Siapa Sangka, Ini Dia Manfaat Rempah Untuk Kesehatan

Rempah merupakan sebuah cita rasa khas Indonesia. Masakan Nusantara dari Sabang hingga Merauke memiliki banyak sekali varian rasa dengan rempah-rempah yang khas. Anda pun pasti setidaknya mempunyai beberapa jenis rempah di dapur. Namun sadarkah Anda, ternyata ada banyak sekali lho manfaat rempah untuk kesehatan!

Beberapa jenis rempah yang biasa ditemui adalah cengkeh, kemiri, jahe, kayu manis, kunyit, dan serai. Adapun yang paling banyak dimiliki pastinya kunyit dan jahe, ya. Setiap rempah-rempah memiliki khasiatnya sendiri bagi tubuh. Oleh karena itu, rempah biasa dijadikan bahan untuk membuat jamu. Berikut ini, yuk kita ulas mendalam manfaat rempah terutama jahe merah dan kunyit.

Manfaat Rempah Jahe Merah untuk Kesehatan

Jahe merah adalah salah satu tanaman bergolongan rimpang yang memiliki rasa lebih pedas ketimbang jahe putih. Biasanya, jahe merah diolah menjadi minuman untuk menghangatkan tubuh atau pelengkap rasa dalam masakan. Tanaman yang berasal dari Asia Pasifik ini juga memiliki segudang manfaat untuk tubuh, lho. Penasaran apa saja?

1. Meredakan sakit tenggorokan dan batuk

Manfaat rempah untuk kesehatan bisa didapat dengan mengelolanya menjadi minuman. Jahe merah pun sama. Kandungan flavonoid yang terkandung di dalamnya dapat meredakan peradangan yang terjadi di tenggorokan sehingga efektif untuk mengatasi batuk.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Stroke dan penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian di dunia. Terlebih ketika usia semakin menua, kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh yang menyebabkan kedua penyakit tersebut makin meningkat. Jahe merah memiliki manfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida tersebut. Oleh karenanya, disarankan untuk mencampurkan jahe merah dalam berbagai olahan makanan.

3. Membantu proses diet

Salah satu masalah terbanyak kaum perempuan adalah ingin kurus. Tahukah Anda bahwa jahe merah memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan? Jika Anda mengonsumsinya dengan rutin, maka jahe merah dapat mengontrol nafsu makan dan membantu untuk kenyang lebih lama. Selain itu, rasa hangat dan pedas yang ada di jahe merah pun dapat membakar kalori dan lemak di tubuh Anda.

4. Mencegah masalah pencernaan

Rasa jahe merah yang hangat dapat menjadi manfaat rempah untuk kesehatan pencernaan. Oleh karena itu, jahe merah pun diekstrak menjadi minyak yang dapat melindungi pencernaan dari segala jenis bakteri jahat dan kuman yang menyebabkan masalah di perut. Jahe merah bisa Anda konsumsi begitu saja untuk mencegah keracunan makanan akibat tidak higienis.

5. Menurunkan asam urat

Penyakit asam urat pasti diidentikkan dengan mereka yang sudah berusia lanjut, padahal anak muda pun dapat mengalaminya. Jahe merah bisa menjadi salah satu alternatif yang telah termasuk dalam sepuluh tanaman herbal yang efektif mengobati asam urat. Caranya tidak sulit, cukup mengompres bagian yang mengalami peradangan dengan jahe merah untuk menurunkan kadar nyerinya.

Baca Juga : Kenali Gejala Autoimun : Pengertian dan Penyebabnya

Itu dia manfaat rempah untuk kesehatan, khususnya jahe merah. Penggunaannya pun bisa bermacam-macam, mulai dari campuran makanan, diolah menjadi minuman, hingga minyak jahe merah. Selanjutnya, tidak jauh-jauh dari dapur Anda, mari kita bahas satu per satu khasiat kunyit untuk kesehatan.

Khasiat Rempah Kunyit untuk Kesehatan

Sama seperti jahe, kunyit merupakan salah satu rempah yang juga memiliki banyak khasiat untuk tubuh kita. Rempah khas Indonesia yang berwarna jingga ini mengandung zat bernama kurkumin yang membuatnya kerap dijadikan sebagai pewarna makanan. Selain bisa diolah sebagai jamu, masih banyak juga manfaat kunyit untuk kesehatan, lho.

1. Mencegah Kanker

Kurkumin dalam kunyit selain bisa menghasilkan warna, ternyata juga mengandung banyak sekali antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Oleh karena itu, kunyit bagus untuk menjaga sistem imun tubuh, terlebih di situasi pandemi saat ini. Kandungan antioksidannya pun dapat mencegah kanker kulit, prostat, dan usus.

2. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Jika diminum dan dijadikan obat herbal, manfaat rempah untuk kesehatan khususnya kunyit ini adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan. Biasanya, ketika datang nyeri haid, sakit perut, atau diare, orang tua akan menyarankan untuk menyeduh kunyit. Ternyata memang terbukti ampuh karena kurkumin yang membantu empedu untuk dapat bekerja kembali dengan optimal.

Masih juga untuk kesehatan pencernaan, kunyit dapat membantu untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit IBS, lho. IBS sendiri adalah sindrom iritasi usus besar. Bagi Anda yang memiliki pola makan tidak teratur sehingga terjadi mag, kunyit dapat mengatasinya. Olah kunyit menjadi jamu dan minum sebelum makan karena ia bisa mengurangi produksi asam lambung yang berlebih.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Sama dengan jahe, kunyit juga memiliki manfaat rempah untuk kesehatan yakni mencegah penyakit jantung. Bedanya, fungsi kunyit dalam tubuh adalah untuk mengurangi penumpukan plak pada jantung yang menghambat pembuluh arteri. Mengonsumsinya secara rutin dapat mencegah terjadinya stroke atau serangan jantung.

Nah, banyak sekali bukan manfaat rempah untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui? Siapa yang menyangka bahan-bahan yang biasa Anda timbun di dapur dapat menjadi penangkal penyakit jika rajin-rajin mengonsumsinya. Mulai sekarang, rutinlah mengonsumsi jamu dan hidup dengan sehat supaya nantinya tidak terserang penyakit di hari tua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *