Yuk, Cari Tahu Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan

Daun kenikir sering dikonsumsi sebagai lalapan maupun tumisan. Memiliki nama latin cosmos caudatus yang sudah dikenal dengan segudang manfaat untuk kesehatan. Aroma dari daun kenikir sangat unik dan rasanya khas. Manfaat Daun kenikir sekarang ini diketahui, sehingga mencoba untuk mengonsumsinya.

Tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapi tinggi 3 meter. Memiliki dengan warna bunga merah muda, ungu, dan kuning. Ditandai dengan daun majemuk terbagi menjadi beberapa segmen dan panjang sekitar 10-20 cm. Meskipun, bisa tumbuh sepanjang tahun tetapi memiliki umur pendek. Tanaman kenikir berasal dari Amerika Latin.

Kenikir sudah dibudidayakan di kawasan Asia Tenggara, terutama Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Di Malaysia, daun kenikir memiliki julukan Ulam Raja atau salad raja. Pengolahannya mudah dengan dicuci bersih lalu dikukus. Ada juga manfaat Daun kenikir yang diambil dari daunnya sebagai tambahan bumbu masak sehingga aroma masakan makin sedap.

Kandungan gizi yang terdapat pada tanaman kenikir terutama daun. Antara lain karbohidrat, Lemak, Protein, Air, Kalori, Vitamin (C, B1, dan B2), Kalium, Natrium, Kalsium, Magnesium, Besi, Zinc, dan Fosfor. Selain itu, Asam Askorbat, Quercetin, Kaempferol, Asam Klorogenik, Caffeic Acid, Ferulic Acid, Antosianin, dan Beta Karoten.

Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan

Sudah mengetahui kandungan gizi pada tanaman kenikir tentu ingin mengetahui manfaatnya. Daun kenikir tidak hanya di konsumsi sebagai lalapan tetapi bisa diolah dalam bentuk pecel atau urap. Kalau begitu bisa dijadikan selingan menu makan. Berikut manfaat mengonsumsi sayur kenikir untuk kesehatan yang perlu diketahui.

1. Sumber Antioksidan

Tubuh mendapatkan serangan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dapat berkembang menjadi berbagai penyakit kronis. Efek buruk serangan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh ditangkal senyawa antioksidan. Tubuh manusia berkemampuan alami menghasilkan antioksidan sendiri. Namun, sering tidak mencukupi sehingga memerlukan asupan antioksidan dari luar.

Antioksidan didapatkan dari buah dan sayur-sayuran. Salah satu tanaman penyumbang antioksidan tinggi adalah kenikir. Manfaat daun kenikir menurut penelitian dalam Global Journal of Pharmacology ternyata mengandung jenis antioksidan flavonoid tinggi. Memiliki dampak positif untuk mencegah gangguan pencernaan.

Kandungan senyawa fenol tinggi berperan penting sebagai antioksidan. Kandungan senyawa fenol pada kenikir lebih tinggi dibandingkan tumbuhan kunyit, kencur, dan pegagang. Antioksidan sangat penting dalam menjaga daya tahan tubuh dan menurunkan efek buruk stres oksidatif.

2. Cegah Penyakit Hipertensi

Manfaat daun kenikir dapat mencegah risiko tekena atau terjadi penyakit hipertensi. Ekstrak dari daun kenikir dapat menghambat peningkatan frekuensi denyut jantung. Pada volume sekuncup yaitu volume darah yang dipompa setiap bilik jantung berkontraksi akibat dipicu hormon adrenalin dan senyawa natrium klorida. Hal itu, biasanya terjadi pada penderita hipertensi.

Hormon adrenalin sebagai hormon pengatur tekanan darah dan keseimbangan cairan tubuh. Tekanan darah dapat turun dengan mengonsumsi kenikir. Disebabkan kenikir memiliki efek diuretik yaitu pengurangan cairan tubuh melalui pengeluaran air seni atau urin. Jadi, hipertensi atau tekanan darah dapat menurun. Inginkan tekanan darah tetap normal, maka konsumsi daun kenikir. Konsumsi sesuai porsi.

3. Turunkan Risiko Penyakit Diabetes

Manfaat mengonsumsi sayur kenikir bagi penderita diabetes, yaitu dapat menurunkan jumlah glukosa dalam darah. Proses dari cara kerja kenikir mirip dengan cara kerja obat antidiabetes ‘Acarbose’ yang berfungsi menghambat glukosa. Obat ini digunakan untuk menghambat enzim alpha-glukosidase. Memiliki peran dalam pemecahan karbohidrat menjadi glukosa.

Baca Juga : 7 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan, Nomor 3 Keren

Obat antidiabetes Acarbose juga menghambat enzim alpha-amilase. Penghambatan enzim itu bisa memicu fermentasi abnormal oleh bakteri membuat karbohidrat tidak dapat dicerna usus. Efek samping yang ditimbulkan sering buah angin, diare, dan prut kembung. Berbeda, apabila menggunakan kenikir untuk menghambat enzim ini sebab berjumlah rendah, sehingga efek samping dapat diminimalisir.

4. Turunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol darah ingin turun dengan manfaat daun kenikir. Dikarenakan kenikir mempunyai efek hipolipidemik berupa senyawa fenol dan flavonoid. Enzim lipase yang diproduksi oleh prankreas akan dihambat pengeluarannya. Hal itu dilakukan untuk mencegah penceranaan dan penyerapan lemak atau kolesterol di saluran usus dan mengganggu sintesis (pembentukkan) lemak.

Efek yang didapat dari hal tersebut adalah menghambat proses penyimpanan lemak ke dalam jaringan adiposa. Tugas dari enzim lipase adalah memecah lemak dari makanan menjadi asam lemak dan gliserol. Pada kenikir mempunyai efek penghambatan enzim lipase sehingga mampu mencegah obesitas, supaya kadar antioksidan dalam tubuh tidak mengalami penurunan.

Apabila kadar antioksidan dalam tubuh orang obesitas  menurun akan meningkatkan produksi senyawa oksigen reaktif dan stres oksidatif. Lalu, menjadi meningkat dalam jaringan adiposa sebagai tempat penyimpanan lemak dan sel-sel hati. Jika, jaringan adiposa banyak akan sebabkan peningkatan stres oksidatif, sehingga berisiko terkena penyakit degenaratif (Hipertensi, diabetes melitus, dan hiperlipidemia).

5. Menjaga Kekuatan Tulang dan otot

Manfaat daun ini ternyata juga efektif menjaga kekuatan tulang serta mencegah osteoporosis. Kenikir mengandung banyak mineral yang dibutuhkan tulang dan otot, yaitu mangnesium dan kalsium. Khasiat dari daun kenikir bisa didapat dengan mongsumsi sebagi lalapan maupun minum air rebusan ditambah madu/gula.

Kesehatan akan tetap terjaga apabila dijaga dengan baik. mengonsumsi daun kenikir akan diperoleh manfaat daun kenikir bagi kesehatan . meskipun, rasa dan aroma tidak mengenakan tetapi khasiatnya luar biasa. Dengan demikian, jangan ragu untuk mengonsumsi kenikir dengan porsi yang benar. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *