Wow! Inilah 9 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Selain dijadikan sebagai tanama hias, sejak lama lidah buaya dikenal memiliki beragam manfaat yang sangat baik untuk perawatan kecantikan. Tidak heran kini banyak produk kecantikan yang mengekstrak manfaat lidah buaya tersebut. Namun tahukah anda? Lidah buaya ternyata juga menyimpan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Jadi, bukan hanya ampuh sebagai penyubur rambut, studi terbaru bahkan mengungkapkan lidah buaya mampu memperlambat pertumuhan sel kanker payudara. Meskipun ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Nah, apakah anda mulai penasaran apa saja manfaat lidah buaya untuk kesehatan? Mari simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui

Sebagai tanaman, lidah buaya tidak membutuhkan banyak perawatan. Karena seperti kaktus, lidah buaya juga memiliki kemampuan untuk tumbuh dan berkembang di tempat kering. Terlebih lagi tanaman lidah buaya ternyata juga sangat populer sebagai tanaman herbal sejak zaman pengobatan kuno. Berikut ini 9 manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang wajib anda ketahui.

1. Untuk Menyembuhkan Sembelit

Anda sering menderita sembelit? Jika biasanya anda memilih untuk meminum serbuk atau pil pencahar, cobalah untuk mengonsumsi lidah buaya guna menanganinya. Lidah buaya memiliki zat polisakarida yang berfungsi untuk mengatasi masalah pencernaan. Zat ini akan membantu pencernaan makanan dengan lebih sempurna. Jadi, gizi makanan tersebut dapat diserap secara maksimal.

2. Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat lidah buaya berikutnya yaitu dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan adanya kandungan senyawa aktif seperti flavonoid, ariginiin, dan kalium yang diketahui mampu menurunkan bahkan mengontrol tekanan darah tinggi dalam tubuh. Anda dapat mengolah lidah buaya menjadi segelas jus yang meyegarkan.

3. Manfaat Lidah Buaya Untuk Menyembuhkan luka bakar

Getah gel lidah buaya bersifat antiseptik dan dingin. Hal inilah yang menjadikan lidah buaya diyakini ampuh untuk menyembuhkan luka bakar. Selain itu, manfaat lainnya adalah dapat membantu untuk merangsang pembentukan jaringan sel kulit baru. Nah, jika anda mengalami luka bakar jangan diolesi pasta gigi ya? Oleskan saja lidah buaya ini.

4. Untuk Meredakan Rasa Sakit Akibat Lecet

Manfaat lidah buaya lainnya yaitu dapat meredakan rasa sakit akibat lecet. Cara menggunakan tanaman untuk meredakan rasa nyeri ini juga cukup mudah dan praktis, anda hanya perlu mengoleskan lidah buaya pada area kulit lecet telah dibersihkan sebelumnya. Oleskan tiga kali dalam sehari.

5. Membantu Penyembuhan Luka

Faktanya lidah buaya juga dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk membantu mempercepat penyembuhan luka. Hal ini dikarenakan lidah buaya memiliki struktur molekul yang mampu melawan bakteri, menimalisir jaringan parut, serta meningkatkan kolagen.

6. Mengatasi Sariawan

Apakah anda sering mengalami sariawan? Umumnya, sariawan kerap kali muncul di bagian bawah bibir juga area dalam mulut. Sariawan ini dapat berlangsung selama 7-10 hari. Penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan lidah buaya efektif mengurangi peradangan dan ukuran sariawan. Selain itu, lidah buaya juga dapat menurunkan rasa nyeri yang cukup menyiksa dari sariawan.

7. Untuk Mengurangi Plak Gigi

Plak gigi adalah salah satu masalah yang dapat mengganggu penampilan, serta menyebabkan gigi anda berlubang apabila dibiarkan menumpuk. Karenanya sebaiknya anda rutin menggunakan obat kumur untuk mencegah terjadinya penumpukan plak gigi.

Baca Juga : Tips dan Cara Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami

Sebuah penelitian membandingkan obat kumur standar berbahan chlorhexidine dan  jus lidah buaya. Tak disangka, hasil penggunaan keduanya  sama-sama efektif. Berkumur-kumur dengan menggunakan jus lidah buaya ternyata ampuh membasmi bakteri streptococcus mutans. Bakteri inilah yang menyebabkan plak gigi serta jamur candida albicans.

8. Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Lidah buaya diketahui dapat membantu penyerapan vitamin dan mineral yang berguna untuk tubuh. Tubuh akan mampu menangkal serangan bakteri dan virus dengan sistem kekebalan tubuh yang baik jika vitamin dan mineral dapat terserap dengan sempurna.

9. Manfaat Lidah Buaya Untuk Menjaga Kesehatan Rambut

Saat ini anda dapat dengan mudah menemukan banyak produk kesehatan rambut yang mengandung lidah buaya sebagai bahan utamanya. Hal ini dikarenakan lidah buaya dapat membantu mencegah rambut rontok, menjaga kehitaman rambut, menghilangkan ketombe, memberikan kilau rambut, dan menguatkan akar rambut.

Anda juga bisa mencoba manfaat lidah buaya ini dengan cara mengolahnya sendiri. Caranya sangat mudah, cukup ambil gel lidah buaya, lalu jadikan gel  tersebut sebagai bahan masker untuk rambut. Untuk hasil yang maksimal lakukan secara rutin.

Nah, demikian tadi ulasan lengkap mengenai manfaat lidah buaya yang harus anda ketahui. Dengan segudang manfaat untuk kesehatan yang telah dijelaskan sebelumnya, tidak ada salahnya anda mulai mengonsumsi tumbuhan ini secara rutin. Atau anda juga bisa mulai menanam tanaman yng satu ini di pekarangan anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *