Inilah 9 Manfaat Sayur Beluntas Untuk Kesehatan

Beluntas merupakan salah satu jenis tanaman semak yang biasanya dapat tumbuh tinggi hingga tiga meter dan cukup bercabang. Tanaman yang tumbuh liar ini biasanya dapat ditemukan di pekarangan rumah. Tahukah Anda? Faktanya salah satu manfaat sayur beluntas yaitu dapat meningkatkan kesuburan dan mengatasi masalah hormonal.

Selain itu tanaman yang memiliki nama latin Plucheacea folium ini memang memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Misalnya seperti fosfor, alkaloid, magnesium, flafonoida, natrium, tannin, dan minyak atsiri serta senyawa lainnya. Agar tidak penasaran, yuk simak ulasan lengkap manfaat dari sayur beluntas berikut ini.

Ini Manfaat Sayur Beluntas Yang Jarang Diketahui

Tanaman beluntas ini juga dikenal dengan sebutan luntas (Jawa), baruntas (Sunda), baluntas (Madura), lamutasa (Makasar), dan lenabou (Timor). Tanaman ini mampu hidup di berbagai jenis tanah, dari tanah yang keras dan berbatu hingga di daerah yang kering, baik itu di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Berikut ini ulasan lengkap mengenai manfaat sayur beluntas untuk kesehatan yang harus Anda ketahui.

1. Mengurangi Pegal Linu

Pada umumnya, pegal linu sering terjadi pada banyak orang, khususnya orang tua. Jika Anda juga sering mengalami hal ini rasanya pasti sangat menyiksa. Anda dapat menggunakan daun beluntas untuk mengurangi pegal linu. Caranya cukup dengan merebus daun beluntas kemudian meminum air rebusan tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari.

2. Mencegah Kerusakan Organ Hati

Pola gaya hidup masyarakat modern saat ini dapat meningkatkan resiko penyakit hati. Padahal hati memiliki peranan penting dalam menguraikan zat yang bersifat toxic. Namun Anda tidak perlu khawatir. Karena Anda dapat menggunakan daun beluntas yang kaya kandungan flavonoid seperti quercetin, myricetin, dan kaemferol untuk  mencegah dan menangkal kerusakan organ hati.

3. Mengatasi Rematik

Manfaat sayur beluntas berikutnya adalah dapat mengatasi rematik. Menurut penelitian daun beluntas merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat mengobati rematik karena mengandung efek antiinflamasi. Karenanya beluntas dapat mengatasi rematik yang merupakan peradangan sendi kronis akibat gangguan autoimun. Biasanya penderita rematik kebanyakan adalah manula.

Baca Juga : 6 Manfaat Pare untuk Kesehatan Tubuh, Jangan Terlewat

4. Meningkatkan Vitalitas Seksual

Menurunnya vitalitas seksual seseorang umnumnya terjadi karena banyak faktor. Salah satunya adalah karena kurangnya stamina tubuh. Anda dapat menggunakan daun beluntas sebagai solusi alternatif untuk mengembalikan vitalitas dan meningkatkan kesuburan, terutama pada pria dewasa.

5. Untuk Menjaga Kesehatan Rahim

Manfaat sayur beluntas berikutnya yaitu dapat Anda jadikan sebagai salah satu alternatif alami untuk menjaga kesehatan rahim. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, beluntas mengandung antibakteri dan antioksidan sehingga mampu mencegah gangguan penyakit rahim seperti kanker rahim.

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit Dan Wajah

Tahu kah Anda? Anda dapat menggunakan beluntas untuk memperbaiki sel-sel kulit serta mengoptimalkan regenerasi sel kulit. Selain itu sifat antioksaidan dan zat aktif pada daun beluntas dapat menangkal paparan radikal bebas yang berbahaya untuk kecantuikan kulit dan wajah. Caranya cukup mudah Anda dapat mengolah daun beluntas menjadi masker wajah atau bahan luluran.

7. Mengatasi Bau Mulut Dan Bau Badan

Sejak lama beluntas telah dimanfaatkan untuk mengatasi bau mulut dan bau badan yang mengganggu. Anda dapat menjadikannya sebagai deodorant alami maupun obat kumur alami. Anda cukup merebus daun beluntas dan meminumnya secara teratur. Atau Anda dapat juga mengkonsumsinya secara langsung

8. Mengatasi Demam Dan Masalah Pencernaan

Menurut penelitian minyak daun beluntas mampu menghanmbat pertumbuhan Escherechia Coli yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Selain itu daun beluntas juga memiliki sifat antipiretik yang bermanfaat untuk meredakan demam. Anda bahkan dapat membuat obat herbal untuk mengatasi batuk dengan menggunkan daun beluntas.

9. Mencegah Diabetes

Manfaat terakhir sayur beluntas yang satu ini datang dari kandungan flavonoid yang dapat menghambat aktivitas enzim glukosidase secara signifikan. Hal ini akan membuat  turunnya kadar glukosa dalam darah sekaligus memberi kemampuan tubuh untuk meregenerasi sel-sel yang rusak di pankreas sehingga defisiensi insulin dapat diatasi.

Bahaya Mengkonsumsi Daun Beluntas Secara Berlebihan

Meskipun ada banyak manfaat sayur beluntas untuk kesehatan tubuh, tetapi Anda tidak boleh mengkonsumsinya dalam jangka waktu panjang atau berlebihan. Pasalnya daun beluntas yang memiliki rasa sedikit manis dan asam  yang khas ini juga memiliki kandungan sodium dan klorida yang cukup tinggi.

Sehingga dapat membahayakan penderita hipertensi dan penyakit jantung. Karena itu jika Anda memiliki riwayat medis menderita kedua penyakit ini  sebaiknya membatasi konsumsi daun beluntas ini. Namun lebih baik lagi jika Anda mengkonsultasikannya kepada dokter sebelum mengkonsumsinya.

Itulah berbagai khasiat dan manfaat sayur beluntas untuk kesehatan yang harus Anda ketahui. Selain dijadikan jamu dan teh, Anda juga dapat menjadikan beluntas sebagai lalapan maupun mengolahnya menjadi sayur yang lezat. Anda dapat mencari berbagai resep sayur beluntas dengan mudah di internet. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *