Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan, Jangan Remehkan!

Bawang putih selain digunakan sebagai bahan bumbu masakan, juga dapat digunakan sebagai pendukung kesehatan bagi tubuh dan pengobatan. Bagi Anda yang tidak menyukai bawang putih sebaiknya membiasakan diri untuk mengkonsumsi bumbu dapur satu ini. Khasiat bawang putih didukung oleh kandungan didalamnya yang memiliki manfaat luar biasa. Mari simak ulasan lebih lanjut mengenai kandungan bawang putih sebelum lanjut pada khasiatnya.

Kandungan dan Khasiat Bawang Putih

Bawang putih adalah tanaman yang memiliki nama latin Allium Sativum L. Kandungan yang dimiliki oleh bawang putih digunakan untuk memasak, mendukung kesehatan tubuh manusia sekaligus pengobatan. Kandungan yang dimaksud adalah kandungan kimia di dalam bawang putih yang mempunyai aktivitas biologi atau senyawa organosulfur. Tentu semakin penasaran ya dengan khasiat bawang putih, mari kita urai lebih dulu mengenai kandungan tersebut.  

1. Alliin

Senyawa Alliin adalah senyawa sulfur yang sangat bermanfaat dalam menunjang aroma dan rasa masakan serta kesehatan tubuh. Alliin paling banyak terdapat dalam bawang putih, berperan pada bau dan rasa. Bermanfaat juga sebagai anti bakteri.

2. Allicin

Allicin digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit kronis dan mematikan, seperti kanker. Biasa disebut sebagai senyawa sulfur yang volatil karena kurang stabil, sangat dipengaruhi oleh panas, oksigen, udara dan lingkungan basa.

3. Kelompok Allil sulfida

Senyawa sulfur yang larut dalam lemak (DAS) dan yang larut dalam air atau S-allil Sistein (SAC). Mampu menghambat kecepatan sintesis kolesterol sehingga senyawa ini bermanfaat sebagai anti kolesterol.

4. Kelompok Ajoene.

Senyawa aktif umbi bawang putih yang dapat mempengaruhi kontraksi otot jantung dan otot polos pembuluh darah. Senyawa ini dapat membantu masalah hipertensi, atau disebut anti hipertensi.

5. Kandungan gizi

Bawang putih mengandung Selenium, Mangan, Seng, Sodium, Kalium, Fosfor, Magnesium, Zat Besi, Kalsium, Vitamin C, Folat, Vitamin B6, Asam pantotenat, Niacin, Riboflavin, Thiamnine, Beta Karoten, Protein, Lemak, diet serat, gula dan karbohidrat.

Luar biasa bukan kandungannya, tentu hal ini sangat berpengaruh pada khasiat bawah putih itu sendiri. Secara tradisional bawang putih sudah lama digunakan sebagai penunjang kesehatan dan secara penelitian ilmiah bawang putih digunakan sebagai pengobatan. Seperti yang sudah disinggung sedikit diatas, mari lanjut pada pembahasan secara detail bagaimana kandungan bawang putih dapat berkhasiat bagi kesehatan.

Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Banyak tanaman yang memiliki khasiat luar biasa, begitu juga dengan bawang putih. Manfaat dari bawang putih ini tidak hanya untuk pelengkap bumbu masak saja tetapi sebagian besar orang sudah memanfaatkan khasiat bawang putih bagi kesehatan secara tradisional. Seperti mengatasi tekanan darah tinggi dan keluhan kesehatan lainnya.

1. Anti-bakteri

Kandungan Alliin dalam bawang putih membantu berperan sebagai anti bakteri yang baik bagi tubuh. Jadi ketika Anda memiliki keluhan pencernaan misalnya, mengkonsumsi bawang putih dapat menjadi pilihan. Cukup dengan mencampurkan irisan bawang putih mentah ke dalam makanan.

2. Anti-hipertensi

Khasiat bawang putih yang lain adalah membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara efektif. Sehingga sebagian orang ketika selesai menikmati santapan yang dapat memicu tekanan darah tinggi, mengkonsumsi bawang putih mentah. Saat ini sudah tersedia bawang putih dalam bentuk bubuk yang digunakan sebagai penawar tekanan darah tinggi.

Baca Juga : 7 Ragam Manfaat Kacang Almond Efektif

3. Anti-diabetes

Bawang putih membantu meningkatkan pelepasan insulin oleh pankreas sehingga dapat menurunkan kadar gula darah. Hal ini dilakukan oleh Alliin dan Allisin dengan mekanisme perangsangan pankreas untuk mengeluarkan sekret insulin lebih banyak.

4. Anti-oksidan

Senyawa Anti oksidan ini sangat dibutuhkan tubuh untuk menghindari penuaan dini, penyakit kardiovaskuler, kanker dan neurodegenerasi. Bawang putih menyediakan manfaat anti oksidan untuk menghambat proses oksidasi.

5. Anti-kolesterol

Bawang putih mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh manusia. Sehingga Bawang putih dapat mengurangi pembekuan darah dan mengurangi tekanan darah, sehingga penting dalam terapi penyakit kardiovaskuler.

Khasiat bawang putih benar-benar membuat kita tersadar bahwa ada bahan alami sekitar kita yang dapat menjadi penawar. Dapat menjadi obat dari berbagai macam keluhan penyakit tua. Selain itu Juga dapat membantu menjaga kesehatan sebagai pencegah dari berbagai penyakit. Karena Pencegahan lebih penting dari pada mengobati, selain biaya yang tidak tinggi juga dapat membuat kita terus beraktivitas dengan normal.

Bagi Anda yang tidak begitu menyukai aroma yang ditimbulkan dari bawang putih, tidak perlu khawatir. KarenaSaat ini banyak sekali olahan bawang putih seperti dalam bentuk bubuk dan sebagainya. Jadi, tidak sulit untuk mengkonsumsi. Selain mudah untuk diperoleh, khasiat bawang putih sangat memberi Anda kemudahan dalam pencegahan berbagai penyakit. Jangan remehkan untuk hidup sehat dengan bahan alam di sekitar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *