Khasiat Buah Blueberry Untuk Kesehatan Mata

Khasiat Buah Blueberry Untuk Kesehatan Mata

Khasiat Buah Blueberry Untuk Kesehatan MataApakah Anda memiliki keluhan permasalahan mata khususnya masalah mata minus atau mata plus? Jika memang iya, berikut ini ada satu alternative menyembuhkan permasalahan tersebut. Bagaimana caranya? Manfaatkanlah khasiat blueberry untuk mata. Terapi blueberry dipercaya mampu menyembuhkan beberapa permasalahan mata.

Masih ragu dan belum percaya? Artikel ini akan menjelaskan sedikit khasiat blueberry untuk mata, kesehatan tubuh dan juga kesehatan otak.

Asal dan Kandungan Penting dalam buah Blueberry

Blueberry merupakan jenis tanaman yang berasal dari Amerika Utara. Tumbuhan ini tumbuh layaknya semak dengan besar mulai 1cm sampai 4m. Blueberry memiliki karakteristik daun yang bisa berganti atau bisa juga tetap hijau sepanjang tahun. Bunga dari tanaman ini bewarna merah, putih, merah muda pucat, dan adapula yang kehijauan.

Meskipun blueberry ini merupakan tumbuhan asli dari Amerika Utara, namun kita juga bisa menemukannya di Amerika Selatan, Selandia Baru, dan juga Australia. Dari beberapa negara-negara inilah kemudian blueberry didistribusikan hingga ke seluruh pasar di dunia.

Sama halnya dengan jeruk, Blueberry memiliki kandungan alami yang luar biasa. Malah bisa dibilang menandingi jeruk. Pada beberapa penelitian yang dilakukan di Jepang, Eropa dan Amerika, buah ini berkhasiat untuk mata seperti mengatasi mata lelah, melindungi pembuluh darah mata serta meningkatkan daya penglihatan.

Kandungan antioksidannya yang tinggi sangat bermanfaat untuk kesehatan. Adapun jenis antioksidan yang ada dalam buah ini dikategorikan jenis yang kuat yakni dari jenis Anthocyanidins – polifenolik. Kandungan antioksidan ini biasanya terdapat pada buah yang bewarna dasar merah, hitam dan ungu.

Kandungan lain yang terdapat dalam buah ini antara lain vitamin (A, C, dan E), serat dan mangan. Sebuah penelitan yang dilakukan oleh kelompok ilmuwan NIH pada tahun 1999 menyebutkan jika blueberry mampu mencegah penuaan dini.

Selain kandungan penting diatas, lantas apakah ada kandungan khusus dalam buah blueberry yang berkhasiat untuk mata? Ya, ada. Lebih lengkapnya simak uraiannya dibawah ini!

Khasiat Blueberry Untuk Mata dan Kesehatan Otak

Kaitannya dengan khasiat blueberry untuk mata, blueberry memiliki kandungan VMA yang tinggi. Kandungan VMA yang ada dalam buah blueberry secara tidak langsung berperan mendorong produksi rhodopsin serta mencegah myopia dan detasemen pada retina. Nah, dalam penelitian lebih lanjut diketahui jika mengonsumsi 120-250mg VMA bisa meningkatkan daya penglihatan di tempat gelap.

Buah blueberry cukup santer digunakan sebagai obat tradisional menyembuhkan penyakit mata karena kandungan antosianosidanya yang tinggi. Sama dengan VMA yang memiliki khasiat untuk mata, zat ini memiliki tugas untuk membangun kapiler yang kuat pada pembuluh darah mata sehingga aliran darah dan oksigen yang menuju ke dalam kapiler bisa lebih lancar.

Nah, jika sistem aliran darah dan oksigen ke mata ini lancar, maka bisa mengurangi resiko glaucoma dan mencegah hipertensi okular. Katarak, rabun senja dan penglihatan buram juga bisa disembuhkan dengan terapi blueberry. Kandungan flavonoid yang ada pada blueberry mampu memproduksi kolagen yang bertugas untuk melindungi daerah di sekitar retina.

Selain khasiat blueberry untuk mata, buah satu ini juga bermanfaat untuk anak-anak. Diketahui dalam Journal of The Academy of Nutrition and Diabetics, jika anak rajin mengonsumsi buah berry ini setiap harinya satu cangkir saja, maka mampu mengurangi risiko gangguan kardiovaskular dan penyakit jantung.

Tak hanya itu, blueberry juga disebut mampu meningkatkan kemampuan otak khususnya untuk fungsi kognitif serta mengingat. Jadi bisa dikatakan jika buah blueberry tak hanya mengatasi masalah mata saja namun juga turut membantu peningkatan IQ anak.

Itulah sedikit ulasan terkait dengan khasiat blueberry untuk mata dan otak. Selain dua hal tersebut banyaknya kandungan vitamin yang ada didalamnya juga memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan. Penasaran ingin mencoba khasiat blueberry untuk mata ini? Langsung coba dan buktikan kebenarannya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.