Yuk Cari Tahu 9 Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan

Manfaat kapulaga bagi kesehatan
08/01/2021 0 Comments

Semua pasti sudah tahu kapulaga ya, bumbu masakan ini sudah banyak digunakan dalam masakan kuliner. Rasanya yang gurih bercampur dengan sedikit rasa manis, menjadikan bumbu ini membuat aroma khas pada masakan. Ternyata bukan hanya sebagai bumbu rempah saja, manfaat kapulaga bagi kesehatan juga sangat banyak. Penasaran khan, yuk simak saja penjelasannya ya.

Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan Yang Tak Terduga

Manfaat kapulaga bagi kesehatan memang sudah banyak terbukti. Bumbu ini mampu mengatasi gangguan kesehatan sekaligus sebagai upaya pencegahan terhadap beberapa penyakit. Hal tersebut dikarenakan kapulaga mengandung mineral sepertikalium, kalsium dan mangan.

1. Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan Sebagai Penurun Tekanan Darah

Manfaat kapulaga bagi kesehatan bisa untuk menurunkan tekanan darah, karena kapulaga mengandung zat diuretik, sama seperti obat penurun darah tinggi.  Kapulaga juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga sangat mampu menurunkan darah tinggi.

2. Membantu Menangani Masalah Berkaitan Dengan Pencernaan

Manfaat kapulaga bagi kesehatan juga dapat dijadikan obat untuk gangguan pencernaan. Kapulaga bisa dicampur dengan kunyit dan dijadikan ramuan herbal untuk mengatasi gangguan pencernaan. Misalnya saja mual, muntah, dipepsia, tukak lambung atau gangguan pencernaan lainnya.

3. Dapat Melawan Infeksi Bakteri

Sari pati dari kapulaga yang dicampur dengan minyak atsiri ternyata mampu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Misalnya saja bakteri E. coli, Campylobacter, bakteri Salmonela dan bakteri Staphylococcus. Biasanya bakteri tersebut mengganggu sistem pencernaan manusia.

4. Membantu Mengatasi Bau Mulut

Manfaat kapulaga bagi kesehatan juga dapat membantu mengatasi bau mulut tak sedap. Karena kapulaga dapat melawan bakteri yang yang terdapat pada mulut yang menimbulkan bau tak sedap. Jika Anda rajin mengkonsumsi kapulaga maka nafas akan menjadi segar dan terhindar dari masalah gigi berlubang.

5. Kapulaga Dapat Membantu Pengobatan Sel Kanker

Manfaat kapulaga bagi kesehatan juga dapat membantu melawan sel kanker. Hal ini karena kapulaga dapat membuat aktif sel imun dan enzim dalam melawan sel-sel kanker. Ada baiknya bagi penderita kanker untuk rutin mengonsumsi kapulaga agar proses pengobatan kanker menjadi lebih efektif.

6. Kapulaga Dapat Mencegah Timbulnya Penyakit Kronis

Seperti yang diketahui, bahwa kapulaga ini mengandung zat antioksidan, sehingga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Kapulaga juga mengandung senyawa anti radang atau anti inflamasi. Dengan demikian kandungan tersebut kapulaga mampu dijadikan pencegahan terhadap serangan penyakit kronis lainnya. Konsumsi kapulaga secara rutin, maka manfaat tersebut akan Anda rasakan.

7. Membantu Menurunkan Gula Darah

Salah satu penyebab penyebab penyakit guka adalah gaya hidup yang tidak sehat. Hal itu berkaitan dengan pola makan yang serba instan dan berlemak. Untuk mengimbanginya, Anda bisa mencampurkan kapulaga dalam setiap masakan Anda. Yang terpenting tetap harus mengurangi konsumsi gula dan juga makanan berlemak. Untuk memnatu gula darah agar tetap stabil Anda bisa mensiasatinya.

Baca Juga : Simak 8 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Kita

Misalnya ganti kebiasaan minum kopi atau teh dengan menambah kapulaga dan ganti dengan gula jagung atau gula rendah lemak lainnya. Ganti kebiasaan minum jus dengan menambahkan kapulaga dan madu sebagai pemanisnya.

8. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Dengan engkonsumsi kapulaga dan makanan sehat lainnya akan menjadikan tubuh lebih sehat. Karena kapulaga ini mengandung serat dan anti oksidan yang tinggi. Jika Anda sedang bermasalah dengan jantung Anda, ada baiknya mulai menambahkan kapulaga dalam menu makanan Anda.

Kapulaga bisa dicampurkan dalam oat ataupun sereal sebagai menu sehat harian Anda. Dengan pola hidup sehat tersebut, maka resiko penyakit jantung dapat diminimalisir.

Selain bermanfaat bagi jantung, kapulaga juga dapat membantu kinerja fungdi hati. Kapulaga ini memiliki sifat detoksifikasi, sehingga dapat membantu hati dalam proses menyaring racun-racun dan proses metabolisme. Dengan demikian fungsi hati menjadi lebih optimal dengan bantuan zat antioksidan yang terdapat pada kapulaga.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kapulaga mengandung serat dan protein yang tinggi, jadi cocok sekali dikonsumsi bagi Anda yang sedang melakukan proga diet. Anda bisa mencampukan kapulaga dengan salad atau menu lainnya, bisa juga menyeduh ekstra kapulaga dengan air lemon. Banyak variasi menu yang bisa dipadukan dengan kapulaga ini agar manfaatnya bisa diambil namun tetap dapat makan enak.

Yang terpenting jangan lupa untuk menambahkan kapulaga dalam setiap menu diet Anda ya. Dengan rutin mengkonsumsinya, maka Anda akan mendapatkan hasil yang diinginkan. Tentunya hal tersebut harus diimbangi dengan rajin olahraga dan perbanyak makan buah dan sayur. Jangan lupa juga untuk lebih sering minum air putih agar tubuh tetap stabil.

Ternyata banyak sekali manfaat kapulaga bagi kesehatan ya. Jadi ada baiknya sekarang jika berbelanja mulai masukkan kapulaga kedalam list belanjaan Anda. Jangan lupa juga untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter jika ingin memanfaatkan kapulaga sebagai pengobatan gangguan kesehatan. Semoga dengan mulai mengkonsumsi kapulaga akan membuat kesehatan lebih terjaga dan dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.