Inilah 5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Dengan Baik

Mata adalah jendela jiwa. Ungkapan ini memang ada benarnya. Karena mata adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh kita. Meski ukurannya kecil namun dapat melihat seisi dunia. Karena itu salah satu pancaindera yang sangat sensitif ini keberadaannya harus selalu dirawat dengan cara menjaga kesehatan mata.

Meski mata letaknya menyatu dengan kulit wajah, namun kulit disekitar mata berbeda dengan kulit wajah. Kulit mata selain terlihat lebih tipis juga lebih lembut dan sensitif sehingga mudah terjadi iritasi. Selain itu pada kulit mata terdapat banyak pembuluh darah. Lalu bagaimana sih cara menjaga kesehatan mata?

Inilah 5 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga dan merawat mata adalah dua hal yang harus dilakukan secara maksimal agar kondisi kesehatan mata selalu terjaga. Apalagi panca indera yang satu ini tergolong sangat sensitif dan mudah terpapar debu, asap dan juga polusi. Mata juga sering kali harus bekerja extra untuk menatap komputer selama seharian bekerja.

Karena itu agar mata selalu sehat dan tetap bersinar sebaiknya harus dirawat dengan benar. Make-up mata bisa saja membuat tampilan mata terlihat sempurna tapi tidak dapat memanipulasi kesehatan mata. Beningnya mata akan mencerminkan kesehatannya. Yuk kita simak cara menjaga kesehatan mata.

1. Memenuhi Kebutuhan Zat Gizi Penting Untuk Mata

Merawat mata bukan hanya dilakukan dari luar saja melainkan juga dari dalam. Seperti halnya organ tubuh yang lain, mata juga membutuhkan zat gizi penting yang harus dipenuhi. Seperti Vitamin, mineral, karbohidrat dan juga protein. Asupan gizi yang buruk dan tidak seimbang akan mempengaruhi kesehatan mata.

Sebenarnya mata memerlukan semua zat gizi, namun ada beberapa zat gizi penting yang sangat diperlukan mata agar terlihat sehat dan bersinar. Zat gizi penting itu diantaranya vit A, B, C dan E. Selain keempat vitamin itu mata juga membutuhkan seng dan juga selenium untuk meregenasi sel dan melawan radikal bebas.

2. Perhatikan Pemakaian Kosmetik Untuk Make Up

Cara menjaga kesehatan mata selanjutnya dengan memperhatikan pemakaian kosmetik sebaiknya pilihlah yang berkualitas baik. Terutama untuk pemakaian kosmetik disekitar kulit mata. Selain itu periksa kapan masa kadaluarsanya, jangan digunakan bila kosmetik sudah melewati batas ketentuan kadaluarsa.

Usahakan juga agar make up dan semua alat-alatnya tetap bersih dan dalam kondisi tetap kering. Jangan sampai terkena kontak langsung dengan jari tangan. Waspadai pemakaian make up bila ternyata menyebabkan iritasi atau bahkan alergi. Sebaiknya segera berhenti dan jangan dilanjutkan lagi.

3. Perhatikan Pemakaian Kosmetik Untuk Perawatan Mata

Pemakaian kosmetik ini ada yang untuk make up mata, ada juga kosmetik untuk perawatan mata. Dengan memilih produk kosmetik perawatan mata yang tepat dan sesuai jenis kulit  merupakan salah satu cara menjaga kesehatan mata. agar dapat berfungsi maksimal sesuai dengan manfaatnya.

Penuhi Nutrisi Kesehatan Mata dengan Limatta Sehat Mata

Sebaiknya jangan menggunakan masker, krem malam atau pelembab di area sekitar mata. Karena kandungan minyaknya akan menarik kulit di bawah mata yang akan menyebabkan mata menjadi bengkak. Untuk penggunaan krim mata juga sebaiknya cukup diulaskan perlahan jangan sampai kulit mata tertarik ke bawah.

Pilihlah krim perawatan mata dengan tekstur yang ringan agar nyaman saat digunakan pada area kulit sekitar mata. Sebaiknya simpanlah krim mata agar kelembabannya terjaga dan akan terasa sejuk dan juga menyegarkan pada saat digunakan.

Cara menjaga kesehatan mata yang lainnya yang harus diperhatikan pada saat pemakaian masker wajah. Sebaiknya pejamkan mata dan tutuk kelopak mata menngunakan kapas basah atau dengan bekas teh celuk yang sudah direndam dalam air dingin. Bisa juga dengan menggunakan irisan timun yang masig segar.

4. Perhatikan Pemakaian Obat tetes Mata

Salah satu cara menjaga kesehatan mata diantaranya dengan bijak menggunakan obat tetes mata. Penggunaan obat tetes mata ini sebenarnya dapat mengatasi berbagai gangguan atau masalah pada mata. Tetapi penggunaannya harus hati-hati dan lebih waspada agar gangguan pada mata tidak bertambah parah.

Penuhi Nutrisi Kesehatan Mata dengan Limatta Sehat Mata

Sebelum menggunakan obat tetes mata sebaiknya baca dulu dosis dan petunjuk bagaimaba cara pemakainnya. Biasanya dosis pemakaian obat tetes mata ini digunakan sebanyak enam tetes dalam sehari semala kurun waktu 2 minggu. Selebihnya sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mata.

5. Perhatikan Penggunaan komputer

Seperti halnya organ tubuh yang lain bila melakukan aktivitas terlalu berat pasti akan mengalami kelelahan. Demikian juga dengan mata, organ yang satu ini juga sama bila terlalu berat melakukan aktivitas akan merasa kelelahan juga. Kelelahan pada mata ini akan menyebabkan mata terasa pedih.

Penuhi Nutrisi Kesehatan Mata dengan Limatta Sehat Mata

Menggunakan komputer merupakan salah satu aktivitas yang dapat melelahkan mata. Apalagi bila penggunaannya dalam waktu yang lama tentu dapat mata terasa lelah. Karena itu sebaiknya perhatikan penggunaan komputer dengan baik dan bijaksana.

Untuk menghindari kelelahan pada mata saat menggunakan komputer sebaiknya dengan mengatur jarak antara mata dengan komputer yang ideal 50-70 cm. Selain itu layar komputer sebaiknya diletakkan lebih rendah dari pandangan mata. Mode pencahaayan juga jangan terlalu terang agar tidak menyilaukan mata.

Demikian informasi singkat mengenai 5 cara menjaga kesehatan mata, semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *