Inilah 7 Rekomendasi Obat Asma Alami yang Manjur

obat asma alami
24/12/2020 0 Comments

Penyakit asma dapat terjadi apabila saluran udara bengkak kemudian menjadi sempit,  akhirnya menjadikan orang mengalami kesulitan bernafas dengan normal. Keadaan tersebut dapat menghasilkan lendir yang memperberat kerja paru-paru, karena udara tidak dapat mengalir dengan lancar ke sana. Oleh karena itu, penderita harus selalu sedia obat asma alami.

Sebab, penyakit asma bisa kapan saja menyerang kapan saja, apalagi ada faktor pemicunya. Salah satu faktor pemicu paling dominan adanya alergen yang dapat menyebabkan serangan asma. Alergen tersebut meliputi asap rokok, debu, cuaca dingin, batuk, emosi yang menyebabkan marah, kelelahan beraktivitas, atau bisa juga karena makanan.

Obat Asma Alami Yang Sering Dijumpai

Biasanya dokter meresepkan obat yang dihisap yang isinya teofilin, fungsinya untuk melancarkan pernafasan. Nah perlu Anda ketahui, ternyata banyak sekali obat asma alami yang sering kita dijumpai, namun kita tidak sadar akan manfaatnya. Berikut bahan-bahan alami yang dapat meredakan serangan asma.

Obat asma alami dapat dikonsumsi untuk meredakan serangan asma yang terjadi.  Berikut ini adalah beberapa obat asma yang alami dan dapat dijumpai di sekitar kita.

1. Kafein

Kafein dapat membantu untuk menangani asma, kafein bisa memperbaiki fungsi dari saluran pernafasan pada penderita asma. Dengan memberikan kafein saluran dapat normal kurang lebih sekitar empat jaman.

Untuk memperoleh kafein ini juga sangat mudah. Kafein ini bayak terkandung pada minuman kopi, teh hijau dan teh hitam. Cukup dengan menyeduhnya dan minum dengan perlahan, gejala asma dapat berkurang.

2.Bawang Putih

Selanjutnya Bawang Putih, bawang putih memang sudah dikenal sebagai bumbu dapur yang mempunyai zat anti radang dan anti biotik alami. Bawang putih ini dapat untuk meredakan gejala asma, karena asma juga disebabkan karena radangnya saluran pernapasan yang membuat kesulitan saat bernapas. Keprek bawang putih dan hirup baunya. Selain itu Anda harus konsumsi secara rutin agar asma dapat berkurang gejalanya.

3. Jahe

Jahe merupakan slah satu tanaman rempah Indonesia yang dapat digunakan sebagai obat asma. Senyawa yang terkandung pada jahe mampu meredakan gejala yang ditimbulkan oleh penyakit asma. Untuk mengambil manfaatnya cukup dikeprek sebelum di seduh, bisa juga dibakar terlebih dahulu. Selain itu bisa juga menggunakan ekstrak jahe yang sudah menjadi serbuk atau dalam bentuk suplemen.

4. Minyak Mustard

Jadi Minyak mustard ini dapat ringankan gejala asma karena mengandung isotiosinat. Minyak ini di dapat dari biji mustard yang telah diambil minyaknya. Minyak mustard dapat dijadikan obat asma alami dengan cara membalurkan minyak mustard yang telah dicampur dengan garam di area sekitar dada.

Baca Juga : Diet Low Carb Untukmu yang Ingin Kurus Dengan Cepat

Pijat secara perlahan hingga beberapa kali sampai gejala mereda. Dengan pemijatan tersebut nantinya dapat membantu saluran pernapasan untuk kembali terbuka. Terapi dengan minyak mustard juga bisa memperbaiki fungsi dari paru-paru.

Untuk mendapatkan hasil maksimal Anda perlu melakukan terapi ini dua hingga tiga kali dalam sehari. Paling efektif jika sebelum tidur lakukan terapi minyak mustard terlebih dahulu.

5. Minyak Esensial

Minyak esensial seperti lavender, kemangi, eucalyptus juga dapat digunkan untuk meredakan gejala asma. Teteskan beberapa tetes minyak esensial ke dalam alat diffuser atau nebulizer, kemudian hirup dalam-dalam. Dengan begitu serangan asma dapat berkurang, cara ini dapat juga dipakai untuk meringankan gejala bronkitis.

6. Minyak Omega 3

Obat asma alami lainnya adalah minyak omega 3. Ternyata minyak omega 3 yang selama ini dikenal  sebagai minyak yang bermanfaat bagi perkembangan otak juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi gejala asma. Minyak omega 3 bisa ditemukan pada minyak ikan, Anda harus rutin mengonsumsinya untuk mendapatkan manfaatnya.

7. Madu

Barang satu ini memang banyak memiliki manfaat bagi kesehatan, bahkan sejak lama madu dipakai obat untuk meredakan demam dan flu. Madu juga dapat juga meredakan batuk maupun sakit tenggorokan.

Untuk meredakan gejala asma Anda mencampurkan madu dengan teh hitam hangat atau teh hijau hangat tanpa gula. Campuran keduanya akan membantu membuka saluran pernapasan dan melegakan tenggorokan. Anda dapat menggunakan madu hitam atau madu lebah biasa.

Kesimpulan

Anda harus sering melakukan latihan pernapasan, agar dapat mengatur pola pernapasan saat terjadi serangan asma. Latihan pernapasan yang dapat dilakukan misalnya yoga, meditasi dan akupunktur.

Melakukan latihan pernapasan sangat efektif mengatur pernapasan menjadi lebih baik. Selain itu olahraga yang cukup serta istirahat yang cukup dapat membatu sistem pernapasan menjadi maksimal dalam bekerja.

Bagi Anda penderita asma, jangan lupa untuk menaruh obat asma alami di atas di rumah ya. Agar saat terjadi serangan asma ataupun kehabisan obat, Anda tidak kebingungan untuk mengatasinya. Terapkan juga pola hidup sehat, agar makanan dan kesehatan tetap terjaga. Hindari faktor pemicu dan usahakan untuk memakai masker jika keluar dari rumah. Semoga artikel ini bermanfaat

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.