Inilah Manfaat Air Tajin Yang harus Diketahui Para Ibu

manfaat air tajin
16/01/2021 0 Comments

Ibu-ibu Indonesia sejak zaman dahulu banyak mengambil air tajin untuk dikonsumsi anak-anak. Mungkin dahulu, belum ada penelitian empiris yang bisa membuktikan bahwa air tajin memang baik dikonsumsi anak-anak. Tapi saat ini, penelitian banyak membuktikan bahwa manfaat air tajin dapat diambil untuk anak-anak tapi juga orang dewasa.

Sayangnya, kualitas beras putih saat ini kurang baik untuk diambil air tajinnya. Karena kulit ari beras yang banyak mengandung nutrisi kebanyakan sudah terkikis ketika digiling. Sehingga hasillnya adalah beras yang putih, mengkilap dan wangi. Padahal nutrisi beras terbanyak terdapat pada kulit arinya. Saat ini beras yang nutrisinya masih terjaga adalah beras merah atau hitam.

Manfaat Air Tajin

Sehingga untuk mengambil manfaat air tajin, sebaiknya gunakan air tajin dari beras merah atau beras hitam. Jenis beras ini memiliki kulit yang lebih keras dari beras putih pada umumnya. Karena hanya dikupas kulit luarnya saja. Sehingga ketika memasak membutuhkan air lebih banyak dari beras biasa. Berikut beberapa manfaat dari air tajin beras yang kaya nutrisi:

1. Untuk Pencernaan

Air tajin dipercaya dapat meredakan maagh akibat tingginya produksi asam lambung. Kandungan amylum dalam air tajin dapat meredakan rasa perih ketika asam lambung tinggi dan menetralisir sifat asamnya. Orang yang menderita sakit maagh dapat mengonsumsi air tajin sekali atau dua kali dalam sehari.

Selain untuk mengatasi sakit akibat asam lambung, air tajin juga dapat meredakan sembelit dan diare. Kandungan mineralnya dapat membantu bakteri baik dalam usus bekerja seimbang. Sehingga metabolisme pencernaan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Tidak heran jika zaman dahulu banyak ibu yang menambah air tajin untuk makanan bayi. Selain untk menetralkan organ perut, manfaat air tajin untuk pencernaan juga bisa dirasakan oleh bayi. Kandungan nutrisi, vitamin B dan D yang dikandungnya dapat menjadi alternatif makanan pendamping ASI.

 Air tajin dapat ditambah garam dan gula merah untuk menambah rasa ketika anak mulai berusia 8 bulan dan mulai belajar mencecap rasa. Air tajin juga bisa ditambah susu formula sesuai usia anak untuk makanan tambahan. Bisa juga dicampur dengan sayur atau berbagai makanan lain agar anak dapat merasakan variasi makanan dengan berbagai rasa.

Bayi yang mendapat asupan air tajin sebagai makanan tambahan dapat melengkapi kebutuhan gizinya sehari-hari. Baik untuk cadangan energi, menurunkan demam, menguatkan tulang, hingga membantu penambahan berat badan. Pemberian air tajin untuk MPASI bayi tidak perlu dilakukan setiap hari. Cukup beberapa hari sekali.

Baca Juga : Yuk Cari Tahu 9 Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam mengambil manfaat air tajin untuk bayi adalah bahwa air tajin tidak bisa menggantikan susu. Baik ASI maupun susu formula. Karena kandungan susu dari ASI mengandung nutrisi lengkap yang dbutuhkan tubuh. Sementara air tajin hanya mampu melengkapi kekurangannya.

2. Untuk Organ Penting Tubuh

Air tajin yang dikonsumsi orang dewasa juga dapat berdampak baik bagi organ penting tubuh seperti jantung, ginjal dan membantu regenerasi sel baru. Pada jantung, manfaat air tajin adalah ketika kandungan kolesterol atau lemak pada darah terkontrol dalam batas normal. Kerja jantung menjadi ringan dan stabil.

Pada ginjal, asupan gizi dalam makanan yang tidak mengandung bahan kimia seperti tajin dapat meringankan dan membantu agar ginjal berfungi maksimal. Air tajin juga dipercaya mencegah perkembangan sel kanker. Namun untuk ini perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kebenarannya.

3. Untuk Mencegah Alzeimer

Air tajin mengandung magnesium, mineral lain dan vitamin E yang dapat membantu kelancaran neurotransmitter sel otak. Sementara itu alzeimer disebabkan oleh kelemahan neurotransmitter dalam memproses informasi antar sel otak. Sehingga konsumsi air tajin untuk lansia dinilai baik demi mencegah terjadinya alzeimer.

Selain dengan rutin konsumsi air tajin, untuk mencegah alzeimer pada lansia tetap perlu dilakukan treatment lain. Seperti olahraga, berpikir, menyelesaikan permainan logika, dan sebagainya. Karena aktivitas otak dapat membantu sel otak untuk tetap dapat bekerja sehingga terhindar dari kepikunan.

4. Untuk Menetralisir Alergi

Anak-anak yang alergi terhadap susu nabati seperti susu soya atau susu hewani seperti susu sapi dan susu formula dapat diberikan air tajin. Beberapa pengalaman menyebutkan bahwa setelah mengonsumsi air tajin ada anak-anak yang tidak lagi alergi terhadap susu. Mungkin pengalaman ini belum terbukti secara empiris, namun layak dicoba.

Masih banyak manfaat air tajin lain selain yang disebutkan di atas. Saat ini bahkan ada yang menggunakan air tajins ebagai salah satu bahan kosmetik. Air tajin dipercaya dapat menghilangkan jerawat, mengontrol kadar minyak di wajah, melembutkan kulit, hingga mengatasi iritasi pada kulit.

Selain itu, air tajin juga dipercaya dapat mengecilkan pori-pori wajah dan mencerahkan warna kulit. Caranya dengan menggunakan air tajin sebagai masker. Tentu sebaiknya tunggu air tajin sampai dingin sebelum diaplikasikan pad akulit wajah. Setelah dioles dan dibiarkan kering, air tajin di wajah dapat dibilas hingga bersih.

Demikian beberapa manfaat air tajin yang dapat dibuat dengan mudah dan murah di rumah. Selain menyehatkan, air tajin juga kaya manfaat, bukan? Maka jangan ragu untuk melebihkan air ketika memasak beras, sehingga bisa mengambil airnya setelah mendidih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.