Tips dan Cara Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami

cara mengatasi nyeri haid
01/01/2021 0 Comments

Banyak wanita yang bingung bagaimana mengatasi nyeri haid. Apalagi bagi yang terbiasa menderita disminorhe setiap bulan. Jika sudah tidak tahan, obat menjadi alternatif paling mudah. Padahal penggunaan obat pada tubuh tidak selalu berdampak baik dalam jangka panjang.

Secara alami, tubuh wanita mengeluarkan darah kotor melalui haid setiap bulan. Ini terjadi karena siklus penebalan dinding rahim ketika sel telur yang tidak dibuahi. Sehingga darah kotor yang menumpuk tersebut harus meluruh agar rahim kembali bersih. Namun proses ini tidak selalu berjalan lancar sehingga menyebabkan nyeri saat haid.

Cara Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami

Ada beberapa cara mengatasi nyeri haid secara alami. Cara mudah sekaligus murah untuk mengatasi nyeri selama datang bulan ini dapat dilakukan secara mandiri di rumah. Dengan mengandalkan apa yang ada dan ketersediaan alam, tubuh manusia bisa melakukan perbaikan dan mengupayakan kesembuhan untuk dirinya sendiri.

1. Olahraga Rutin

Jangan pernah sepelekan olahraga untuk mengatasi nyeri haid. Nyeri yang biasanya disebabkan oleh ketegangan otot rahim itu biasanya karena jarang olahraga. Sehingga otot rahim tegang saat dinding rahim meluruh. Jarang sekali ada aktivis olah raga wanita yang mengeluh nyeri haid hebat saat datang bulan. Karena otot rahim dan sekitarnya sudah cukup lentur.

Olah raga yang bisa dilakukan secara rutin baik sebelum atau selama haid adalah olahraga ringan. Bisa dengan rutin streching, jalan kaki, senam, atau work out ringan. Sedangkan ketika haid, bida melakukan olah raga yang melatih atau melenturkan otot perut, paha dan kaki. Ini akan sangat membantu untuk mengatasi nyeri saat haid.

Ada banyak panduan olah raga ringan untuk mengatasi nyeri saat datang bulan di YouTube. Atau dengan cara melakukan gerakan pemanasan, kemudian tiduran dan mengangkat kedua kaki lurus dengan kemiringan sekitar 30-45 derajat, kemudian turunkan lagi, begitu berulang-ulang sambil melakukan gerakan lainnya.

2. Makan Makanan Sehat

Makanan sangat berpengaruh terhadap kesehatan semua organ tubuh manusia. Kebanyakan konsumsi junk food dapat menyebabkan berbagai masalah. Baik metabolisme tubuh, sistem peredaran darah, penumpukan racun kimia dalam tubuh, termasuk menyebabkan nyeri saat haid.

Maka untuk mengatasi nyeri haid perlu mengurangi konsumsi makanan yang kurang sehat. Seperti junk food, makanan olahan atau beku, dan perbanyak makan sayur dan buah.knsumsi makanan dengan gizi seimbang akan sangat membantu untuk melancarkan metabolisme tubuh dan peredasarn darah. Sehingga kerja organ tubuh terasa jauh lebih ringan.

Saat nyeri haid, utamakan untuk sring makan dan minuman hangat. Sementara kurangi atau hindari makan atau minum yang terlalu dingin. Memang makanan atau minuman saat masuk tubuh segera menyesuaikan dengan suhu tubuh. Namun makan atau minum yang hangat akan sangat membantu meredakan ketegangan otot perut, terutama rahim.

3. Minum Sari Rimpang

Sari rimpang yang baik untuk mengatasi nyeri haid adalah kunyit atau jahe. Kedua rimpang ini mengandung zat yang membantu melancarkan keluarnya darah haid. Atau bisa juga dicampur dengan rempah lain untuk membantu mengatasi nyeri dan melakukan detoksifikasi rahim.

Beberapa rempah yang bisa dijadikan ramuan untuk mengatasi nyeri saat haid adalah kunyit, ketumbar, kayu manis dan kapulaga. Semua bahan rempah dan rimpang tersebut dapat dihancurkan atau digeprek kemudian rebus sebantar sebelum diminum. Dengan rutin melakukan detoksifikasi rahim, kemungkinan terjadinya ketegangan otot saat haid dapat menurun.

Baca Juga : Keren! 9 Trik Cara Mengurangi Bau Badan Pada Tubuh

Selain saat haid, sari rimpang juga dapat diminum bersama madu. Bisa juga dicampur dengan bahan makanan lain. Misalnya dalam bentuk jamu kunyit asam, bumbu masakan yang menggunakan kunyit dan berbagai rempah lain, konsumsi rimpang secara rutin jauh lebih baik daripada minum minuman kemasan yang mengandung prisa dan bahan pengawet.

4. Hindari Stres

Stres dapat menjadi penyebab munculnya berbagai macam penyakit. Tidak hanya nyeri haid, tapi juga berbagai masalah lain dapat muncul karena stres. Asam lambung misalnya, tekanan darah tinggi, sakit jantung, dan sebagainya. Dapat muncul karena stres mengacaukan sistem metabolisme tubuh dan mengganggu pola makan, istirahat, dan pola pikir.

Membiarkan diri terlalu banyak stres dan tidak bisa mengatasinya seolah merupakan izin untuk terjadinya banyak masalah dalam tubuh. Semakin sering stres, semakin banyak masalah yang akan muncul. Maka upayakan untuk dapat mengatur stres agar jangan sampai merusak kesehatan diri sendiri. Termasuk untuk mengatasi nyeri haid.

Bagaimana menghindari stres agar mental dan pikiran selalu sehat? Pertama, usahakan untuk merasa ikhlas dengan semua kejadian. Toh memang apa yang harus terjadi ya terjadi. Tidak bisa dihindari atau dicegah setelah terjadi. Menerima adalah cara paling mudah untuk berdamai dengan gejolak diri.

Kedua, selalu berusaha melakukan yang terbaik, diiringi dengan tawakkal, sikap berserah pada kehendakNya. Ini akan membuat tubuh merasa tidak sendirian menghadapi banyak masalah. Karena setiap ujian pasti sudah ditakar sesuai dengan kemampuan kita untuk menyelesaikannya.

Inilah beberapa cara untuk mengatasi nyeri haid. Cara mudah, aman dan murah untuk mengatasi nyeri haid ini tidak akan berhasil hanya dengan dibaca tanpa dipraktikkan. Maka untuk mendapat hasil maksimal harus dipraktikkan. Namun jika cara di atas tidak berhasil juga, silakan menghubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut dan mendapat obat yang tepat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.