Wajib Tahu! 5 Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat jengkol ada banyak loh. Meski banyak orang yang tidak menyukai aromanya yang aduhai dan bisa membuat orang mabuk jika tidak terbaisa, nyatanya jengkol punya fans die hard yang banyak. Tekstur buahnya yang keras dibungkus kulit ari berwarna coklat berkilap, dengan rasa khas, sangat digemari oleh masyarakat. Baunya yang khas dan menyekat ketika diolah sebagai makanan ini, menjadi salah satu bahan makanan yang paling dicari.

Jengkol juga disebut jering, jengkol banyak ditemukan di wilayah Asia tenggara, bahkan digemari sampai ke Malaysia, Thailand dan Myanmar. Jengkol yang kita kenal punya nama Archidendron pauci florum dan masuk pada spesies A. Pauci florum dan famili fabaceae. Di Indonesia jengkol menjadi salah primadona di bidang kuliner, karena jengkol dimanfaatkan sebagai olahan, seperti rendang hingga balado.

Kandungan Dari Jengkol

Tahukah kandungan yang terdapat dalam 100 gram jengkol yang diolah sebagai makanan atau dimakan mentah sebagai lalapan? Pasti belum banyak yang tahu kan kandungan yang terdapat dalam buah jengkol yang sering di makan, sebagai lauk atau lalapan. Yuk simak apa saja kandungan yang ada dalam 100 gram manfaat jengkol.

Beberapa kandungan tersebut di antaranya adalah zat besi 4,7 gram, lalu ada Kalsium 140 mg, diperkaya juga dengan Fosfor 166,7 mg, serta uniknya lagi ternyata ada kandungan vitamin C sebesar 80 mg. Luar biasa sekali bukan? Selain itu, jengkol juga mangandung karbohidrat dan protein yang cukup besar. Yaitu sebesar 23,3, gram.

Selain kandungan di atas, ternyata dalam buah jengkol juga terdapat beberapa vitamin dan kandungan lain. Misalnya saja adanya vitamin A, lalu ada juga vitamin B, diperkaya juga dengan senyawa alkaloid. Kemudian ada kandungan minyak atsiri dengan aromanya yang khas, steroid, glikosida, ada juga tanin dan saponin.

Kandungan serat dari jengkol ini juga sangat tinggi, sehingga setelah makan biasanya pencernaan lebih lancar. Nah, karena kandungan yang terdapat dalam buah jengkol tersebut, maka bisa dipastikan manfaat jengkol juga banyak, terutama untuk kesehatan.

Apa Saja Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan?

Menilik dari kandungan yang terdapat pada jengkol, maka sudah dapat dipastikan manfaat jengkol untuk kesehatan sangat banyak. Tentunya selain manfaat sebagai bahan olahan makanan, dalam setiap 100 gram jengkol yang diolah punya manfaat bagi kesehatan. Apa saja ya, manfaat buah tersebut untuk kesehatan tubuh, berikut ini beberapa manfaatnya :

1. Untuk Kesehatan Jantung

Jengkol yang memiliki kandungan anti oksidan, ternyata dapat menangkal berbagai macam radikal bebas, sehingga dapat melancarkan peredaran sel darah. Jika peredaran darah lancar, maka jantung pun sehat dan optimal kerjanya. Terlebih lagi adanya senyawa alkaloid yang bagus untuk imunitas tubuh. Tentu menjadi asupan yang bagus untuk organ-organ tubuh lain.

2. Untuk Menjaga Kadar Gula Dalam Darah

Hal ini tentu saja karena adanya kandungan senyawa aktif yang terdapat dari jengkol, sehingga baik untuk penderita diabetes, karena dapat mengontrol kadar gula. Meski memiliki nilai karbohidrat yang tinggi, tapi kompleksnya senyawa baik dalam jengkol, bisa digunakan sebagai sumber karbohidrat substitusi bagi penderita diabetes.

3. Program Penurunan Berat Badan

Nah  manfaat jengkol ternyata dapat menurunkan berat badan, bagi yang sedang program diet, bisa dicoba lho. Sebab kandungan tannin dan seratnya yang tinggi, membuat pencernaan lancar serta proses defaksi yang juga baik.

4. Meningkatkan Stamina Tubuh dan Mencegah Kurang Darah

Zat besi yang terkandung dalam buah jengkol, ternyata mampu untuk meningkatkan stamina dan menetralisirtekanan darah dari toksin yang ada. Selain itu kandungan karbohidratnya bisa menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh agar bisa tetap bertenaga.

5. Sangat Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Asam folat, kalsium dan vitamin B nya ternyata punya manfaat untuk ibu hamil, karena akan membantu dalam proses pembentukan dan diferensiasi organ-organ janin.

Itulah sedikit tentang manfaat dari buah jengkol yang bau, tetapi membuat lidah ingin terus bergoyang menikmati lezatnya rendang dan sebagainya. Selain manfaat untuk kesehatan jengkol juga sangat digemari dan dicari setiap wisata kuliner. After taste dari buah jengkol yang khas, menjadikan sensasi ‘ketagihan’ bagi banyak orang. Terlebih lagi, rasanya yang netral bisa diolah bermacam-macam hidangan, yang tentunya menggugah selera makan.

Baca Juga : 9 Manfaat Buah Mengkudu Sebagai Obat Herbal

Sebut saja olahan jengkol yang banyak ragam seperti rendang, semur, kare, bumbu bali, digoreng dan jadikan lalapan serta beraga olahan kuliner lainnya. Meski harganya terbilang cukup mahal, jengkol tetaplah diburu. Selain karena manfaat jengkol yang luar biasa, juga sensasi nagih dari rasanya yang unik itulah menjadi daya tarik tersendiri.

Demikian ulasan singkat mengenai manfaat jengkol, yang bisa diberikan untuk kesehatan tubuh kita.Harapannya ulasan ini dapat bermanfaat dan membantu dalam mencari alternatif obat untuk kesembuhan suatu penyakit. Selamat membaca dan merasakan khasiat dari buah jengkol tersebut, akhir kata terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *