Tips Menjaga Kesehatan Prostat, Pria Harus Tahu

Kesehatan, RismanHerbal.com: Tips menjaga kesehatan prostat adalah hal yang penting bagi pria. Organ reproduksi juga sangat berpengaruh bagi keharmonisan rumah tangga. Dari organ reproduksi lah calon buah hati terbentuk. Selain itu, kesehatan organ reproduksi yang terjaga memberi dampak baik di masa tua. Sebaliknya, jika tidak maka akan menimbulkan macam-macam penyakit. 

Pada pria, terdapat satu kelenjar pada organ reproduksi. Namanya kelenjar prostat. Kelenjar prostat adalah kelenjar yang membungkus saluran kemih (uretra). Umumnya, ukuran kelenjar prostat adalah sebesar biji kenari. Ukuran ini akan bertambah seiring bertambahnya usia pria. 

Kelenjar prostat berperan penting untuk menentukan kesuburan seorang pria. Karena prostat bekerja untuk menghasilkan cairan yang bertugas melindungi sel sperma. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam tips menjaga kesehatan prostat.

Tips Menjaga Kesehatan Prostat

Cairan yang berasal prostat dan sperma disebut dengan cairan semen. Cairan ini mengandung gula, enzim-enzim dan alkali yang membantu proses pembuahan. Kandungan ini memiliki tugasnya masing-masing. 

Gula bertugas memberi nutrisi pada sel sperma untuk membuahi sel telur ketika masuk ke tubuh wanita. Enzim PSA (prostate specific antigen) membantu mencairkan cairan semen agar sel sperma dapat berenang lebih cepat menuju sel telur. Serta alkali berfungsi menetralkan sekresi asam vagina sehingga sel sperma dapat bertahan lebih lama.

Cairan semen juga mengandung banyak antibodi sehingga bisa melindungi saluran urinasi dan sel sperma dari bakteri. 

Kelenjar prostat terbungkus oleh jaringan fibromuskuler. Yang mana jaringan ini terdiri dari berbagai campuran kolagen, jaringan ikat elastis dan terdapat banyak serat otot polos. Oleh karena itu, prostat sangat lunak dan elastis ketika disentuh. 

Kelenjar prostat memiliki 3 bagian zona. Yang paling luar adalah zona perifer, lalu zona sentral dan paling dalam zona transisi. Zona perifer ukurannya mencapai 70% dari keseluruhan jaringan kelenjar prostat. Zona sentral letaknya mengelilingi zona transisi dan ukurannya sekitar 25% dari keseluruhan jaringan tersebut. Dan yang terakhir adalah zona transisi. Bagian paling dalam dan terkecil karena ukurannya hanya 10% dari jumlah keseluruhan kelenjar prostat. Zona transisi akan selalu tumbuh seumur hidup. 

Tips menjaga kesehatan prostat ini sangat penting. Terutama agar terhindar dari berbagai penyakit. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat menyerang prostat.

Prostatitis 

Kondisi ini merupakan peradangan pada prostat. Hal ini terjadi karena infeksi bakteri atau cedera pada kelenjar prostat. Umumnya penyakit ini menyerang pria dengan rentang usia 30-50 tahun. Pria dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah juga termasuk. Gejala yang timbul seperti nyeri pada area genital, kesulitan buang air kecil, serta nyeri saat ejakulasi. 

Pembesaran Prostat Jinak

Pada kondisi ini, kelenjar prostat membesar dan mengakibatkan aliran urin tidak lancar. Meski demikian, penyebab utamanya belum bisa dipastikan. Perubahan hormon seksual pria kemungkinan dapat mempengaruhi. 

Kanker prostat

Pada stadium awal, gejala yang serius bisa saja tidak terasa. Tapi gejalanya biasa muncul pada stadium lanjut, seperti nyeri saat buang air kecil, aliran urin melemah, nyeri pada punggung dan pinggul dan puncaknya ada darah dalam urin dan air mani.

Penyakit-penyakit di atas bisa kita hindari dengan melakukan berbagai kebiasaan baik. Berikut ini adalah beberapa tips menjaga kesehatan prostat yang dapat dilakukan agar terhindar dari penyakit.

Makan makanan bergizi

Kesehatan tubuh seseorang sangat dipengaruhi oleh pola makan sehari-hari. Maka mulailah mengatur pola makan seimbang dan bergizi. Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak baik seperti alpukat, kacang-kacangan serta minyak zaitun sangat dianjurkan. Omega 3 pada ikan juga sangat baik untuk menjaga kualitas tubuh. Tak lupa sayuran hijau yang kaya akan antioksidan yang baik untuk melawan patogen penyebab penyakit.

Olahraga

Dengan berolahraga, seorang pria dapat terhindar dari bahaya obesitas. Penumpukan lemak perut menjadi pemicu penyakit BPH. Selain itu dengan olahraga dapat mencegah disfungsi ereksi.

Berjemur di bawah sinar matahari

Vitamin D dapat membantu menurunkan resiko penyakit kanker prostat. Lakukan rutin setiap pagi untuk mendapatkan asupan vitamin D yang cukup. 

Lakukan pemeriksaan medis

Seiring bertambahnya usia, resiko penyakit lebih tinggi sehingga penting untuk melakukan pemeriksaan medis. Terlebih jika anda memiliki riwayat keluarga dengan gangguan prostat. Anda perlu melakukan skrining. 

Itulah penjelasan mengenai tips menjaga kesehatan prostat. Mulailah sedari dini merawat diri anda agar terhindar dari ancaman penyakit berbahaya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *