Jam Kerja Organ Tubuh dan Kaitannya dengan Pengobatan

Menurut pengobatan Tiongkok, semua yang ada di alam memiliki aturannya masing-masing termasuk jam kerja organ tubuh manusia. Setiap organ di dalam tubuh memiliki jadwal bertugas dan istirahat yang berbeda-beda. Dengan mematuhi jadwal tersebut, kita bisa membangun pola hidup sehat dan mempercepat proses pemulihan ketika jatuh sakit. 

Mengetahui jam kerja organ tubuh juga memberi dampak positif bagi kesehatan mental. Orang yang memiliki jadwal teratur cenderung memiliki emosi lebih stabil daripada mereka yang beraktivitas secara acak. Sehingga, jadwal yang teratur membantu kita terbebas dari depresi. Berikut ini adalah petunjuk yang akan membantu Anda menuju hidup yang lebih sehat dari sebelumnya. 

Jam Kerja Organ Tubuh

Meski tubuh kita sedang beristirahat, ternyata organ-organ tubuh tetap ada yang bertugas. Penting bagi kita untuk mendapatkan cukup tidur, makanan bergizi dan berolahraga secara rutin untuk mengimbangi jadwal kerja mereka. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini!

Hati atau Liver

Jam kerja organ tubuh pada 23.00 sampai dengan 03.00 adalah jadwal untuk liver atau hati. Ia bertugas membersihkan racun atau zat-zat sisa yang tidak diperlukan. Herbalis Daun Hijau Mediabetea, Antony Kiro menyarankan pada jam ini sebaiknya kita harus berhenti dari segala aktivitas.

Untuk memaksimalkan kinerja liver, Anda harus sudah terlelap atau minimal berada dalam posisi berbaring. Jangan menonton TV atau mengoperasikan gadget pada jam-jam ini karena sinar yang terang dari elektronik membuat Anda tidak bisa tidur.

Orang yang masih terjaga di jam ini sering disebut perilaku begadang atau bisa juga mengalami gangguan tidur (insomnia). Akibatnya, pembersihan racun jadi tidak maksimal dan bisa menyebabkan nyeri otot, sakit kepala, hingga muncul jerawat.

Paru-paru

Sementara itu, pukul 03.00 hingga 05.00 merupakan jam kerja organ tubuh khususnya paru-paru untuk membersihkan sistem pernapasan. Tak heran bila pada jam ini Anda batuk dan bersin, namun tidak semua orang mengalaminya. 

Jam ini memiliki kaitan dengan kebiasaan orang-orang Muslim yang melakukan shalat tahajud di sepertiga malam. Sementara itu, orang yang hendak melaksanakan puasa juga dianjurkan makan sahur di jam ini. 

Kebiasaan bangun lebih awal identik dengan perilaku tokoh-tokoh terkenal. CEO PepsiCo Indra Nooyi, CEO Apple Tim Cook, dan CEO Disney Bob Iger adalah contoh orang-orang sukses yang punya kebiasaan bangun jam 04.30 pagi. 

Usus Besar

Pukul 05.00 hingga 07.00 adalah jam kerja organ tubuh khususnya usus besar dalam memproses makanan dan membuang racun. Sebagian orang sering merasa sakit perut di jam ini dan ingin buang air besar. Untuk mengimbangi jam sibuk usus besar, pilih menu sarapan ideal yaitu oatmeal, omelet, dan roti gandum.

Lambung

Sarapan sehat juga turut mendukung jam kerja organ tubuh. Jam 07.00 hingga 09.00 adalah jadwal bagi lambung untuk menyerap nutrisi makanan. Dengan terbiasa mengkonsumsi sarapan ideal, Anda bisa mendapatkan pasokan energi untuk beraktivitas. 

Sayangnya, banyak orang melewatkan sarapan karena beberapa alasan. Mulai dari rasa malas, takut sakit perut, bahkan tidak ada waktu. Melewatkan sarapan bisa menyebabkan asam lambung naik dan menyebabkan maag kronis. Sesibuk apa pun jadwal Anda, sempatkan untuk sarapan karena kebiasaan ini bisa membuat orang berumur panjang.

Limpa

Setelah mendapat pasokan makanan, tugas limpa mengedarkan nutrisi ke seluruh tubuh di jam 09.00 hingga 11.00. Biasanya di jam ini kita akan merasa lelah dan mengantuk sehingga dianjurkan untuk mengurangi aktivitas. Pukul 21.00 hingga 23.00, limpa kembali bekerja untuk melakukan regenerasi sel sehingga kita harus mempersiapkan diri untuk tidur.

Jantung 

Jam 11.00 hingga 13.00 adalah waktu terbaik untuk beristirahat sejenak dari kesibukan untuk menjaga kesehatan jantung. Pada jam kerja organ tubuh tersebut jantung cenderung mudah panas sehingga kita tidak boleh memaksakan diri terus-terusan bekerja. Ambil nafas dan pergilah makan siang. 

Telat makan atau jadwal makan yang tidak teratur bisa menyebabkan gejala asam lambung seperti mual dan muntah. Jika Anda mengalami gangguan pada lambung, kami sarankan konsumsi QNC Jelly Gamat yang terbuat dari ekstrak teripang. Banyak pelanggan kami berhasil sembuh dari asam lambung dan bisa makan kembali dengan normal setelah mengkonsumsi obat ini. 

QNC Jelly Gamat terbuat dari teripang, hewan laut yang mengandung gizi berlimpah dan sering digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Selain mengobati asam lambung dan maag kronis, obat ini juga dapat menjaga daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan jantung. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.