9 Cara Diet Tanpa Olahraga Yang Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan

Setiap orang ingin memiliki tubuh ideal, terutama kaum wanita. Berbagai cara ditempuh untuk mendapatkannya. Diet secara disiplin dan olahraga mati-matian pun rela dilakukan. Namun, banyak yang berhenti di tengah jalan karena tidak sanggup memenuhi target olahraga yang berat. Tak heran jika banyak orang yang mencari cara diet tanpa olahraga.

Perjuangan mengurangi lemak tubuh dengan berolahraga memang sangat berat. Terkadang kita merasa energi sudah terkuras habis, tetapi berat badan tak kunjung turun. Jika ada cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang melelahkan dan memakan waktu, Anda tentu tertarik untuk mencobanya bukan?

Bagaimana Cara Diet Tanpa Olahraga Yang Efektif Turunkan Berat Badan?

Olahraga rutin mungkin bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Namun, bagi Anda yang tidak punya waktu untuk melakukannya, membuat komitmen untuk berolahraga secara teratur sulit terwujud. untuk itu, ada beberapa cara diet tanpa olahraga yang bisa Anda coba untuk menurunkan berat badan.

1. Mengunyah Makanan Pelan-pelan

Otak manusia butuh waktu untuk memproses apa yang kita kerjakan. Begitu juga ketika makan, otak harus memproses sebelum mengirim sinyal merasa cukup atau kenyang. Mengunyah makanan secara perlahan, merasakan kemudian menelannya dapat menyadarkan bahwa Anda sedang makan. Hal ini dapat meningkatkan rasa kenyang dan Anda merasa cukup dengan porsi kecil.

2. Menggunakan Piring Kecil

Gunakan piring atau wadah makanan berukuran kecil saat makan. Piring yang kecil membuat makanan terlihat lebih banyak, otak pun akan menangkapnya seolah-olah Anda mengambil banyak makanan. Sedangkan piring besar mengirim sinyal ke otak kalau makanan yang Anda ambil sedikit. Hal inilah, yang sering membuat Anda selalu ingin nambah dan nambah lagi.

3. Konsumsi Banyak Protein

Protein memiliki efek dahsyat terhadap nafsu makan. Protein bisa meminimalisir rasa lapar, memberikan rasa kenyang dan membantu mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Sebab protein berpengaruh terhadap hormon ghrelin dan GLP-1, yaitu hormon yang mestimulasi rasa kenyang. Anda bisa mendapatkan protein antara lain dari telur, dada ayam, ikan dan kacang almond.

4. Jauhkan Makanan Tidak Sehat Dari Pandangan

Menjauhkan makanan tidak sehat termasuk salah satu cara diet tanpa olahraga yang perlu dilakukan. Sebab, jika makanan tidak sehat terlihat di sekitar Anda maka akan sulit menahan hasrat untuk tidak memakannya. Seringkali kita menaruh makanan tinggi kalori yang menggiurkan di tempat terbuka dan mudah dijangkau. Sekarang saatnya Anda menggantinya dengan buah-buahan.

Baca Juga : Faktor Penyebab Diabetes Mellitus Yang Perlu Anda Tahu

5. Makan Makanan Yang Mengandung Banyak Serat

Cara diet tanpa melakukan olahragayang efektif adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, antara lain kacang-kacangan, gandum dan buah. Sifat serat yang menjadi gel saat bertemu air, sangat membantu menurunkan berat badan. Gel yang memenuhi lambung ini membutuhkan waktu lama untuk diserap tubuh, sehingga bisa menahan rasa lapar lebih lama.

6. Banyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan, termasuk untuk membantu menurunkan berat badan. Sebuah studi menyebutkan, minum air putih sebelum makan dapat menurunkan nafsu makan. Hal ini efektif untuk mengontrol porsi makan dan membuat anda memakan lebih sedikit kalori. Sebaliknya apabila tubuh mengalami dehidrasi akan memicu rasa lapar.

7. Hindari Makan Sambil Melakukan Hal Lain

Salah satu tips cara diet tanpa olahraga adalah konsentrasi penuh saat makan. Tidak memikirkan atau melakukan pekerjaan lain saat makan terbukti mampu mengurangi porsi makanan yang Anda makan. Orang yang makan sambil bekerja di depan komputer, ponsel ataupun menonton televisi cenderung mengabaikan apa yang dimakan. Sehingga porsi makan jadi lebih banyak.

8. Jaga Pola Tidur Dan Hindari Stres

Ketika Anda kurang tidur, dapat membuat hormon ghrelin dan leptin menjadi tertanggu. Kedua hormon tersebut adalah hormon yang mengatur nafsu makan. Sedangkan saat stres, produksi hormon kortisol akan meningkat tajam, sehingga mengganggu kinerja hormon lain. Hal ini menyebabkan meningkatnya rasa lapar dan keinginan makan makanan yang tidak sehat.

9. Aktif Bergerak

Melakukan Cara diet tanpa olahraga untuk menurunkan berat badan bukan berarti Anda tidak bergerak sama sekali. Anda bisa melakukan pergerakan dengan membersihkan rumah, jalan-jalan bahkan dengan naik turun tangga. Menyalakan musik saat beraktivitas bisa menambah semangat dan menikmati pergerakan Anda.

Selain itu Anda bisa membeli makanan dan keperluan lain sendiri, tanpa meminta bantuan orang lain. Dengan membawa barang belanjaan sendiri, bisa menjadi gerakan ringan yang dapat membakar kalori tanpa Anda sadari. Pilihlah tempat parkir yang sedikit lebih jauh. Begitu pula jika Anda akan naik ke lantai terdekat dari sebuah gedung gunakan tangga sebagai alternatif.

Demikian tadi cara diet tanpa olahraga yang terbukti efektif untuk menurunkan berat badan. Memperoleh berat badan ideal tidak bisa dengan cara instan, semua butuh proses dan konsisten untuk meraih hasil yang diinginkan. Lakukan beberapa tips di atas dan nikmati prosesnya. selamat mencoba, semoga bermanfaat dan memperoleh hasil terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *