Ragam Manfaat Sambiloto Untuk Pengobatan TBC

Manfaat sambiloto untuk pengobatan TBC
16/01/2021 0 Comments

Sambiloto, bagi sebagian orang yang gemar minum jamu jamuan tanaman mungkin sudah sangat akrab di telinga. Sambiloto yang terkenal sebagai raja pahit ini merupakan salah satu bahan utama untuk membuat jamu paitan. Tanaman herba yang satu ini dikenal dengan berbagai sebutan. Selain dikenal sebagai raja pahit dalam bahasa Jawa dikenal juga dengan sebutan sandilata dengan manfaat sambiloto untuk pengobatan TBC.

Tanaman herba yang satu ini bentuknya kurus dan berdaun tunggal. Sambiloto banyak tumbuh di daerah-daerah tropis. Salah satunya di Negara tercinta yaitu Indonesia. Sambiloto sudah lama dikenal sebagai salah satu tanaman obat dalam dunia pengobatan tradisional. Karena tanaman herba ini sangat efektif untuk pengobatan penyakit TBC.

Mengenal Sambiloto Untuk Pengobatan TBC

Selama ini sebagian penduduk Indonesia  banyak yang terjangkit penyakit TBC. Meski bukan tergolong jenis penyakit utama yang dapat mematikan namun dapat menular sehingga pengobatannya harus dilakukan secara intensif. Mulai dari 6 hingga 9 bulana bahkan bila kondisinya parah pengobatan bisa sampai 1 tahun.  Selain itu dapat juga dibarengi dengan pengobatan tradisional dengan menggunakan manfaat sambiloto untuk pengobatan TBC.

Manfaat Sambiloto Untuk Pengobatan TBC

Sebenarnya manfaat tanaman herba sambiloto ini sudah lama sangat popular diberbagai kalangan sebagai tanaman obat anti hipertensi dan anti diabetes. Selain dapat mengobati kedua jenis gangguan penyakit tersebut sambiloto sebagai tanaman herba menjadi semakin popular. Karena sambiloto terbukti sangat efektif dapat mengobati penyakit TBC. Berikut beberapa manfaat sambiloto pengobatan TBC.

1. Sebagai Pembunuh bakteri

Manfaat sambiloto untuk pengobatan TBC salah satunya dapat mengurangi bakteri yang dapat menyebabkan batuk. Yang merupakan salah satu tanda adanya penyakit TBC yang bersarang dalam tubuh. Bagi penderika TBC yang mengkonsumsi sambiloto ternya efektifitas batuknya dapat berkurang. Hal ini karena respon kekebalan  dan juga kemampuan dalam tubuhnya untuk membunuh bakteri semakin meningkat.

2. Sebagai Imunostimulan

Manfaat sambiloto untuk pengobatan TBC selanjutnya adalah sebagai imunostimulan. Karena sambiloto mengandung beberapa zat sebagai obat dan nutrisi untuk merangsang sistem kekebatan tubuh agar dapat meningkat. Dengan demikian maka sambiloto sangat efektif digunakan untuk mengobati penyakit TBC. Karena fungsi dan kandungan sambiloto untuk pengobatab TBC sangat bagus.

Bagi penderita TBC yang rajin mengkonsumsi sambiloto terbukti sistem kekebalan tubuhnya meningkat secara drastis. Hal ini karena respon imunitas atau kekebalan tubuh penderita TBC terhadap bakteri semakin meningkat secara signifikan. Dengan demikian manfaat sambiloto untuk pengobatan TBC sebagai imunostimulan yang dapat merangsang kekebalan dalam tubuh.

3. Memberikan Efek Farmakologis Terhadap Penderita TBC

Manfaat sambiloto untuk pengobatan TBC lainnya yaitu dapat memberikan efek farmakologis terhadap tubuh yang sangat bermanfaat bagi penderita TBC.  Karena sambiloto berkhasiat juga sebagai anti deman dan peluruh dahat atau dalam bahasa medis yang dikenal dengan ekspektoran. Selain itu manfaat sambiloto yang lainnya dapat melindungi sel hati atau hepatoprotektor dari berbagai kerusakan akibat racun.

4. Dapat Mengurangi Efek Samping Pengobatan Medis

Selain beberapa manfaat tersebut di atas, manfaat sambiloto untuk pengobatan TBC selanjutnya dapat mengurangi efek samping dari pengobatan medis. Karena penderita TBC secara medis harus mengkonsumsi obat anti TBC dalam jangka waktu yang cukup lama secara intensif. Minimalnya selama 6 bulan berturut-turut. Obat-obatan yang dikonsumsi untuk pengobatan TBC ini sebagian besar merupakan antibiotik.

Sehingga bila dikonsumsi dalam jangka waktu lama pasti akan ada efek sampingnya terhadap tubuh penderita. Seperti timbulnya gangguan pada lambung, gangguan pada hati dan juga gangguan pada kulit. Bahkan ada beberapa obat anti TBC yang mengakibatkan efek samping terhadap kulit menjadi gatal-gatal. Untuk mengatasi berbagai efek pengobatan medis tersebut dapat menggunakan manfaat sambiloto yang mempunyai banyak efek farmakologis.

Baca Juga : 7 Ragam Obat Asam Urat Alami Di Sekitar Kita

Dengan demikian tanaman herba sambiloto ini mempunyai peranan yang sangat besar dalam pengobatan TBC terutama sebagai untuk melindungi fungsi hati. Hal ini karena adanya efek samping dari konsumsi obat karena pengobatan medis yang dilakukan penderita TBC. Sayangnya sambiloto ini tidak dianjurkan bagi penderita TBC dengan tekanan darah rendah atao hipotensi. Hal ini dapat mengakibatkan efek lain yang lebih buruk.

Agar tidak terjadi reaksi yang tidak diinginkan antara penggunaan obat-obatan medis anti TBC dengan manfaat sambiloto, sebaiknya ada jeda beberapa jam sebelum mengkonsumsi sambiloto. Hal lain perlu diperhatikan sebelum konsumsi sambiloto sebaiknya konsumsi seperlunya saja jangan berlebihan Karena sambiloto juga dapat menyebabkan gangguan pada lambung.

Alternatif Lain Pengganti Sambiloto Penderita TBC

Bagi penderita TBC yang kebetulan mempunyai tekanan darah tinggi ada alternatif tanaman herba lain sebagai penggnti sambiloto. Seperti daun meniran, daun pegagan dan juga temulawak. Ketiga jenis tanaman herba tersebut memiliki manfaat yang sama dengan tanaman herba sambiloto. Sehingga dapat dijadikan alternatif pengganti sambiloto untuk pengobatan TBC.

Dosis Dan Cara Konsumsi Sambiloto Untuk Pengobatan TBC

Dosis dan cara mengkonsumsi tanaman herba sambiloto dengan cara merebusnya. Cara memasaknya sangat mudah bisa menggunakan daun yang segar tau yang kering. Untuk daun sambiloto kering cukup gunakan 10 gram dan 20 gram untuk yang basah. Kemudian rebus dengan 6 gelas air biarkan mendidih hingga setengahnya.

Demikian beberapa informasi mengenai manfaat sambiloto untuk pengobatan TBC, semoga dapat bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.