Diet Low Carb Untukmu yang Ingin Kurus Dengan Cepat

diet low carb
24/12/2020 0 Comments

Dewasa ini, diet merupakan salah satu cara populer untuk menurunkan berat badan. Ada berbagai jenis diet yang disarankan untuk mereka yang ingin kurus, mulai dari cara ekstrim hingga yang sehat. Di antara banyaknya jenis tersebut, ada salah satu yang bernama diet low carb. Sudah pernahkah Anda mendengarnya?

Banyak yang mengira bahwa diet karbohidrat mengharuskan kita untuk tidak boleh memakan karbohirat sama sekali. Anggapan itu tentu saja salah karena bagaimanapun, kita harus tetap mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat untuk kebutuhan aktivitas sehari-hari. Hanya saja, porsinya yang perlu dikurangi.

Cara Tepat Menjalani Diet Low Carb

Jika Anda berminat untuk menjalani diet ini, maka Anda perlu mencari tahu bagaimana sih caranya melakukan diet karbohidrat. Jangan langsung mengurangi porsi makan nasi Anda dengan esktrem. Anda perlu mengganti kandungan karbohidrat yang dikonsumsi dengan lemak sehat atau makanan tinggi protein. Berikut tips menjalani diet low carb untuk Anda.

1. Konsumsi karbohidrat sebanyak 100 – 150 gram sehari

Jumlah konsumsi karbohidrat ini cocok untuk Anda yang memiliki berat badan ideal dan ingin menjaganya. Manfaat lainnya juga bisa untuk menjaga kesehatan Anda. Mengonsumsi dengan jumlah 100 – 150 gram per hari dapat menurunkan berat badan selama diiringi dengan porsi makan yang seimbang. Anda dapat mengonsumsi sayuran dan nasi merah dengan porsi sedang.

2. Konsumsi karbohidrat sebanyak 50 – 100 gram sehari

Rentang konsumsi jumlah ini bagus untuk menurunkan berat badan Anda. Meskipun begitu, Anda masih boleh mengonsumsi sedikit karbohidrat. Berat badan Anda pun mampu terjaga dengan baik. Anda bisa mengonsumsi jenis karbohidrat berupa sayur-sayuran dan seporsi kecil karbohidrat kompleks. Jangan lupa konsumsi dua hingga tiga buah-buahan per hari.

3. Konsumsi karbohidrat sebanyak 20 – 50 gram sehari

Pada tingkat konsumsi ini, Anda akan mendapatkan penurunan berat badan yang dratis. Jumlah ini pun baik dikonsumsi untuk Anda yang memiliki riwayat obesitas dan diabetes. Konsumsi kurang dari 50 gram karbohidrat per hari dapat memicu ketosis pada tubuh Anda sehingga nafsu makan Anda pun berkurang.

4. Tetap konsumsi karbohidrat meskipun sedikit

Satu hal yang perlu diingat dalam menjalani diet low carb ini adalah Anda tetap harus mengonsumsi karbohidrat sesuai dengan jumlah yang sudah Anda tetapkan. Jenis karbohidrat yang bisa dikonsumsi misalnya seporsi sayuran karbohidrat rendah, buah beri yang ditambah krim kocok, dan alpukat. Jika Anda merasa lapar, konsumsilah sayuran lebih banyak supaya tetap semangat beraktivitas.

5. Rekomendasi makanan

Selama menjalani diet ini, tetaplah konsumsi makanan yang diolah secara segar. Hindari makanan beku atau kemasan. Contoh makanan yang bisa Anda konsumsi adalah daging seperti daging ayam atau sapi, ikan-ikanan yang ditangkap di alam liar, dan telur yang kaya akan omega 3. Pilih sayuran hijau seperti bayam dan brokoli serta konsumsi lemak sehat.

6. Makanan yang menjadi pantangan diet karbohidrat

Ada beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari selama menjalani rendah karbohidrat. Di antaranya yakni olahan gula seperti soda dan minuman manis, gandum berupa nasi dan roti, serta lemak trans yang biasa terdapat di minyak goreng. Hindari pula produk makanan kemasan rendah lemak karena biasanya mengandung gula yang tinggi.

Itu dia cara supaya diet rendah karbohidrat Anda dapat berjalan dengan maksimal. Diet ini tidak disarankan untuk dijalani dalam waktu yang relatif lama. Selain itu, tetap jaga pola hidup yang sehat dengan tidur cukup dan rajin berolahraga. Setelah menyimak tips menjalani diet karbohidrat, yuk kita cari tahu apa saja sih manfaat menjalani diet ini?

Manfaat Menjalani Diet Low Carb

Setiap diet pasti memiliki manfaatnya masing-masing, begitu pula dengan diet low carb. Ada beragam manfaat yang pastinya akan Anda dapatkan jika konsisten dan memiliki komitmen kuat dalam menjalani diet ini. Di antaranya adalah mengurangi nafsu makan sehingga Anda tidak perlu susah-susah menahan rasa lapar. Ini tentunya dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

Efek penurunan berat badan pun bisa dibilang memuaskan. Melalui diet ini, tubuh akan membuang cairan berlebih dan menurunkan level insulin sehingga akan terlihat hasilnya dalam beberapa minggu awal. Diet ini pun mampu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik sehingga mengurangi penyakit jantung.

Baca Juga : Obat Darah Tinggi Alami Dengan Terapi Buah dan Sayur

Selain itu, diet karbohidrat disebut-sebut cocok bagi penderita diabetes karena terbukti ampun menurunkan gula darah. Penelitian yang melibatkan penderita diabetes tipe 2 membuktikan bahwa 95% di antara responden bisa meninggalkan pengobatan diabetes setelah 6 bulan menjalani diet ini.

Satu lagi manfaat diet karbohidrat adalah mampu menurunkan tekanan darah atau hipertensi. Anda pun dapat terhindar dari penyakit berat seperti stroke, jantung, hingga gagal ginjal. Tetapi tetap saja, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menjalani diet ini.

Itu dia informasi seputar diet low carb untuk Anda yang memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan. Pilihlah jenis diet yang sesuai dan jangan lupa sesuaikan dengan kondisi badan Anda. Ingat, diet tidak akan berjalan dengan maksimal jika pola hidup Anda tetap belum teratur. Tetap berolahraga dan jangan lupa bahagia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.