Gejala Gagal Jantung yang Perlu Diwaspadai

Artis Hanna Kirana dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (02/11) lalu. Manager Hanna, Icha membenarkan kabar tersebut. Artis kelahiran 1997 itu mengawali karirnya sebagai model dan mendapat perhatian sejak memerankan tokoh Zahra di serial Suara Hati Istri. Hanna yang meninggal di usia muda menjadi pengingat bagi kita semua agar lebih waspada dengan gejala gagal jantung.

Pada penderita gagal jantung, darah dan oksigen tidak bisa mengalir ke seluruh tubuh secara optimal. Kondisi ini menyebabkan kelelahan, pusing, sesak napas, kaki bengkak, dan nafsu makan berkurang. Keluhan pada tiap penderita bisa berbeda-beda, ada yang terjadi terus-menerus atau hilang timbul. Untuk mencegah terjadinya komplikasi, keluhan-keluhan ini tidak boleh disepelekan. 

Apa saja gejala gagal jantung?

Meski kondisi tiap penderita berbeda, namun ada beberapa keluhan yang umum terjadi. Berikut ini adalah keluhan yang perlu Anda waspadai terutama ketika kegiatan sehari-hari terganggu. 

Cepat Lelah dan Lesu

Gejala gagal jantung yang paling umum terjadi adalah cepat merasa lelah dan tampak lesu. Kondisi ini terjadi akibat berkurangnya pasokan oksigen dalam darah, sehingga penderita mudah kelelahan meski tidak melakukan aktivitas berat. Kekurangan oksigen pada otak juga membuat penderita pusing dan bisa berlangsung lama. 

Sesak Napas

Biasanya sesak napas terjadi ketika sedang beraktivitas namun lama kelamaan bisa terjadi saat penderita tidak melakukan apa-apa. Semisal ketika sedang tidur, penderita mengalami sesak napas hingga terbangun di tengah malam. Gejala ini paling sering terjadi dan seringkali disebabkan oleh jantung yang tidak memompa oksigen secara optimal. 

Kaki Bengkak

Selain kelelahan dan sesak napas, penderita juga kerap mengalami pembengkakan di kaki. Kondisi ini terjadi karena jantung tidak memompa darah secara optimal, sehingga cairan yang seharusnya dibuang oleh ginjal malah menumpuk di kaki. Mulanya pembengkakan terjadi di pergelangan kaki, lama-lama jadi semakin naik ke atas hingga ke bagian perut atau organ dalam. 

Nafsu Makan Berkurang

Apabila terjadi pembengkakan di perut, penderita merasa mual dan tidak berselera makan. Nafsu makan berkurang merupakan salah satu gejala gagal jantung yang perlu Anda waspadai, karena penumpukan cairan sudah mendekati organ hati atau liver. Inilah sebabnya mengapa penderita beresiko mengalami komplikasi.

Selain itu, beberapa penderita juga mengalami nyeri dada, detak jantung yang tidak teratur, dan sulit berkonsentrasi. Pada sebagian orang, gejala gagal jantung bisa mengarah pada penyakit jantung koroner. Akan tetapi tidak perlu khawatir karena kita bisa melakukan pencegahan dengan mengikuti langkah-langkah berikut. 

Cara Mencegah Gagal Jantung

Menjaga kesehatan jantung berawal dari pola makan sehat yang diimbangi dengan rajin berolahraga. Memeriksa tekanan darah secara berkala juga dapat menghindarkan Anda dari resiko gagal jantung. 

  • Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang.
  • Menghindari makanan olahan dengan tinggi gula.
  • Mempertahankan berat badan ideal karena gejala gagal jantung sering terjadi karena obesitas.
  • Melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan jantung.
  • Tidak mengkonsumsi alkohol dan berhenti merokok.
  • Menjalani pemeriksaan secara berkala meliputi tekanan darah, gula darah, dan kolesterol.

Obat Herbal Penyakit Jantung

QNC Jelly Gamat Emas – Ekstrak Teripang Rp 180.000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.