rutin ke dokter, terlebih bagi yang sudah berusia tua. Gangguan pendengaran berkembang secara bertahap, untuk itu disarankan untuk melakukan pemeriksaan organ pendengaran setiap tahun. Dengan begitu kita dapat mengetahui adanya gangguan sejak dini dan segera mendapatkan penanganan.

Apabila telinga mengalami gangguan bahkan sampai terjadi kehilangan pendengaran, maka akan sangat sulit di obati. Untuk itu, lebih baik kita melakukan pencegahan dengan cara menjaga kesehatan telinga dengan benar. Jangan tunda lagi! Mulai sekarang jaga kebersihan dan kesehatan telinga kita, agar terhindar dari gangguan pendengaran yang berakibat terganggunya kehidupan sosial kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *