Gejala Dan Penyebab Sakit Pinggang

Gejala Dan Penyebab Sakit PinggangMengenali suatu penyakit tentu sangatlah penting bagi kita disaat banyaknya Rumah Sakit yang penuh karena tingginya jumlah orang yang sakit dan perlu perawatan dokter. Walaupun saat ini sudah banyak bantuan pemerintah untuk meringankan biaya berobat seperti jamsostek, askes, jamkesda, jamkesmas dan BPJS, hal ini bukan berarti kita tidak perlu menjaga kesehatan. Kita tetap harus menjaga kesehatan untuk menikmati semua yang Alloh SWT berikan kepada kita dan untuk menggapai semua harapan. Jangan sampai penyakit sakit pinggang menghambat gerak Anda untuk menjalani aktifitas sehari-hari Anda. Berikut informasi mengenai Gejala Dan Penyebab Sakit Pinggang Yang Wajib Kita Ketahui.

Apa Itu Sakit Pinggang?

Sakit pinggang atau sakit punggung bawah merupakan salah satu keadaan dimana seseorang merasakan sakit yang luar biasa pada bagian pinggang. Penyakit ini menjadi salah satu penyakit umum yang diderita masyarakat terutama pada usia lanjut diatas 40 tahun. Kabar buruknya, sakit pinggang juga menjadi salah satu penyebab utama kecacatan di seluruh dunia. Kebanyakan orang mengalami nyeri punggung setidaknya sekali seumur hidupnya.

Kabar baiknya, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mencegah atau bahkan menghilangkan sakit pinggang Anda yang akan kita bahas dibawah. Jika pencegahan gagal, perawatan rumah yang sederhana yang tepat akan menyembuhkan punggung Anda dalam beberapa minggu dan membuatnya tetap berfungsi untuk jangka panjang.

Gejala Sakit Pinggang

Ada banyak tanda dan gejala sakit pinggang, namun gejala yang paling umum terjadi antara lain:

  • Sakit pada otot
  • Pinggang serasa tertusuk
  • Nyeri yang menyebar ke kaki Anda
  • Gerak atau fleksibilitas punggung terbatas

Dalam kasus yang jarang terjadi, nyeri punggung dapat menandakan masalah medis yang serius.

Penyebab Sakit Pinggang

Sakit pinggang dapat datang tiba-tiba dan berlangsung kurang dari enam minggu (akut), yang mungkin disebabkan oleh jatuh atau angkat berat. Untuk sakit pinggang kronis biasanya berlangsung lebih dari tiga bulan (kronis). Kondisi yang umumnya terkait dengan sakit pinggang meliputi:

  1. Otot atau regangan ligamen
    Pengangkatan berat yang berulang atau gerakan canggung yang tiba-tiba dapat menyusahkan otot dan ligamen tulang belakang. Jika Anda berada dalam kondisi fisik yang buruk, ketegangan konstan di punggung Anda dapat menyebabkan kejang otot yang menyakitkan.
  2. Lonjakan atau disk yang pecah
    Disk bertindak sebagai bantalan di antara tulang-tulang (vertebrae) di tulang belakang Anda. Bahan lunak di dalam disk dapat membengkak atau pecah dan menekan saraf. Namun, Anda dapat memiliki disk yang menonjol atau pecah tanpa nyeri punggung. Penyakit disk sering ditemukan secara kebetulan ketika Anda menjalani X-rays tulang belakang karena beberapa alasan lain.
  3. Radang sendi
    Osteoartritis dapat mempengaruhi punggung bawah. Dalam beberapa kasus radang sendi di tulang belakang dapat menyebabkan penyempitan ruang di sekitar sumsum tulang belakang, suatu kondisi yang disebut stenosis tulang belakang.
  4. Kerangka skeletal
    Nyeri punggung dapat terjadi jika kurva tulang belakang Anda tidak normal. Skoliosis, suatu kondisi di mana tulang belakang Anda melengkung ke samping, juga dapat menyebabkan nyeri punggung, tetapi umumnya hanya jika skoliosis parah.
  5. Osteoporosis
    Vertebra tulang belakang Anda dapat mengembangkan fraktur kompresi jika tulang Anda menjadi keropos dan rapuh.

Faktor Risiko Sakit Pinggang

Siapa pun dapat mengembangkan nyeri punggung, bahkan anak-anak dan remaja. Penelitian belum membuktikan apa yang berkontribusi terhadap nyeri punggung. Namun, faktor-faktor ini mungkin menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar mengembangkan nyeri punggung:

  • Usia
    Sakit pinggang lebih sering terjadi saat usia bertambah, mulai sekitar usia 30 atau 40 tahun.
  • Kurang berolahraga
    Otot yang lemah dan tidak digunakan di pinggang Anda bisa menyebabkan sakit pinggang.
  • Kelebihan berat
    Membawa terlalu banyak beban memberi tekanan ekstra pada pinggang Anda.
  • Penyakit
    Beberapa jenis radang sendi dan kanker dapat menyebabkan sakit pinggang.
  • Pengangkatan yang tidak benar
    Posisi mengangkat beban yang tidak benar dapat menyebabkan sakit pinggang.
  • Kondisi psikologis
    Orang yang rentan terhadap depresi dan kecemasan tampaknya memiliki risiko lebih besar untuk sakit pinggang.
  • Merokok
    Tidak hanya menyebabkan kanker dan paru-paru Anda rusak, kebiasaan ini juga dapat mencegah tubuh Anda dari memberikan nutrisi yang cukup ke bagian pinggang Anda.

Pencegahan Dan Pengobatan Sakit Pinggang

Anda mungkin dapat menghindari sakit pinggang atau mencegah kekambuhannya dengan memperbaiki kondisi fisik Anda dan belajar serta melatih mekanika tubuh yang tepat. Selain itu juga Anda dapat menjaga kekuatan pinggang dengan olah raga teratur dan menjaga berat badan tetap ideal.

Bagaimana Jika Anda Terlanjur Menderita Sakit Pinggang?

Tidak usah khawatir, saat ini sudah banyak tersedia obat di apotik ataupun toko obat lainnya yang dikhususkan untuk penderita sakit pinggang. Namun perlu Anda pertimbangkan lagi jika Anda memilih obat dengan bahan kimia. Walaupun khasiatnya relatif lebih cepat, biasanya penyakit akan mudah kambuh dan menjadikannya ketergantungan karena obat kimia hanya bekerja menghilangkan nyeri dalam jangka pendek. Tidak hanya itu, obat kimia juga bisa memberikan efek buruk pada kesehatan ginjal Anda jika dikonsumsi terus menerus.

Pembeli berhati-hatilah

Karena sakit pinggang sangat umum, banyak produk yang menjanjikan untuk mencegah atau meredakan sakit punggung Anda. Tidak semua produk mempunyai khasiat yang sama karena memiliki bahan baku dan pengolahan yang berbeda-beda. Untuk itu kami rekomendasikan Qnc Jelly Gamat yang terbukti Ampuh dan Aman dalam mengobati penyakit sakit pinggang. Hanya dengan mengkonsumsi 1-2 botol saja sudah bisa Anda rasakan khasiatnya. Perlu juga Anda ketahui, Qnc Jelly Gamat mempunyai konsentrasi ekstrak teripang yang lebih tinggi dibanding produk ekstrak teripang lainnya. Qnc Jelly Gamat juga sudah mendapatkan sertifikat Halal dan terdaftar di Badan POM Indonesia. Informasi lebih lengkap klik Obat Sakit Pinggang

Gejala Dan Penyebab Sakit Pinggang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.