Inilah 7 Manfaat Sinar Matahari Pagi yang Menyehatkan dan Bikin Cantik

Manfaat Sinar Matahari Pagi
11/12/2020 0 Comments

Matahari adalah salah satu sumber kehidupan penting bagi manusia. Sinar matahari juga berperan penting dalam membantu pekerjaan manusia. Manfaat sinar matahari pagi ternyata sangat penting bagi kesehatan.

Selain itu sinar matahari juga dimanfaat untuk mengeringkan bahan makanan dan mulai dikembangkan menjadi pembangkit tenaga listrik. Nah berikut adalah manfaat sinar matahari bagi kehidupan.

Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Kesehatan

Manfaat sinar matahari pagi yang utama dan dapat dengan mudah dirasakan adalah untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut beberapa manfaat dari sinar matahari pagi yang diperlukan manusia, yaitu

1. Untuk Meningkatkan Imunitas

Sinar matahari pagi sangat bagus untuk meningkatkan imunitas tubuh atau meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Karena saat tubuh terpapar sinar matahari pagi, maka sel darah putihakan mengalami peningkatan. Dengan demikian fungsi dari sel darah putih juga akan semakin meningkat yaitu mencegah infeksi dan memerangi penyakit pada tubuh.

2. Untuk Kesehatan Tulang

Manfaat dari sinar matahari pagi juga sangat bagus untuk kesehatan tulang. Sebab, sinar matahari pagi mengandung vitamin D, yang kemudian memberi rangsangan tulang untuk menyerap kalsium dan fosfor yang diproduksi tubuh. Semakin banyak kulit menyerap vitamin D3 yang dihasilkan oleh sinar matahari maka tulang akan menjadi lebih kuat.

Selain itu sinar matahari pagi juga sangat baik untuk pertumbuhan bayi. Maka dari itu banyak yang memanfaatkan hal tersebut dengan menjemur bayi pada pagi hari. Agar pertumbuhan menjadi optimal.

3. Untuk Penyembuhan Penyakit Kulit

Sinar ultra violet yang di dihasilkan oleh matahari dapat dimanfaatkan untuk membantu proses penyembuhan penyakit kulit. Diantarnya penyakit kuning, biasanya dimanfaatkan pada kasus bayi ikterik.

Kasus bayi ikterik ini biasanya terjadi karena bayi kekurangan ASI, sehingga bilirubin dalam tubuh bayi tidak sempurna terpecah. Dengan bantuan sinar matahari pagi maka pemecahan bilirubin dalam tubuh bayi akan lebih mudah. Namun harus disertai dengan pemberian ASI secara kontinu.

Selain penyakit kuning, manfaat dari sinar matahari pagi juga bagus untuk penyembuhan penyakit psoriasis. Penyakit ini adalah penyakit kulit dengan ciri gatal pada kulit sehingga muncul warna merah. Selain itu kulit bisa berubah menjadi tebal dan bersisik.

Penyakit ini juga sering disebut dengan penyakit autoimun. Selain dengan obat dari dokter. Sinar matahari pagi juga dianjurkan untuk membantu meringankan gejalanya. Dengan berjemur secara rutin di pagi hari sekitar sepuluh hingga lima belas menit.

4. Sebagai Teraphy Untuk Mengurangi Depresi

Manfaat sinar matahari pagi juga dapat digunakan untuk mengurangi depresi karena dingin yang disebut dengan SAD atau Seasonal Affective Disorder. Ketika seseorang berada pada daerah yang memiliki udara dingin, umumnya mereka akan mengalami depresi ini.

Orang yang bekerja dalam ruangan ber AC juga dapat mengalami depresi jenis ini. Dengan berjemur seketika saat sinar matahari menyentuh kulit maka perasaan hangat pada tubuh akan mengurangi depresi yang dialami.

5. Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat sinar matahari pagi juga bisa membantu meningkatkan kualitas tidur di malam  hari. Ketika Anda berjemur, sinar matahari yang kena mata akan mendorong produksi hormon melatonin di otak. Hormon ini adalah hormon yang memberikan kita rasa kantuk.

Baca Juga : Inilah 6 Cara Menjaga Kesehatan Hidung Tetap Sehat

Namun karena sadar bahwa hari masih pagi atau siang maka otak memberi respon untuk menahan kantuk. Hal tersebut memberikan gambaran yang jelas pada memori otak. Jadi saat malam datang maka tubuh akan merespon dengan memberikan rasa lelah dan menyuruh tubuh untuk segera tidur.

6. Untuk Menurunkan Darah Tinggi

Manfaat sinar matahari pagi yang satu ini merupakan yang jarang diketahui orang. Ternyata sinar matahari pagi dapat membantu menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sinar matahari pagi mengeluarkan senyawa.

Senyawa tersebut bernama nitric oxide yang berperan dalam menuruhkan tekanan darah tinggi. Ternyata nitric oxide ini akan dilepaskan seketika apabila kulit tersentuh sinar matahari pagi.

7. Dapat Meningkatkan Daya Ingat Dan Mencegah Alzheimer

Sinar matahari pagi mampu membatu pertumbuhan dari sel pada otak terutama pada bagian hippocampus. Hippocampus adalah bagian sel otak yang berfungsi mengatur, membentuk sekaligus menyimpan memori. Nah hal sangat dianjurkan bagi orang yang sudah mulai lanjut usia yang fugsi otaknya mengalami penurunan.

Sinar matahari pagi juga dapat membantu mengurangi gejala penyakit alzheimer. Diketahui bahwa alzheimer merupakan penyakit yang menyerang koneksi sel-sel otak. Membuat orang menjadi pelupa dan mudah sekali mengalami kebingungan. Dengan berjemur sinar matahari pagi gejala dari penyakit dapat diminimalisir sedikit demi sedikit. Gejala depresi dapat berkurang dan dapat terjaga di malam hari.

Nah, banyak sekali manfaat sinar matahari pagi ya. Untuk mendapat manfaat di atas, sebaiknya Anda mulai menyempatan diri untuk berjemur di pagi hari meski hanya sepuluh menit saja. Sebaiknya berjemur diantara jam tujuh hingga jam sembilan pagi agar mendapat manfaat yang maksimal. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.