Mata Terasa Mengganjal dan Berair, Inilah Penyebabnya

Kesehatan, Rismanherbal.com: Adakalanya saat bangun tidur, mata terasa mengganjal seperti kelilipan. Meski sudah menggunakan tetes mata, tetap saja gejala ini tidak kunjung hilang dan membuat kita merasa tak nyaman. Lama-kelamaan kondisi ini membuat mata jadi berair dan seperti sedang menangis. 

Penyebab mata terasa mengganjal dan berair bisa karena berbagai hal. Mulai dari kemasukan debu, bulu mata yang tumbuh ke dalam, atau kondisi kekeringan/kelelahan. Penggunaan softlens juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang menyebabkan mata seperti kelilipan. 

Penyebab Mata Terasa Mengganjal dan Berair

Untuk mengatasi keluhan pada mata, tentu kita perlu mengetahui penyebabnya terlebih dulu. Setelah mengetahui penyebab maka akan lebih mudah menentukan jenis penanganan. 

Adanya Benda Asing

Debu, bulu mata yang rontok, dan hewan kecil seperti serangga bisa masuk ke dalam mata sehingga membuat mata terasa mengganjal. Penggunaan obat tetes mata dapat membantu meringankan gejala perih, namun ada kalanya Anda perlu membersihkan mata sendiri. Mengalirkan air bersih dapat mengeluarkan benda asing dari mata. 

Mata Kering/Lelah

Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan mata kering. Apabila kekurangan vitamin A, mata jadi terasa kering dan mengganjal. Salah satu cara mengatasi mata kering adalah dengan mengkonsumsi suplemen ekstrak blueberry. Hindari penggunaan gadget secara berlebihan karena bisa mengakibatkan mata berair dan cepat lelah.

Konjungtivitis

Mata terasa mengganjal dan berair bisa jadi merupakan tanda konjungtivitis atau peradangan pada selaput bola mata. Pada kondisi ini, mata tampak merah dan muncul rasa gatal. Gejala mata merah ini juga bisa terjadi karena infeksi virus atau bakteri dan bisa menimbulkan gangguan pada penglihatan. 

Bulu Mata Tumbuh ke Dalam 

Kondisi ini merupakan kelainan pertumbuhan bulu mata yang tumbuh ke dalam dan bergesekan dengan bola mata. Bulu mata yang tumbuh ke dalam merupakan keluhan yang umum terjadi dan bisa menyerang siapa saja. Biasanya kondisi ini memerlukan penanganan dari dokter spesialis mata. 

Keratitis

Untuk mata merah yang terasa sakit bisa terjadi karena peradangan kornea atau keratitis. Biasanya keratitis terjadi karena infeksi bakteri, cedera, atau sorotan cahaya yang silau. Peradangan pada kornea ini juga bisa membuat mata terasa mengganjal dan berair. 

Selain menggunakan obat tetes mata, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah pada mata. 

Jangan mengucek mata. 

Biasanya kita secara alami mengucek mata ketika bangun tidur atau mengantuk, namun kebiasaan ini hanya akan menyakiti mata dan membuat kondisi semakin parah. Perlakukan mata Anda secara lembut dengan kompres air hangat. Kompres hangat membantu memaksimalkan kerja kelenjar minyak di sekitar mata. 

Lindungi mata dari debu atau cahaya silau. 

Ketika mengendarai sepeda motor, gunakan helm dengan kaca tertutup agar mata Anda tidak terkena debu. Menggunakan kacamata hitam juga bisa menjaga mata dari cahaya yang terlalu terang. Apalagi saat ini semakin banyak model kacamata hitam yang trendi dan memperbaiki penampilan. 

Gunakan air mata buatan.

Jika kondisi air mata terlalu kering dan membuat mata terasa mengganjal, Anda bisa menggunakan air mata buatan. Obat tetes mata yang mengandung asam hialuronat sudah tersedia di apotek dan dibeli tanpa resep. Asam hialuronat berguna untuk mempertahankan kelembaban pada mata agar tidak mudah kering. 

Istirahatkan mata secara berkala.

Bagi Anda yang bekerja di depan monitor, istirahatkan mata sesekali dengan berjalan-jalan sebentar. Melakukan peregangan juga baik untuk menjaga otot dan persendian agar tidak kaku. Selain itu hindari menggunakan gadget 1 jam sebelum tidur agar tidak menyebabkan insomnia.

Untuk menjaga kesehatan mata, kami sarankan Anda mengkonsumsi suplemen Limatta Softgel yang diproduksi oleh CV Jogja Natural Herbal. Produk ini telah terdaftar BPOM dan diproses dengan teknologi nano yang memungkinkan semua nutrisi di dalamnya terserap dengan sempurna oleh mata. 

Mengandung ekstrak acai berry, blueberry dan grape seed yang tinggi vitamin A sehingga berperan penting dalam meningkatkan ketajaman penglihatan. Buah berry yang terkandung di dalamnya juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel-sel mata dari peradangan, sehingga Limatta Softgel dapat mengatasi gejala mata terasa mengganjal dan berair. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *