13 Manfaat Menakjubkan Propolis Untuk Kesehatan

Apa itu propolis?

Mungkin diantara Anda masih ada yang belum tahu apa itu propolis, dan apa bedanya dengan madu? Proplis sering dikenal juga sebagai lem lebah. Propolis merupakan campuran alami yang dihasilkan oleh lebah madu dari beberapa hal, termasuk zat yang mereka kumpulkan dari bunga, kuncup dan sumber getah lainnya. Berbagai penelitian membuktikan bahwa propolis ini memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan dan tidak kalah baiknya dengan madu. Inilah yang menjadikan propolis menjadi salah satu hasil alam yang juga banyak dipergunakan sebagai suplemen maupun pengobatan berbagai penyakit. Maka dari itu, pada artikel kali ini kami akan membahas “13 Manfaat Menakjubkan Propolis Untuk Kesehatan”.

13 Manfaat Menakjubkan Propolis Untuk KesehatanSelama ribuan tahun, propolis telah diperoleh dan diekstrak dari sarang dan digunakan dalam obat-obatan tradisional. Tidak hanya digunakan untuk memperbaiki sarang, propolis juga melindungi terhadap penyakit dan menyediakan lingkungan yang sehat bagi lebah untuk bertahan hidup.

Dengan munculnya berbagi informasi global, propolis sekali lagi semakin populer berkat banyak kualitas manfaatnya. Manfaat kesehatan ini sebagian besar disebabkan adanya kandungan penting seperti terpenes, minyak esensial , antioksidan, senyawa organik, dan asam alami yang ditemukan dalam propolis. Daerah yang berbeda mengandung susunan nutrisi dan spesies bunga yang berbeda, sehingga propolis dapat bervariasi dalam kombinasi di seluruh dunia. Sekarang, mari kita lihat lebih dekat beberapa manfaat kesehatan dari propolis!

  • Meningkatkan Imunitas

Kemampuan antiseptik propolis sebenarnya dampaknya jauh lebih besar terhadap sistem kekebalan kita. Dengan mengkonsumsi sejumlah kecil propolis setiap hari, Anda benar-benar dapat meningkatkan kekuatan sistem kekebalan Anda karena efek antivirus dan antibakterinya yang alami. Sistem kekebalan Anda dapat menggunakan semua bantuan yang bisa didapat, dan komposisi unik propolis yang ditemukan di seluruh dunia memberikan dorongan antioksidan ke seluruh sistem tubuh Anda.

  • Membunuh Bakteri

Satu studi menyelidiki kemampuan anti-bakteri propolis lebah pada mulut. Para peneliti membandingkan propolis dengan kalsium hidroksida, yang tampaknya merupakan anti-mikroba yang sangat efektif, dan menemukan bahwa secara signifikan lebih kuat dalam menghilangkan kuman tertentu daripada kalsium.

Propolis secara tradisional telah digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan seperti pilek dan flu, dan penelitian ini dengan jelas menunjukkan bagaimana sifat pencegah bakteri yang kuat bekerja di seluruh tubuh.

  • Melancarkan Sirkulasi Darah

Beberapa bahan aktif lain yang ditemukan dalam propolis menstimulasi sistem sirkulasi dalam tubuh, yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan oksigenasi ke berbagai bagian tubuh. Hal ini berarti propolis dapat berperan aktif dalam peningkatan energi, penyembuhan luka yang lebih cepat, dan metabolisme yang lebih sehat. Aliran darah melalui arteri dan pembuluh darah juga penting untuk meningkatkan kesehatan jantung, dan mengurangi kemungkinan pembekuan darah, aterosklerosis, dan serangan jantung atau stroke.

  • Menurunakn Tekanan Darah

Nitrit oksida adalah zat yang sangat penting untuk kesehatan jantung. Lapisan dalam pembuluh darah Anda menggunakan oksida nitrat untuk memberi sinyal otot-otot halus sekitarnya untuk bersantai, sehingga mengakibatkan vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah) dan peningkatan aliran darah.

Kekurangan bioavailabilitas nitrit oksida menjadi salah satu penyebab utama timbulnya tekanan darah tinggi. Dan Tirosin hidroksilase/TH merupakan enzim yang membatasi jumlah oksida nitrat yang dapat Anda hasilkan.

Peneliti memiliki firasat bahwa propolis dapat menurunkan TH dan mampu menurunkan tekanan darah. Maka mereka mengambil sekelompok tikus dan memberi mereka makan sesuatu yang disebut nitro-l-arginine methyl ester selama 15 hari, untuk menghasilkan tekanan darah tinggi. Mereka kemudian memberi makan tikus propolis selama lima hari terakhir.

Dan yang mereka temukan setelah melakukan penelitian ini adalah propolis mampu menurunkan aktivitas TH pada tikus. Sebagai hasilnya, mereka menyarankan bahwa propolis dapat membantu mengatur tekanan darah.

Jika Anda menderita hipertensi, mengambil obat herbal dengan bahan utama propolis bisa menjadi pilihan terbaik karena telah terbukti menurunkan tekanan darah.

  • Membantu Mengobati Penyakit Tulang

Propolis ternyata juga mempunyai manfaat yang besar terhadap kesehatan tulang. Para ilmuwan baru-baru ini menyelidiki apakah senyawa yang sangat kuat yang ditemukan dalam propolis bernama Caffeic Acid Phenethyl Ester dapat menghentikan atau membalikkan penyakit tulang osteolitik? Mereka menemukan bahwa senyawa ini sangat efektif menekan senyawa inflamasi yang menyebabkan penyakit tulang dan bahkan propolis yang disarankan mungkin merupakan pengobatan potensial untuk penyakit penguraian tulang seperti osteoporosis.

Maka dari itu, jika Anda menderita osteoporosis atau memiliki sejarah dalam keluarga Anda, mengambil dosis harian propolis bisa menjadi hal yang sangat bijaksana untuk kesehatan tulang Anda!

  • Membantu Pengobatan Alergi

Caffeic Acid Phenethyl Ester merupakan salah satu senyawa yang sangat kuat yang ditemukan dalam propolis. Para ilmuwan baru-baru ini menyelidiki apakah Caffeic Acid Phenethyl Ester dapat menghentikan atau membalikkan penyakit tulang osteolitik. Mereka menemukan bahwa senyawa ini sangat efektif menekan senyawa inflamasi yang menyebabkan penyakit tulang dan bahkan propolis yang disarankan mungkin merupakan pengobatan potensial untuk penyakit penguraian tulang seperti osteoporosis.

  • Efektif Membunuh Sel Kanker

Salah satu manfaat propolis yang luar biasa ialah kemampuannya yang bersifat anti-tumoral dan antikanker. Saat ini ada lebih dari 300 studi ilmiah dan artikel yang berfokus pada propolis dan pengobatan kanker. Dua polifenol propolis seperti Ester Phenethyl Asam Caffeic dari propolis poplar dan Artepillin C dari Baccharis propolis tampaknya merupakan agen anti tumor yang paling kuat. Para ilmuwan percaya bahwa kemampuan propolis untuk mencegah kanker berkembang di kedua model hewan dan budaya sel manusia kemungkinan hasil dari kemampuannya untuk menghambat sintesis DNA dalam sel tumor serta kemampuannya untuk menginduksi apoptosis (kematian sel terprogram) dari sel-sel tumor. .

Sebuah studi 2016 mengevaluasi efek ekstrak propolis dari wilayah utara Thailand pada pertumbuhan sel kanker. Semua ekstrak menunjukkan aktivitas antioksidan tinggi serta kandungan fenolik dan flavonoid tinggi. Secara keseluruhan, ekstrak propolis menunjukkan aktivitas antikanker dan memperpanjang kelangsungan hidup subyek hewan yang sudah memiliki tumor. Penelitian ini menyimpulkan, “Dari temuan ini, terbukti bahwa ekstrak propolis dapat dianggap sebagai agen yang diperoleh secara alami sangat berguna dalam pengobatan kanker.”

Penelitian ini tentunya sangat menjanjikan, dimana Kemoterapi yang biasa digunakan pada medis ternyata mempunyai efek membunuh sel-sel kanker dan sel-sel sehat, hal inilah yang menjadi alasan mengapa kemo memiliki efek samping yang begitu keras dan merusak.

  • Menyehatkan Kulit

Siapa sangka? Propolis juga ternyata mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kesehatan kulit dan kecantikan. Efek antiviral dan antimikroba yang propolis berikan memberikan manfaat yang fantastis. Hal ini sangat bermanfaat bagi Anda yang menderita jerawat serta orang-orang yang tinggal di lingkungan tercemar, yang mencakup sebagian besar orang yang hidup di dunia. Propolis membentuk penghalang, mirip dengan cara lebah menggunakannya, selain mengandung banyak nutrisi penting untuk menyehatkan kulit. Bahkan, Anda mungkin pernah melihatnya terdaftar sebagai komposisi dalam banyak produk perawatan kulit.

Faktanya, orang Mesir kuno dikenal banyak menggunakan propolis, termasuk Ratu Cleopatra yang legendaris. Ia menggunakannya untuk membantu mencapai kulitnya yang cantik. Dilaporkan, setelah menikmati efek dari madu dan mandi susu unta, dia ingin menemukan “hal besar berikutnya.” Saat itulah dia menemukan propolis, yang digunakan selama proses pembalseman. Selain menawarkan kemampuan pemulihan, antiseptik dan penyembuhan ini dapat membantu menyeimbangkan dan meredakan masalah kulit, termasuk mempercepat pertumbuhan sel dan mengurai pori-pori.

Dengan penemuan ini, maka tidak ada salahnya jika Anda menggunakan propolis sebagai krim oles pada bagian-bagian kulit yang bermasalah maupun sebagai krim kecantikan.

  • Penyembuhan Luka

Studi telah mengkonfirmasi efisiensi propolis terhadap epidermophytosis, alopecia tuberkulosis kulit, psoriasis, berbagai mikroba dan eczemas kronis, kondisi kulit daerah dingin, pioderma, peradangan kulit Trichophyton, dan luka bakar.

Propolis telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat alami untuk penyembuhan luka dan menghilangkan sejumlah penyakit mulai dari gatal dan jerawat hingga tuberkulosis, osteoporosis dan bahkan kanker. Temuan terbaru telah mengkonfirmasi kemampuannya yang kuat melawan banyak patogen berbahaya serta beberapa manfaat penyembuhan, berkat efek antiseptik dan antibiotik yang terbukti, bersama dengan sifat anti-inflamasi dan antivirus yang kuat.

  • Bersifat Anti-Inflamasi Yang Kuat

Dalam sebuah studi para ilmuwan mengevaluasi propolis sebagai agen anti-resorptif. Pada dasarnya, mereka ingin melihat apakah propolis dapat membantu mengendalikan peradangan ketika gigi seseorang roboh sehingga mereka bisa mengembalikan gigi.

Dan apa yang mereka temukan adalah ya, propolis memang membantu. Propolis dapat mempengaruhi aktivitas anti-inflamasi yang sangat kuat di banyak area tubuh. Peradangan bertanggung jawab untuk penyakit seperti radang sendi, penyakit jantung, Alzheimer, dan banyak lagi. Banyak penelitian terbaru menunjukkan bahwa salah satu manfaat kesehatan utama dari propolis adalah efek anti-inflamasi yang sangat kuat.

Kemungkinannya adalah orang yang mengonsumsi propolis secara teratur memiliki lebih sedikit peradangan di tubuh mereka dan pada akhirnya lebih sedikit terkena penyakit, yang mengarah ke kehidupan yang lebih sehat dan umur yang panjang! Anda tidak tertarik? Coba anda pikirkan kembali.

  • Kekuatan Antioksidan

Salah satu alasan manfaat kesehatan propolis begitu luas adalah karena sangat kaya antioksidan. Bahan aktif dalam propolis yang dikenal sebagai asam caffeic phenethyl ester, atau CAPE, memicu spektrum luas aktivitas biologis termasuk antioksidan, anti-inflamasi dan antivirus.

Menurut sebuah artikel di Journal of Food Science, sekarang penelitian telah menemukan betapa bermanfaatnya antioksidan khusus ini bagi para atlet, karena mereka melindungi atlet dari pemanasan berlebih.

Dalam sebuah penelitian lain juga menemukan bahwa Propolis buatan China, Brasil dan Australia yang memiliki konsentrasi antioksidan 270 gram makanan atau cairan per minggu dan hasilnya Propolis Brasil adalah salah satu propolis terkuat di dunia.

  • Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Salah satu efek antioksidan lainnya adalah peningkatan kemampuan kognitif. Radikal bebas sebagian bertanggung jawab atas jaringan otak pada usia lanjut. Dengan merangsang penggunaan dan penciptaan jalur saraf baru, propolis mampu menjaga gangguan kognitif dan meningkatkan kemampuan memori, retensi, dan interaksi seiring bertambahnya usia.

  • Menyehatkan Mulut dan Gigi

Karena sifat antijamur dan antibakteri pada propolis juga banyak digunakan dalam produk kebersihan mulut. Propolis telah ditemukan mampu untuk mengurangi plak, sariawan, herpes, dan berbagai penyakit mulut lainnya yang mempengaruhi bibir, gusi, dan tenggorokan. Obat kumur dan pasta gigi yang menggunakan propolis atau bentuk konsentrasinya telah sangat efektif dalam meningkatkan kesehatan mulut.

Itulah 13 Manfaat Menakjubkan Propolis Untuk Kesehatan yang penting untuk Anda ketahui. Memilih salah satu suplemen propolis dalam menu belanja bulanan Anda tentunya dapat memberikan kesehatan yang optimal. Ingat, harta dan tahta tidak ada gunanya jika Anda terserang penyakit. Sayangi tubuh Anda selagi Anda sehat, jangan tunggu penyakit menghampiri Anda.

Penting!

Propolis Brasil adalah salah satu propolis terkuat di dunia. Untuk itu, jika Anda tertarik dengan manfaat dan khasiat dari propolis, pastikan Anda memilih suplemen propolis dengan bahan utama propolis Brazil apalagi mengandungan 100% Propolis Brazil. Seperti halnya Walatra Propolis Brazil. Suplemen/obat herbal Walatra Propolis Brazil benar-benar menggunakan 100% propolis Brazil asli dan dilengkapi dengan Nano Teknologi sehingga mempunyai khasiat lebih baik dibanding merk propolis lainnya.

Ingin tau lebih lengkap mengenai Walatra Propolis Brazil? Silahkan klik gambar dibawah ini!

13 Manfaat Menakjubkan Propolis Untuk Kesehatan

13 Manfaat Menakjubkan Propolis Untuk Kesehatan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.