Cara Mengkonsumsi Vitamin C yang Aman Bagi Lambung

Saat pandemi, kebutuhan makanan penambah imun tubuh jadi semakin meningkat. Makanan penambah imun bisa berasal dari buah-buahan, sayuran, atau suplemen yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Akan tetapi, penambah imun ini tidak bisa dikonsumsi sembarangan sehingga Anda perlu mengetahui cara mengkonsumsi vitamin C yang aman agar asam lambung tidak kumat. 

Vitamin C termasuk salah satu jenis nutrisi penambah imun yang bersifat antioksidan, ia bekerja melindungi sel-sel tubuh dari ancaman radikal bebas. Banyak orang berpendapat bahwa senyawa ini bisa menyebabkan asam lambung naik dan perut terasa perih. Berikut ini adalah kiat-kiat agar Anda bisa tetap mengkonsumsi penambah imun tanpa perlu mengkhawatirkan lambung lagi. 

Cara Mengkonsumsi Vitamin C 

Asam askorbat adalah nama ilmiah dari vitamin C. Karena bersifat asam, tentu saja senyawa ini bisa memicu asam lambung naik jika dikonsumsi dalam dosis tinggi. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mengkonsumsinya! 

Konsumsi dengan Dosis Rendah

Tubuh manusia dapat menyerap vitamin C sebanyak 1.000 mg untuk memenuhi kebutuhan harian. Apabila Anda memiliki keluhan asam lambung dan maag kronis, kami sarankan untuk mengkonsumsi vitamin C dosis rendah terlebih dulu, misalnya 250 mg per hari. Apabila tidak terjadi perih di perut atau tanda-tanda asam lambung naik, maka Anda bisa menambah kadarnya perlahan-lahan menjadi 500 mg, 750 mg, dan seterusnya.

Minum Vitamin C Sesudah Makan

Selain dosis rendah, cara mengkonsumsi vitamin C yang aman bisa berhasil di waktu yang tepat yaitu sesudah makan. Karena bersifat asam, maka Anda tidak boleh mengkonsumsi vitamin penambah imun ini di saat perut kosong. Tentu saja Anda harus memiliki jadwal makan yang teratur agar bisa mengkonsumsi suplemen sesudahnya. 

HIndari Minuman Soda

Beberapa produk vitamin C menambahkan soda yang bisa menjaga kandungan di dalamnya lebih awet. Soda yang digunakan biasanya sodium bikarbonat, sodium sitrat, dan sodium fosfat. Menurut Ahli Gizi Ramayulis, fosfat bisa mendorong kalsium keluar dan mempengaruhi kepadatan tulang. 

Bagi sebagian orang, soda bisa menyebabkan perut kembung, sembelit, diare, dan tubuh terasa lemas. Cara mengkonsumsi vitamin C yang aman adalah dengan memilih sumber alami tanpa bahan pengawet atau tambahan soda, sehingga asam lambung pun tidak kumat.

Rekomendasi Produk untuk Penderita Asam Lambung dan Maag Kronis

Untuk menjaga kesehatan lambung dan meningkatkan nafsu makan, kita bisa mengimbangi nutrisi harian dengan mengkonsumsi produk-produk berikut. 

Kurmaqu – Madu Sari Kurma Rp 55.000

Madu dan kurma mengandung karbohidrat ringan yang mudah dicerna oleh tubuh dan aman bagi penderita asam lambung maupun diabetes. Hal ini karena jenis glukosa pada sari kurma tergolong mudah terbakar menjadi energi. Rasa manis alami dari produk ini dapat menetralisir asam lambung dan mengendalikan nafsu makan, cocok bagi Anda yang sedang menerapkan pola makan sehat.

Propolis SM – Propolis Brazil Terbaik Rp 85.000

Tahukah Anda? Propolis terbaik berasal dari Brazil karena memiliki kandungan antioksidan lebih banyak dari propolis lainnya. Kandungan satu tetes propolis setara dengan 500 buah jeruk, sehingga kita bisa mendapatkan pasokan vitamin C dan mineral. Cara mengkonsumsi vitamin C yang aman salah satunya dengan melarutkan Propolis SM 3-4 tetes ke dalam 200 ml air hangat.

QNC Jelly Gamat Emas – Ekstrak Teripang Rp 180.000

Teripang merupakan hewan laut yang memiliki kemampuan regenerasi sel, sehingga dijadikan pengobatan tradisional sejak zaman dulu. Salah satu khasiat teripang yang terkenal adalah menjaga kesehatan lambung. Konsumsi produk ini dengan dosis 2 sendok sebelum makan sebanyak tiga kali sehari. Untuk mencegah asam lambung kumat, konsumsi 2 sendok satu kali saja. 

Keloreena – Ekstrak Daun Kelor 100 Kapsul Rp 155.000

Menurut penelitian, daun kelor (Moringa oleifera) mengandung jenis antioksidan yang bisa menangkal virus dan bakteri. Mengkonsumsi Keloreena dapat menambah imun, meningkatkan kekebalan, dan mencegah terjadinya komplikasi. Aturan minum 2 kapsul dua kali sehari setelah makan. Keloreena juga bisa mempermudah Anda dan pasangan untuk mendapatkan keturunan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.