Macam-macam Gangguan Jiwa yang Perlu Anda Ketahui

Kesehatan, RismanHerbal.com: Macam-macam gangguan jiwa atau mental illness adalah kondisi yang mempengaruhi cara berpikir, perasaan, suasana hati bahkan perilaku seseorang. Mental illness bisa sembuh dengan pengobatan oleh psikolog atau psikiater. Para ahli akan memberi terapi khusus serta meresepkan obat-obatan. Sama seperti penyakit pada umumnya, kondisi ini dapat terjadi sekali dan ada yang berulang.

Macam-macam Gangguan Jiwa yang Umum Terjadi

Jenis gangguan mental berbeda-beda tergantung dari beberapa faktor. Mental illness atau gangguan mental memiliki lebih dari 100 jenis. Beberapa jenis ini paling sering terjadi. Berikut ini penjelasannya.

Anxiety Disorder

Gangguan kecemasan atau atanxiety disorder adalah satu dari macam-macam gangguan jiwa yang umum terjadi. Orang yang mengalami gangguan ini merasa cemas dan khawatir pada suatu hal dan keadaan. Biasanya muncul perasaan cemas berlebihan dan sangat mengganggu aktivitas.

Mental Illness satu ini paling mudah terdeteksi oleh penderitanya jika mengalami kecemasan yang berlebih, hingga menimbulkan kewaspadaan yang berlebih. Hilang konsentrasi sampai mengganggu jam tidur merupakan gejala anxiety disorder. Perawatan untuk kesembuhan pasien berupa terapi, konseling, dan konsumsi obat-obatan termasuk antidepresan.

Depresi

Gejala depresi merupakan gangguan jiwa yang paling umum terjadi. Suasana hati yang terganggu, biasanya muncul dengan kesedihan yang berlarut dan berujung pada rasa tidak peduli dengan diri sendiri. Depresi yang berkepanjangan tanpa penanganan yang tepat dan berakibat buruk. Produktivitas menurun bahkan timbul rasa ingin bunuh diri.

Ciri-ciri psikologi seseorang mengalami depresi adalah cemas berlebih, emosi yang tak stabil serta putus asa dan frustasi. Selain itu, ciri-ciri fisiknya pun ada. Biasanya terlihat lesu dan tidak bertenaga, selera makan yang berkurang dan merasa pusing atau nyeri tanpa sebab.
Beberapa faktor seperti trauma pada suatu peristiwa dapat memicu depresi, penyakit kronis, pola pikir yang salah dan tekanan batin.
Penderita akan menjalani terapi berjalan dan mengonsumsi obat-obatan. Jika gejalanya parah, maka pasien perlu mendpat perawatan di rumah sakit.

Skizofrenia

Skizofrenia adalah kondisi dimana penderitanya tidak dapat membedakan kenyataan dan khayalan. Mental Illness ini tergolong kronis karena dapat bertahan hingga bertahun-tahun, ada pula yang tidak dapat sembuh. Penyebab penyakit ini masih belum jelas, bisa jadi berasal dari faktor genetik dan lingkungan. Selain itu, perubahan senyawa kimia yang ada di otak berperan penting dalam terjadinya penyakit mental ini.

Sama halnya dengan Mental Illness yang lain, perawatannya berupa terapi dan obat-obatan. Dokter bisanya meresepkan antipsikotik dan anti-tremor. Antipsikotik adalah obatan untuk menyembuhkan penyakit terkait halusinasi. Sedangkan anti-tremor untuk mengatasi gerakan-gerakan yang tak terkendali. Pada banyak kasus gangguan ini sulit untuk sembuh sehingga penderitanya akan mengalami seumur hidup.

ADHD

Attention Deficit Hyperactivity Disorder atau ADHD merupakan gangguan mental yang paling sering terjadi pada anak-anak. Ciri-cirinya sulit berkonsentrasi, hiperaktif dan impulsif. Gangguan ini bertahan sampai anak menjadi dewasa. Meski memerlukan diagnosa medis, orang awam dapat mengetahui ciri gangguan ini. Umumnya, kesulitan fokus, perilaku agresif, gelisah, terlalu bersemangat, sering lupa hingga gangguan belajar. Perawatan berupa terapi, konseling dan obat-obatan. Stimulan dan pengobatan untuk peningkatan segi kognitif.

Bipolar Disorder

Dari macam-macam gangguan jiwa, bipolar disorder terdengar familiar di telinga kita. Hal ini karena beberapa publik figur tanah air mengalaminya. Bipolar Disorder adalah suatu gangguan suasana hati dan perubahannya tidak stabil. Orang yang mengalaminya bisa merasa bahagia, sedih atau marah di saat bersamaan.

Bipolar Disorder memiliki 3 gejala episode. Episode manik, depresi dan mood. Pada episode manik, seseorang akan menjadi sangat berenergi, berkhayal dan jam tidur berkurang. Lalu episode depresi yaitu seseorang berada pada posisi terpuruk. Ia menjadi tidak bergairah, hilang motivasi dan enggan beraktivitas. Pemberian terapi dan obat-obatan seperti antikonvulsan dan antipsikotik. Bila perlu, pasien akan menjalani rawat inap.

Itulah macam-macam gangguan jiwa atau mental illness yang umum terjadi. Meski penyebab pastinya tidak diketahui, beberapa faktor ini dapat memicu munculnya gangguan mental pada seseorang.

  • Riwayat keluarga (genetik), perubahan senyawa kimia otak, cacat, gizi buruk.
  • Peristiwa traumatis, kesepian, sulit bergaul.
  • Kehilangan orang terkasih, kehidupan keluarga tidak harmonis.

Setiap penyakit baik fisik maupun mental harus mendapatkan perawatan yang tepat. Jika tidak, akan berdampak buruk bagi penderita juga lingkungan. Jika anda atau keluarga mengalami gejala-gejala di atas, segera konsultasi ke psikiater maupun psikolog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *