12 Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan, Tak Disangka

Daun katuk memiliki nama latin sauropus androgynous. Nah, pasti semua sudah tahu bahwa daun katuk sering dimanfaatkan oleh ibu menyusui sebagai booster ASI tentunya. Cara pengolahannya pun cukup fleksibel, dapat dimasak sebagai sayur kuah, lalap atau diseduh seperti teh. Namun, ternyata manfaat daun katuk juga sangat bagus untuk kesehatan manusia.

Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan Tubuh

Daun katuk yang terkenal sebagai pelancar ASI ternyata sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh, antara lain.

1. Sebagai Sumber Nutrisi Alami

Daun katuk mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Beberapa di antaranya adalah protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, folat, kalium, zinc, magnesium, kalsium, lemak, serat dan kaya akan zat besi. Cukup dengan seratus gram daun katuk Anda sudah dapat memperoleh nutrisi cukup lengkap.

2. Mencegah Obesitas

Manfaat daun katuk salah satunya dapat mencegah kegemukan atau obesitas. Hal ini dikarenakan ekstra dari daun katuk berfungsi untuk mengurangi terbentuknya jaringan lemak pada tubuh. Dengan mengkonsumsi estrak dari daun katuk, maka risiko obesitas dapat dikurangi sehingga tubuh juga menjadi lebih sehat.

3. Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah

Daun katuk juga dapat membantu penurunan kadar gula dalam darah. Sebab, daun katuk mengandung polifenol yang dapat membantu dalam proses produksi insulin dan membuat kerjanya membuat semakin efektif. Dengan konsumsi teratur daun katuk dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit diabetes.

4. Penyembuhan Luka dan Anti radang

Manfaat dari daun katuk juga dapat dijadikan sebagai obat penyembuh luka. Daun katuk mengandung anti oksidan yang tinggi, salah satunya adalah zat flavonoid. Di mana flavonoid ini merupakan zat anti radang yang dapat mengatasi peradangan dalam tubuh. Dengan demikian dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Baca Juga : Pasti Ampuh! Ini 9 Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan

Menurut beberapa sumber, ekstrak dari daun katuk mengandung anti jamur dan anti bakteri, yang mana hal ini sangat bagus. Jika Anda sedang dalam masa penyembuhan setelah sakit, mengonsumsi daun katuk mampu mempercepat tubuh menjadi cepat pulih.

5. Sebagai Peningkat Imunitas Tubuh

Manfaat daun katuk yang lain yaitu dapat meningkatkan kekebalan dan imunitas tubuh. Hal ini disebabkan karena daun katuk mengandung banyak vitamin C dan anti oksidan. Di mana vitamin C dan anti oksidan ini merupakan faktor utama pembetu ketahan tubuh. Nah jika ingin tubuh Anda sehat dan tidak mudah tertular penyakit, alangkah baiknya Anda mengkonsumsi daun katuk secara rutin.

6. Meredakan Gejala Flu

Daun katuk juga mengandung efedrin. Efedrin adalah zat yang terkandung pada obat dalam penatalaksanaan hidung tersumbat (flu), bronkospasma akut, dan hipotensi. Oleh karena itu, ketika sedang menderita flu ada baiknya Anda mengonsumsi daun katuk secara teratur, maka gejala flu akan berkurang.

7. Kesehatan Tulang Dan Gigi

Manfaat daun katuk juga dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hal ini dikarenakan daun katuk mengandung kalsium yang tinggi. Kalsium ini adalah nutrisi yang sangat bagus bagi pembentukan tulang maupun gigi, menjadikan tulang gigi lebih kuat. Selain itu kalsium alam daun katuk juga bermanfaat untuk mencegah osteoporosis yaitu pengeroposan pada tulang.

8. Meredakan Deman

Kandungan efedrin dalam katuk, selain dapat meredakan gejala flu sekaligus dapat meredakan panas saat terjadi demam. Caranya yaitu dengan membuatnya menjadi sayur dan makan dalam keadaan hangat.

9. Bagi Ibu Menyusui

Yang paling terkenal dari manfaat daun katuk ini yaitu sangat berguna bagi ibu menyusui. Di dalam daun katuk terdapat sterol kimia inhalasi. Di mana zat tersebut dapat mendorong produksi hormon oksitosin dan hormon prolaktin. Seiring dengan semakin meningkatnya hormon oksitosin dan prolaktin, maka produksi ASI juga akan semakin melimpah.

Kandungan nutrisi lain seperti vitamin B dan C, zat besi, fosfor dan asam amino juga dapat membantu membuat tekstur ASI menjadi lebih lembut. Oleh karenanya banyak ibu menyusui yang memanfaatkan daun ini sebagai booster ASI mereka.

10. Untuk Kesehatan Mata

Daun katuk juga mengandung vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata ya. Sebab, vitamin A membantu proses metabolise sel, terutama sel yang terletak pada lapisan retina paling luar. Kondisi ini bermanfaat untuk memudahkan mata dalam beradaptasi terhadap cahaya gelap maupun terang.

Baca Juga : Inilah 5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Dengan Baik

11. Membantu Vitalitas

Manfaat yang belum diketahui banyak orang tentang daun katuk adalah dapat membantu meningkatkan vitalitas, terutama pada laki-laki. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan magnesium, vitamib B kompleks, serta zat besi dalam daun katuk. Mineral dan vitamin tersebut yang sangat berpengaruh terhadap vitalitas. Jika tertarik meningkatkan vitalitas secara alami, mulailah mengonsumsinya.

Nah yang paling penting adalah bagi Anda yang sedang dalam progam diet, manfaat daun katuk juga dapat membantu menurunkan berat badan loh. Sebab, daun katuk tinggi serat dan flavonoid yang khasiatnya dapat mencegah kenaikan berat badan. Cocok sekali, dengan harga yang cukup murah Anda sudah dapat membuat menu diet andalan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *