Wajib Tahu! Ini 6 Obat Alami Wasir Tanpa Efek Samping

Ambeien atau wasir adalah salah satu penyakit yang umum dialami oleh banyak orang. Pada tahapan tertentu, gejala ambeien atau wasir yang ringan dapat sembuh sendiri tanpa harus diobati. Namun, meskipun demikian anda dapat mengobatinya dengan menggunakan obat wasir alami yang ada di rumah.

Obat wasir tradisional ini memang bertujuan untuk mengobati gejala ambeien atau wasir yang tergolong ringan. Pengobatan ini berguna untuk mengurangi rasa tidak nyaman dan mencegah wasir kambuh kembali di kemudian hari. Daripada penasaran yuk cari tahu obat wasir alami berikut ini.

6 Obat Wasir Alami Yang Wajib Diketahui

Ada banyak hal yang menjadi penyebab ambeien atau wasir. Mulai dari susah BAB, mengejan terlalu keras, batuk terus menerus, bahkan hingga lama duduk dalam posisi yang sama. Selain itu obesitas, mengonsusmsi makanan yag terlalu pedas juga tidak memenuhi kecukupan serat harian dalam tubuh juga dapat memicu munculnya wasir. Berikut ini beberapa obat alami wasir yang bisa anda coba.

1. Obat Wasir Alami : Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya adalah salah satu jenis bahan alami yang banyak dimanfaatkan guna menangani beragam masalah kesehatan, termasuk ambeien atau wasir. Tanaman aloe vera diketahui memiliki kandungan antiinflamasi yang dapat membantu meredakan rasa gatal dan pembengkakan akibat gejala ambeien.

Baca Juga : Wow! Inilah 9 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya secara langsung dari tanamannya ke area anus. Namun, jika anda tidak dapat menemukan tanaman yang satu ini, anda dapat mengoleskan produk gel yang terbuat dari bahan lidah buaya murni. Pastikan kandungan lidah buayanya tinggi ya.

2. Kulit Kayu Ek Putih

Obat wasir alami berikutnya yaitu kulit kayu ek putih. Anda mungkin jarang mengetahui nama kulit ek putih. Namun anda akan sangat mudah menemukannya di toko herbal. Obat wasir yang satu ini biasanya juga dikenal dengan nama quercus alba. Tanaman ini memiliki kandungan zat alami yang bisa diandalkan sebagai obat wasir internal dan eksternal.

Faktanya, kulit kayu ek putih juga mengandung tonik dan memiliki sifat antiseptik, serta hemostatikk. Kandungan-kandungan inilah yang mampu mengatasi ambeien pada tingkatan parah hingga ambeien tersebut mengeluarkan darah. Kandungan kalsium dan tannin yag tinggi dari kulit kayu ek ini menjaga jaringan lunak dari rektum yang terdapat pada lubang anus sekaligus memperkuat kapiler usus.

Umumnya kulit pohon ek putih ini harus direbus atau dikukus terlebih dahulu untuk menghasilkan cairan. Cairan inilah yang dapat dioleskan pada daerah anus yang terdapat ambeien. Di samping itu anda juga dapat mengolah kulit kayu ek putih sebagai teh herbal untuk menyembuhkan ambeien atau wasir.

3. Bawang Putih

Jenis Bawang putih atau allium sativum, ternyata juga dapat dijadikan sebagai obat alami wasir. Bawang putih sangat dikenal kaya akan belerang, dan mengandung asam amino, mineral juga enzim seperti allinase, peroksidase dan myrosinase. Tumbuhan ini juga memiliki zat antibakteri, anti inflamasi, serta detoksifikasi.

Saat bawang putih dihancurkan, asam amino atau alliin ini kemudian diubah menjadi allicin oleh enzim, allinase. Allicin ini bekerja sebagai zat antibakteri yang mampu berfungsi sebagai penghilang bau. Manfaat lainnya dari bawang putih untuk mengatasi wasir yaitu dapat melindungi pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah, serta membunuh berbagai bakteri usus.

4. Orang-aring

Urang-aring selama ini lebih populer untuk membuat rambut menjadi hitam berkilau dan menyuburkan rambut. Tapi tahukah anda? Ternyata urang aring kaya akan beragam kandungan zat yang mujarab untuk mengatasi ambeien atau wasir. Di antaranya adalah alfa terthienylmethanol, ecliptine, methyl acetate, wedelolactone, dan thiophene.

Cara mengobati ambeien secara alami dengan menggunakan urang-aring terbagi menjadi dua. Dengan cara diminum dan dengan cara dioleskan. Untuk diminum sendiri caranya yaitu dengan merebus urang-aring hingga matang. Kemudian anda hanya perlu meminum air rebusannya. Sementara bila untuk dioleskan, anda cukup menumbuk urang-aring hingga halus lalu mengoleskannya  pada benjolan.

5. Kulit Manggis

Kulit manggis kaya akan kandungan xanthone, yang berfungsi sebagai anti-oksidan yang berkhasiat. Selain itu kandungan ini juga berguna sebagai anti-peradangan, anti-kanker, anti-diabetes, anti-jamur, anti-bakteri, dan anti-plasmodial. Pada bagian alfa-mangistin dan gamma-mangostin di kulit manggis merupakan bagian yang paling banyak mengandung turunan dari xanthone ini.

Menurut penelitian, kedua turunan senyawa berguna untuk menghentikan peradangan dengan cara menghambat enzim pemicu peradangan COX-2. Cara mengobati wasir dengan kulit manggis adalah dengan mengeringkan kulit manggis terlebih dahulu. Kemudian rebus kulit manggis yang telah dikeringkan tersebut dan minumlah  air rebusan tersebut setiap hari.

6. Daun Sirsak

Daun sirsak diketahui menyimpan senyawa yang berfungsi sebagai anti-bakteri. Oleh karena itu daun manggis dipercaya mampu mengobati ambeien secara alami. Cara mengobati ambeien dengan daun sirsak yaitu dengan merebus 5 lembar daun sirsak dan 2 gelas air mineral hingga airnya hanya tersisa 1 gelas saja. Kemudian minum air rebusannya setiap pagi dan malam.

Nah, demikian tadi 6 obat alami wasir yang harus anda ketahui. Pastikan anda memenuhi kecukupan asupan serat harian agar terhindar dari masalah kesehatan yang satu ini. Selain itu, anda juga harus selalu menjaga kebersihan anus dan jangan menahan BAB. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *