Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan, Tinggi Vitamin A

Selain menjadi simbol perayaan Halloween, ada beragam manfaat labu kuning untuk kesehatan. Mulai dari menyehatkan mata hingga membantu pemulihan pasien Covid-19, buah berwarna mencolok ini harus kita masukkan ke dalam menu sehari-hari. Pasalnya, hampir seluruh bagian dari labu kuning bisa kita konsumsi sehingga nutrisi harian tubuh dapat terpenuhi. 

Perayaan Halloween pertama kali dicetuskan oleh Jack O’Lantern yang mengukir wajah menyeramkan pada buah labu kuning. Ia adalah seorang imigran dari Irlandia yang tinggal di Amerika dan labu kuning merupakan tanaman dari tempat asalnya. Perayaan Halloween jatuh pada tanggal 31 Oktober 2021 sebagai penanda berakhirnya musim panas sekaligus bertujuan mengusir roh-roh jahat.

Meski tidak semua orang merayakan Halloween, tapi manfaat labu kuning untuk kesehatan sudah terbukti oleh beberapa penelitian. Warna mencolok pada buah ini menandakan tingginya vitamin A yang berkhasiat untuk menjaga penglihatan. Mengkonsumsi vitamin A secara rutin juga bisa membuat wajah tampak lebih muda! Benarkah demikian?

Menyehatkan Mata

Untuk menjaga penglihatan tetap tajam, mengkonsumsi makanan bergizi sangat penting. Labu kuning termasuk pada golongan buah-buahan yang mengandung vitamin A setelah wortel dan pepaya. Dalam 250 gram labu kuning, terdapat sekitar 800-900 mikrogram vitamin A yang berkhasiat untuk mencegah penyakit glaukoma dan mata minus.

Selain vitamin A, manfaat labu kuning untuk kesehatan mata juga terletak pada kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin. Antioksidan ini dapat melindungi sel-sel saraf mata dari kerusakan, mencegah penyakit glaukoma dan katarak pada lansia. Pekerja dan pelajar yang sering menatap layar komputer harus makan buah ini setiap hari. 

Cara lain untuk memelihara organ penglihatan adalah dengan mengkonsumsi suplemen Limatta yang sudah terdaftar BPOM. Produk ini terbuat dari ekstrak buah blueberry, wortel, dan jeruk bergamot yang tinggi vitamin A. Limatta Softgel dapat mengobati mata minus, mata berair, glaukoma, katarak, dan berbagai keluhan lainnya.

Merawat Kulit

Manfaat labu kuning untuk kesehatan menjadi semakin berlimpah berkat adanya vitamin C. Dengan kombinasi vitamin C, vitamin A, dan antioksidan kita tidak hanya menurunkan resiko penyakit tapi juga merawat kulit dari dalam. Kombinasi ini merupakan ramuan super untuk menghambat penuaan, bekerja dengan cara mengurangi kerutan dan menyamarkan garis-garis halus. 

Labu kuning ternyata tidak hanya memberikan rasa manis dan tekstur yang lembut di mulut, tapi mudah sekali bagi kita untuk membuat masker wajah dari bahan satu ini. Gunakan blender untuk menghaluskan buah labu, Anda juga bisa menambahkan madu, sari kurma, atau propolis agar perawatan wajah semakin optimal. Oleskan ke seluruh permukaan wajah, biarkan selama 5 menit lalu bilas dengan air bersih. 

Keuntungan yang bisa kita dapat dengan memakan atau menggunakan labu kuning antara lain; mencerahkan wajah, mengempeskan jerawat, dan mengurangi kerutan. Karena buah ini berasal dari tanaman, maka tidak ada efek samping dan aman bagi kulit sensitif sekalipun. Wanita hamil dan menyusui bisa ikut merawat kulit dengan nyaman.

Membantu Pemulihan Pasien Covid-19

Sempat beredar broadcast di Whatsapp yang menyebutkan seorang pasien Covid-19 menjadi negatif hasil tes-nya setelah makan labu kuning kukus. Dilansir dari Halodoc (22/07/2021), tidak ada bukti yang bisa mendukung pernyataan tersebut. Apabila pasien Covid-19 sembuh setelah makan labu kukus, maka itu hanya kebetulan belaka. 

Manfaat labu kuning untuk kesehatan berfungsi untuk menunjang pemulihan pasien, bukan sebagai obat Covid-19. Jadi, kita memang perlu makan-makanan bergizi selama pandemi agar tidak mudah terserang penyakit. Namun bukan berarti ini bisa menjamin 100% bebas dari virus corona, tetap saja harus ada tindakan medis dari dokter jika sudah mengalami gejala Covid-19 seperti sesak napas dan batuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.