Faktor Penyebab Diabetes Mellitus Yang Perlu Anda Tahu

Diabetes mellitus adalah gangguan metabolisme dalam tubuh yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula di dalam darah. Diabetes mellitus juga merupakan penyakit kronis yang menimbulkan efek serius pada tubuh. Namun, tahukah Anda faktor apa saja yang menjadi penyebab diabetes mellitus? Simak ulasannya berikut ini.

Faktor-faktor Penyebab Diabetes Mellitus

Diabetes mellitus terjadi saat kadar gula di dalam darah terlalu tinggi. Hal ini di karenakan jumlah hormon insulin di dalam tubuh tidak mencukupi untuk mengolah gula darah menjadi energi. Penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari faktor keturunan, pola makan yang tidak sehat hingga pengaruh lingkungan.

1. Faktor Genetik

Diabetes mellitus sering disebut sebagai penyakit keturunan, karena faktor genetik menjadi salah satu penyebab diabetes mellitus. Namun, jangan terlalu cemas, menjadi keturunan seorang penderita diabetes mellitus bukan berarti Anda pasti mengidap penyakit tersebut.

Faktor genetik membuat seseorang memiliki risiko lebih besar untuk terkena diabetes mellitus. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa seorang anak yang ibunya mengidap diabetes mellitus memiliki risiko lebih besar terkena penyakit ini. Jika kedua orangtuanya mengidap diabetes mellitus maka risikonya menjadi lebih besar lagi, bisa mencapai sekitar 50 persen.

2. Faktor Usia

Selain faktor genetik, faktor usia juga menjadi penyebab Anda berisiko terkena diabetes mellitus. Risiko anda terkena penyakit ini meningkat seiring bertambahnya usia. Sebenarnya tidak hanya diabetes mellitus, usia juga menjadi penyebab penyakit kronis lainnya seperti stroke dan jantung.

Semakin tua usia seseorang, menjadikan fungsi tubuh mengalami penurunan, termasuk kemampuan tubuh mengolah gula di dalam darah. Selain penurunan fungsi tubuh, bertambahnya usia juga menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Hal inilah, yang menjadikan penyakit diabetes mellitus banyak ditemukan pada orang lanjut usia.

3. Kondisi Autoimun

Usia memang menjadi salah satu faktor penyebab diabetes mellitus. Namun, anak-anak dan remaja juga bisa terkena penyakit ini, di karenakan hilangnya kemampuan tubuh dalam memproduksi hormon insulin. Penyebab diabetes pada usia muda biasanya adalah kondisi autoimun.

Kondisi dimana sistem imun tubuh justru menyerang dan merusak sel-sel di dalam pankreas yang menjadi tempat pembentukan insulin. Rusaknya sel-sel pankreas menjadikan organ ini tidak mampu mengeluarkan hormon insulin yang cukup. Dan dalam kondisi yang lebih parah lagi, pankreas bahkan berhenti total dalam memproduksi hormon tersebut.

Baca Juga : 7 Ragam Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh, Bukan Mata Aja Loh

Penyebab masalah autoimun ini belum diketahui secara pasti. Namun, para peneliti menduga infeksi virus tertentu dapat memicu sistem imun untuk bereaksi secara berlebihan. Reaksi berlebihan inilah, yang dapat merusak sel-sel sehat di dalam tubuh.

4. Resistensi Insulin

Istilah Resistensi insulin adalah kondisi dimana lemak, hati dan sel-sel di dalam tubuh tidak merespon insulin dengan benar, alias “kebal”. Resistensi insulin menyebabkan sel tubuh tidak bisa menerima gula darah untuk diolah menjadi energi. Kondisi tersebut membuat kadar gula di dalam darah meningkat.

Mungkin Anda mampu menghasilkan cukup hormon insulin untuk menyalurkan gula ke dalam sel-sel tubuh. Namun, tubuh anda tidak mengenali insulin dengan benar, sehingga terjadi penumpukan gula di dalam darah. Jika hal ini dibiarkan terus-menurus risiko anda terkena diabetes mellitus semakin tinggi. Itulah, kenapa resistensi insulin menjadi salah satu penyebab diabetes mellitus.

5. Kondisi Medis Tertentu

Ada beberapa penyakit yang erat kaitannya dengan diabetes mellitus, seperti obesitas, radang pankeas, sindrom cushing dan glucagonama. Namun, penyakit-penyakit lain juga bisa menjadi penyebab diabetes mellitus. Obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi penyakit yang Anda alami mungkin jadi penyebab meningkatnya kadar gula di dalam darah.

6. Faktor Resiko Gaya Hidup dan Pola Makan

Makanan manis merupakan jenis makanan yang paling banyak digemari. Namun, Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsinya. Makanan manis dapat membuat Anda terkena diabetes mellitus apabila dikonsumsi secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, pola makan tinggi gula juga bisa menyebabkan obesitas yang berdampak pada masalah kesehatan lainnya.

Meski makan makanan manis secara berlebihan menjadi penyebab diabetes mellitus, bukan berarti Anda menjadi anti terhadap gula 100 persen. Anda tetap harus mengonsumsi makanan manis, karena tubuh juga membutuhkan gula sebagai asupan energi. Hanya saja Anda harus mengatur dan membatasi asupan gula harian.

Selain makanan manis, mengonsumsi makanan yang tinggi garam juga dapat memicu diabetes. Karena kebanyakan makan garam dapat meningkatkan risiko hipertensi dan obesitas. Apabila Anda sudah mengidap hipertensi, maka risiko terkena diabetes mellitus juga semakin tinggi.

Kemajuan teknologi memudahkan manusia dalam melakukan berbagai hal, sehingga aktivitas fisik berkurang dan bisa berdampak bagi kesehatan tubuh. Saat tubuh kurang bergerak, perlahan tapi pasti Anda rentan mengalami resistensi insulin. Apabila gaya hidup ini dikombinasikan dengan pola makan yang tidak sehat, diabetes mellitus akan menyerang anda lebih cepat.

Meski memilik berbagai faktor penyebab diabetes mellitus di atas, bukan berarti Anda pasti terkena diabetes mellitus. Namun, dengan mengetahui penyebab penyakit ini, Anda bisa mencegah diabetes mellitus. Atur pola makan dan gaya hidup yang baik sehingga kesehatan kita selalu terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *