Mengenal Menstrual Cup, Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini!

Kesehatan, RismanHerbal.com: Untuk mengenal menstrual cup, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Menstruasi merupakan kodrat seorang wanita yang selalu datang setiap bulannya. Oleh karena itu menggunakan pembalut adalah suatu keharusan. Hingga saat ini ada berbagai macam pembalut yang beredar di pasaran.

Ada yang tebal, tipis, dan bahkan panjangnya sampai 40 cm. Ada pula yang bersayap. Semua merek berlomba-lomba mengklaim produknya terbaik. Namun faktanya banyak yang kurang puas dengan pembalut konvensional ini. Salah satu keluhannya yaitu bocor dan membuat noda pada pakaian.

Oleh karena itu, beberapa wanita ada yang beralih menggunakan menstrual cup. Menstrual cup mulai heboh 2 tahun terakhir ini. Meskipun demikian menstrual cup sudah ada sejak lama.

Mengenal Menstrual Cup, Pengganti Pembalut Konvensional

Orang yang menciptakan menstrual cup adalah Leona Chalmers, tepatnya pada tahun 1937. Terbuat dari karet atau silikon. Bentuknya lebih modern dan nyaman. Namun sayangnya, pada saat itu konsep reuseable-nya tidak mendapat respon dari minat pasar. Penjualan yang tidak sesuai, membuatnya bangkrut.

Beberapa orang mungkin masih belum mengenal menstrual cup. Produk ini berbentuk corong, pengganti pembalut konvensional yang berbentuk pad. Jika pembalut bersifat menyerap cairan haid, menstrual cup justru menampung. Menstrual cup jauh lebih hemat dibandingkan pembalut. Alasannya karena menstrual cup dapat dipakai berulang. Satu menstrual cup dapat bertahan hingga 10 tahun.

Menstrual cup memiliki daya tampung cukup besar dibanding pembalut pad. Satu pembalut pad memiliki daya tampung cairan maksimal 4 jam. Sedangkan menstrual cup jauh lebih lama, yaitu 10 jam. Meski bertahan cukup lama, menstrual cup tidak menimbulkan bau dan tidak membuat lecet area kewanitaan anda. Lalu apa saja hal yang perhatikan seorang wanita saat memilih menstrual cup?

Sebelum beralih menggunakan menstrual cup, sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal ini.

Sesuaikan dengan tinggi serviks

Karena penggunaannya di dalam vagina, ukuran menstrual cup harus pas. Anda dapat mengukurnya sendiri dengan jari. Pastikan jari anda bersih. Masukkan jari hingga menyentuh serviks. Gunakan ruas jari sebagai patokan. Jika ukurannya 1 ruas jari maka ukuran menstrual cup yang anda pakai kecil. Jika dengan 2 ruas jari maka pilih ukuran medium. Dan jika 1 jari anda baru bisa mencapai serviks, maka pilih ukuran yang besar. Jika masih bingung, anda dapat konsultasikan dengan dokter.

Sesuaikan dengan volume cairan haid

Memilih menstrual cup juga bisa menyesuaikan dengan aliran haid. Beberapa merk mengeluarkan menstrual cup ukuran kecil untuk volume darah yang sedikit. Dan sebaliknya, ukuran besar untuk aliran haid yang deras, atau heavy flow.

Perhatikan bentuk cup

Umumnya, bentuk menstrual cup menyerupai kuncup bunga tulip atau corong. Selain itu, terdapat batang yang gunanya untuk memastikan posisi cup dalam vagina. Selain bentuk yang beragam, menstrual cup memiliki tingkat ketebalan yang berbeda. Pilihlah cup yang tebal dan kaku jika aktifitas anda banyak dan aktif bergerak.

Pastikan aman dan tidak menimbulkan alergi

Dikarenakan penggunaannya dalam tubuh, anda harus pastikan produk tersebut aman. Rata-rata menstrual cup yang dijual saat ini mengklaim terbuat dari bahan medical grade silicon. Yang mana telah melalui serangkaian proses medis dan aman digunakan. Pastikan produk yang anda pilih telah terdaftar dalam FDA (Food and Drugs Administration). Hal ini agar anda terhindar dari barang palsu yang berpotensi menimbulkan alergi.

Pelajari cara memasang dan melepas menstrual cup

Setelah menemukan produk yang tepat, anda perlu mempelajari cara memasang dan melepas menstrual cup. Menstrual cup yang baru harus di sterilkan lebih dulu dalam air mendidih. Setelah itu cuci menggunakan sabun dan air bersih. Langkah selanjutnya, posisikan tubuh anda rileks. Anda bisa duduk atau jongkok. Menambahkan sedikit pelumas atau air dapat membantu cup masuk lebih mudah. Lakukan beberapa teknik lipatan cup. C fold, 7 fold dan punch down fold adalah beberapa teknik melipat cup. Sesuaikan yang nyaman bagi anda. Setelah masuk, pastikan cup ada di posisi yang benar. 

Perhatikan lama pemakaiannya. Lama waktu penggunaan menstrual cup 4 hingga 12 jam. Sebaiknya segera keluarkan dan buang cairan yang tertampung. Sebelum melepaskan cup, cuci tangan dengan bersih. Pastikan anda berada di posisi yang rileks. Jangan menarik batang cup karena akan melukai vagina. Jepit bagian bawah cup hingga terasa udara masuk. Lalu keluarkan cup perlahan dalam posisi tegak. Buang dan cuci dengan sabun antiseptik. Menstrual cup dapat dipakai kembali.

Demikian penjelasan mengenai menstrual cup. Selain bermanfaat bagi diri sendiri, menstrual cup bermanfaat bagi lingkungan. Penggunaan pembalut pad sekali pakai akan menghasilkan banyak limbah. Dengan beralih ke menstrual cup, anda berkontribusi untuk mengurangi sampah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *