Wajib Tahu! Ini Gejala Dan Penyebab Penyakit Pneumonia

Paru-paru merupakan salah satu organ yang memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh. Pneumonia sendiri adalah salah satu penyakit infeksi yang menyerang paru-paru. Pneumonia biasanya disebuta dengan paru-paru basah atau radang paru. Di Indonesia sendiri dilaporkan 2-3 balita meninggal setiap jamnya akibat penyakit yang satu ini. Simak ulasan mengenai penyebab penyakit Pneumonia berikut ini.

Penyebab Penyakit Pneumonia Yang Wajib Anda Ketahui

Faktanya penyakit Pneumonia ini dapat menyerang siapa saja dari semua kalangan usia. Terutama orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah akibat kemoterapi atau orang yang mengidap penyakit tertentu seperti kanker secara khusus dapat sangat beresiko untuk terjangkit penyakit Pneumonia. Berikut ini gejala dan penyebab penyakit Pneumonia yang wajib anda ketahui.

Gejala Penyakit Pneumonia

Gejala penyakit Pneumonia bermacam-macam sesuai dengan tingkatannya. Mulai dari yang ringan hingga berat tergantung dengan banyak faktor. Misalnya jenis Pneumonia, usia pasien, serta kondisi medis secara keseluruhan. Gejala yang biasanya muncul jika seseorang terjangkit Pneumonia yaitu batuk disertai dahak secara terus menerus, demam, menggigil, nafsu makan berkurang, dan susah bernafas disertai sakit dada.

Selain itu, ada juga beberapa gejala lain namun cukup jarang terjadi. Misalnya batuk disertai dengan darah, nyeri sendi, dan otot, kepala sakit, serta mual dan muntah juga perasaan lelah dan lemah. Pneumonia termasuk penyakit yang sangat membahayakan tubuh bahkan beberapa kasus dapat menyebabkan kematian. Untuk itu sangat penting bagi anda mengetahui penyebab penyakit Pneumonia.

Penyebab Penyakit Pneumonia

Penyebab gejala Pneumonia paling umum adalah bakteri dan virus di sekitar lingkungan anda. Pada dasarnya tubuh sendiri memiliki daya tahan tubuh yang dapat mencegah bakteri dan virus tersebut menginfeksi paru-paru.  Akan tetapi tak jarang ada beberapa jenis kuman yang mampu mengalahkan sistem imunitas anda. Bahkan meskipun kondisi kesehatan secara umum terjaga dengan baik. Berikut ulasannya.

1. Pneumonia Karena Bakteri

Jenis Pneumonia yang disebabkan oleh bakteri merupakan jenis yang paling umum. Biasanya disebut juga dengan Pneumonia Pnemukokus. Jenis Pneumonia yang satu ini disebabkan oleh bakteri bernama Streptococcus Pneumoniae yang biasanya hidup di saluran pernapasan bagian atas.

Jenis bakteri lainnya yang menyebabkan pneumonia yaitu Haemophilus influenzae, Staphylococcus aureus, bakteri gram negatif aerob, anaerob, streptokokus grup A dan Moraxella catarrhalis. Bakteri-bakteri ini dapat muncul dengan sendirinya atau berkembang setelah anda terserang virus flu. Orang yang terkena flu biasanya pertahanan tubuhnya juga akan sedikit menurun.

Inilah yang menjadi penyebab penyakit pneumonia. Karena bakteri jahat sangat mudah berkembang. Orang yang berisiko tinggi terserang pneumonia adalah orang yang baru pulih dari operasi, pasien penyakit pernapasan atau infeksi virus, juga orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah.

2. Pneumonia Karena Virus

Penyebab selanjutnya adalah karena virus yang meninfeksi paru-paru. Virus pneumonia paling umum  pada orang dewasa adalah virus influenza. Pada dasarnya banyak dari virus penyebab pneumonia yang tidak serius dan berlangsung lebih singkat bila dibandingkan dengan penyakit pneumonia akibat bakteri. Pneumonia ini dapat berakibat fatal pada pengidap penyakit jantung atau paru.

3. Pneumonia Akibat Jamur

Pneumonia akibat jamur ini biasanya menjangkiti orang yang memiliki masalah kesehatan serius atau orang yang memiliki sistem imunitas yang lemah. Umumnya orang yang sering terkena jamur dari tanah atau kotoran burung yang tercemar dalam jumlah yang banyak juga memiliki resiko terkena penyakit ini.

Baca Juga : 12 Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan, Tak Disangka

Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah akibat HIV/AIDS atau orang yang mengkonsumsi obat-obatan jangka panjang seperti untuk pengobatan kanker dan perawatan setelah transplantasi organ juga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit ini.  Selain 3 penyebab penyakit pneumonia tersebut ada beberapa faktor yang juga dapat meningkatkan resiko terserang penyakit pneumonia ini.

Beberapa Faktor Orang Dapat Terjangkit Penyakit Pneumonia

Diantaranya adalah usia , kondisi hamil, riwayat kesehatan, kebiasaan merokok, juga sistem pertahanan tubuh yang rendah.  Biasanya pneumonia menjangkiti anak anak  khususnya yang lebih muda dari 2 tahun dan lansia yang berusia lebih dari 65 tahun. Jika anda pernah mengidap penyakit kronis seperti asma, jantung dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) maka anda lebih mudah terkena penyakit ini.

Disamping itu kebiasaan merokok juga dapat merusak sistem imunitas alami tubuh anda terhadap serangan bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit pneumonia. Oleh karena itu sangat penting bagi anda untuk menghentikan kebiasaan merokok.  Orang yang pernah menjalani kemoterapi atau mengkonsumsi obat obatan steroid jangka panjang juga memilki resiko yang lebih besar untuk terserang penyakit ini.

Nah itu tadi ulasan lengkap mengenai gejala dan penyebab penyakit pneumonia. Anda harus selalu menjaga daya tahan tubuh juga menerapkan pola hidup bersih dan sehat untuk menghindari terkena penyakit pneumonia ini. Selain itu, anda juga dapat melakukan langkah pencegahan dengan mendapatkan vaksinasi. Salam sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *